BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang
0
0

8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 31, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
atap dapur terangtop-right-banner

Desain dapur yang terang menjadi favorit banyak ibu-ibu. Dengan kondisi yang terang pada siang hari, maka suasana memasak akan terasa lebih segar dan hidup. Untuk membuatnya, diperlukan bahan dan model atap dapur terang yang tepat sesuai selera. 

Atap dapur terang bisa kamu temukan di rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang beli rumah bekas di Kota Bandung juga bisa mengubah atap dapur menjadi terang dengan rekomendasi bahan dan model berikut. 

Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan material transparan untuk atap dapur. Di antaranya kamu bisa menghemat listrik hingga dapur lebih segar dan tidak lembab.

Baca juga: 8 Inspirasi Dapur Minimalis Buat Kamu Yang Suka Masak

Bahan dan Model Atap Dapur Terang

atap dapur terang
Pixabay

Atap dapur yang terang tentu saja memerlukan bahan yang transparan. Kamu bisa memilih bahan dari kaca, polikarbonat, atau sejenisnya. 

Bahan-bahan transparan itu bisa dipasang untuk seluruh atap dapur atau sebagiannya saja sesuai dengan selera dan preferensi kamu. 

Dengan memasang bahan transparan di seluruh atap, maka dapur akan sangat terang namun juga bisa terasa panas ketika terik matahari. 

Solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan bahan transparan dengan ukuran tertentu dari bagian atap. Artinya kamu bisa memasang genting biasa dengan menyisakan satu petak untuk bahan transparan. 

Dengan demikian, atap dapur kamu akan tetap terang serta suasana juga tidak akan panas ketika matahari sedang terik. 

Nah berikut adalah beberapa bahan dan model atap dapur terang yang bisa kamu pilih dan aplikasikan pada dapur di rumah kamu!

1. Atap dan Dinding Dapur Kaca

atap dapur terang
Pinterest

Tak hanya terang, model dapur terang yang satu ini juga cukup estetik. Bahan yang digunakan adalah kaca, namun tidak hanya diaplikasikan pada atap tetapi juga pada bagian dinding. 

Model ini sangat cocok menjadi desain dapur rumah mewah. Kamu bisa menjadikan area di balik dinding kaca dapur itu sebagai taman atau tempat bermain anak. Sehingga kamu tetap bisa mengawasi si kecil saat sedang memasak. 

2. Atap Dapur Semi Terbuka

atap dapur terang
Pinterest

Berikutnya adalah model dapur semi terbuka. Tak hanya terang, dapur dengan model seperti ini akan terasa lebih sejuk karena udara akan bebas keluar masuk. Selain itu dapur juga bisa difungsikan sekaligus sebagai ruang makan dan bersantai. 

Untuk bagian atap, kamu hanya perlu memasang bahan kaca pada bagian atas meja makan dan kompor. Tujuannya agar meja perabotan penting itu tidak terkena sinar matahari langsung maupun basah karena air hujan. 

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

3. Atap Dapur Polycarbonate

atap dapur terang
Pinterest

Atap dapur terang juga bisa menggunakan bahan polycarbonate. Cahaya yang dihasilkan dari bahan ini akan lebih diredupkan sehingga tidak menyilaukan seperti bahan kaca bening. 

Namun demikian, bahan polycarbonate tidak seawet kaca, terlebih bahan ini akan menahan panas sinar matahari dan air hujan sepanjang hari. Kamu perlu menyiapkan anggaran untuk menggantinya setiap beberapa tahun. 

4. Atap Dapur Minimalis

atap dapur terang
Pinterest

Selanjutnya ada model atap dapur minimalis. Ini sama seperti pemasangan lubang angin di atas pintu model minimalis yaitu berupa beberapa persegi panjang. Bedanya untuk bagian dapur, lubang itu diletakkan di bagian atap. 

Model atap dapur terang ini cocok diterapkan jika atapnya menggunakan material beton. Kamu perlu menyiapkan beberapa lubang berbentuk persegi panjang yang nantinya akan ditutup dengan kaca tebal. Alhasil atap dapur kamu akan terang dengan kesan minimalis elegan. 

5. Atap Dapur Taman

atap dapur terang
Pinterest

Model yang satu ini bisa menggunakan bahan polycarbonate atau kaca untuk bagian atapnya. Pembedanya adalah adanya beberapa tanaman hias yang diletakkan di dapur. Dapur kamu akan terasa sejuk dan asri serta terang dan tidak lembab dengan desain ini. 

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

6. Atap Dapur Kayu

atap dapur terang
Pinterest

Bahan kayu juga bisa diterapkan sebagai bahan untuk membuat atap dapur terang. Tentunya kamu tetap perlu memasang bahan lain seperti kaca atau polycarbonate pada bagian atap. Kemudian pasang kayu reng di bagian bawah atap sehingga menampilkan kesan estetik pada dapur kamu. 

Pemilihan bahan kayu untuk atap ini juga bisa disempurnakan dengan bahan kayu pada beberapa bagian dapur seperti meja, lemari, atau penutup kabinet kompor dan wastafel cuci piring. 

7. Atap Dapur Buka Tutup

atap dapur terang
Pinterest

Desain yang satu ini sekilas hampir mirip seperti model minimalis. Bedanya, bagian atap transparan hanya satu petak di bagian tengah. Kemudian, atap kaca dibuat seperti pintu yang bisa dibuka dan ditutup. Selain membuat dapur menjadi terang, desain ini juga akan memastikan sirkulasi udara di dalam dapur tetap baik. 

8. Atap Dapur Solarflat

atap dapur terang
Pinterest

Bahan solarflat harus dipertimbangkan jika kamu ingin memasang atap transparan untuk dapur. Solarflat lebih jernih dibanding polycarbonate dan lebih kuat tahan lama jika dibandingkan dengan kaca. Selain itu, harganya juga murah dan biasa dijual per meter sehingga bisa menyesuaikan ukuran atap dapur kamu. 

Itulah beberapa bahan dan model atap dapur terang yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu tertarik yang mana? 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download