BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Ideal untuk Dapur
0
0

5 Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Ideal untuk Dapur

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran wastafeltop-right-banner

Wastafel atau wasbak adalah tempat membersihkan yang biasa digunakan untuk mencuci muka, cuci tangan, gosok gigi, atau mencuci alat makan seperti piring. Ada banyak ukuran wastafel yang biasanya disesuaikan dengan fungsi dan luas ruangan. 

Wastafel tentu menjadi salah satu unsur penting di rumah eksklusif kamu. Ukuran wastafel rumah kamu yang menempati perumahan di BSD tentu akan berbeda dengan kamu yang menempati rumah bekas di Kab Bogor Utara.

Umumnya, wastafel diletakkan menempel di dinding baik di luar atau dalam kamar mandi. Sementara wastafel cuci piring akan diletakkan di dapur basah. Di dalam wastafel dapur terdapat kran air, bak wastafel, hingga rak untuk untuk menaruh sabun.

Baca juga: 15 Desain Wastafel Kamar Mandi Minimalis Modern

Material Wastafel

ukuran wastafel
Source : Pixabay

Nama “wastafel” merupakan serapan dari bahasa Belanda yang berarti “meja cuci”. Sebagai meja cuci, keberadaan wastafel akan disesuaikan dengan fungsinya. Wastafel kamar mandi biasanya berada di dalam atau di luar kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan diri, sementara wastafel di dapur berfungsi mencuci peralatan dapur. 

Kini banyak sekali model dan warna wastafel sehingga menjadikannya unik. Dapur modern memang tidak lengkap jika tidak mempunyai model wastafel cuci piring yang beraneka ragam.

Wastafel dapur memang lebih serbaguna, selain untuk mencuci piring dan peralatan dapur yang kotor kotor, wastafel tersebut juga bisa digunakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan yang akan dimakan atau diolah.

Dari sisi bahan, wastafel bisa dibuat dari banyak material seperti keramik, beton, tembaga, enamel di atas baja, kaca, granit, marmer, nikel, hingga plastik. Material seperti baja anti karat biasanya dipilih untuk wastafel dapur, sementara wastafel kamar mandi cenderung menggunakan bahan marmer atau porselen. 

Baca juga: Desain Wastafel Cuci Tangan Minimalis Kamar Mandi Beragam Bentuk

Jenis Wastafel Cuci Piring

ukuran wastafel
Source : Pixabay

Ada banyak sekali jenis wastafel yang dikaitkan dengan fungsinya. Sementara untuk wastafel cuci piring, ada tiga jenis yaitu wastafel bak single, wastafel bak double, dan wastafel bak triple. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis wastafel tersebut. 

1. Wastafel Bak Single

Wastafel cuci piring yang satu ini termasuk jenis wastafel yang paling umum atau standar. Hanya ada satu bak di wastafel ini sehingga tidak bisa dibedakan untuk mencuci dan membilas. 

Keunggulan wastafel ini tentunya lebih ramping sehingga hemat tempat, namun kekurangannya tidak bisa dibedakan mana bak untuk mencuci dan mana bak untuk membilas, termasuk mencampur bak untuk mencuci piring dan mencuci sayur atau buah. 

2. Wastafel Bak Double

Terdapat dua bak dalam wastafel jenis ini. Tentu saja secara ukuran bisa lebih besar dibanding jenis yang pertama tadi. Dengan wastafel ini, kamu bisa membedakan mana bak untuk mencuci dan membilas, serta bisa juga dibedakan mana bak untuk mencuci alat dapur dan mana yang digunakan untuk mencuci sayur atau buah. 

3. Wastafel Bak Triple

Berikutnya adalah jenis wastafel dengan 3 bak di dalamnya. Dengan demikian, kamu bisa membedakan masing-masing fungsi bak tersebut, seperti untuk mencuci, membilas, dan mencuci sayur atau buah. Namun jenis ini memiliki ukuran yang besar sehingga kurang cocok di ruangan dapur minimalis. 

Baca juga: 10 Desain wastafel Dapur Minimalis untuk Cuci Piring

Ukuran Wastafel Cuci Piring

ukuran wastafel
Source : Pixabay

Setelah mengetahui masing-masing jenis wastafel, berikutnya kamu perlu mengetahui ukuran wastafel cuci piring yang umum di pasaran. Mengetahui ukuran ini akan membantu kamu menentukan wastafel yang sesuai dengan dapur di rumah kamu. 

1. Ukuran Wastafel 50 x 40 Cm

Ini adalah ukuran wastafel cuci piring yang paling kecil. Wastafel dengan ukuran ini cocok untuk dapur kamu yang kecil sehingga wastafel bisa muat dan tidak memakan banyak ruang. Jenis yang cocok tentu saja wastafel bak tunggal.

2. Ukuran Wastafel 75 x 40 Cm

Berikutnya adalah wastafel berukuran 75 x 40 cm yang cocok kamu gunakan untuk ukuran dapur sedang. Wastafel dengan ukuran ini bisa dibuat dengan bak single maupun double. Namun alangkah baiknya jika menggunakan yang bak tunggal agar area cucinya bisa lebih lega. 

3. Ukuran Wastafel 96 x 43 cm

Berikutnya adalah ukuran 96 x 43 cm. Dengan ukuran ini kamu akan mendapatkan satu area bak tunggal dan 1 sayap yang bisa digunakan untuk menempatkan piring yang sudah dicuci sebelum ditata di rak atau lemari piring. Jika kamu memilih tanpa sayap, bagiannya bisa kamu ganti dengan bak juga sehingga kamu mendapatkan wastafel bak ganda. 

4. Ukuran Wastafel 520 x 380 cm

Ukuran wastafel ini cenderung besar sehingga sangat cocok untuk dapur kamu yang luas. Bak atau lubang cucian bisa dibuat double atau triple. Atau kamu bisa membuatnya sebagai wastafel bak ganda dengan sayap. Kamu bisa sangat leluasa menggunakan wastafel ukuran ini. 

5. Ukuran Wastafel Kabinet

Selain empat ukuran tersebut, ada pula wastafel cuci piring kabinet. Ciri wastafel ini terdapat kabinet atau lemari kecil di bagian bawah yang berfungsi untuk menyimpan alat dapur atau sabun dan sebagainya. 

Kamu bisa menemukan banyak ukuran untuk jenis wastafel kabinet ini, mulai dari ukuran 45 cm, ukuran 50 x 40 x 80 cm, ukuran 70 x 46 x 82 cm, ukuran 100 x 46 x 49 cm, hingga ukuran 120 x 45 x 48 cm. 

Itulah 5 ukuran wastafel cuci piring yang bisa kamu pilih sesuai dengan luas dapur di rumah kamu. Tertarik yang mana, Pins? 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download