BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Inspirasi Atap Cafe Unik & Dekorasinya
0
0

9 Inspirasi Atap Cafe Unik & Dekorasinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bisnis cafe semakin menggeliat usai pandemi Covid-19. Konsep yang diusung semakin unik. Tak hanya dari segi makanan yang tersaji namun juga atap cafe unik dengan ragam dekorasi.

Bila Pins memiliki rencana untuk membangun cafe dan masih bingung dengan konsepnya bisa memakai referensi di bawah ini. Ada beragam atap cafe unik dari aneka bahan konstruksi : 

Atap Rangka Bambu

atap cafe unik dari rangka bambu
Pexels

Cafe dengan konsep etnik bisa terlihat jelas dari rangka bambu yang digunakan sebagai atap. Atap cafe unik ini diperkaya dengan dekorasi kain tradisional di bagian atapnya.

Sedangkan penyangga berupa tiang dari batu bata di beberapa spot. Bagian dinding cafe bisa dikolaborasikan antara bambu dan batu bata. Keunggulan atap batu adalah memiliki sirkulasi udara yang baik.

Walaupun di luar ruangan terasa terik, pengunjung akan merasa sejuk saat nongkrong disini. Selain itu warna bambu cenderung cantik alami sehingga tidak perlu melalui proses pengecatan.

Bambu mudah untuk dipasang serta dibentuk. Teksturnya lentur namun kokoh saat dianyam menjadi satu kesatuan.

Baca juga :

Cafe Dengan Atap Membrane

atap cafe unik menggunakan membrane
Pexels

Atap cafe unik selanjutnya adalah memakai membrane. Bahan atap membrane bisa terbuat dari karet sintetis hingga PVC. bentangan atap ada yang skala kecil hingga ratusan meter.

Membrane tidak melar dan bentuknya bisa disesuaikan. Dalam instalasinya tidak membutuhkan banyak rangka atap serta berfungsi ganda sebagai plafon. Umur membrane sendiri bisa mencapai 50 tahun serta tahan akan cuaca ekstrim.

Materialnya bisa memantul atau menyerap suara. Keunggulan lainnya adalah anti rayap, jamur bahkan anti rengas. Atap membrane cocok untuk cafe berkonsep garden.

Rooftop Cafe

atap cafe unik difungsikan sebagai rooftop
Pexels

Dak beton membuat bagian atas atap bisa difungsikan sebagai rooftop. Atap cafe unik ini cocok untuk area tepi pantai. Untuk menuju atapnya dilengkapi tangga di samping bangunan.

Dari rooftop pengunjung bisa berjemur usai surfing atau snorkeling. Gunakan railing logam di sekeliling atap sebagai pelindung. Tinggi railing bisa mencapai selutut yakni 50 cm hingga 1 meter.

Model Atap Memanjang

atap cafe unik memanjang di lahan sempit
Pexels

Atap vertikal cocok untuk cafe berlantai satu dengan lahan sempit. Kombinasikan pula dengan dinding kaca agar tampilannya lebih futuristik. Bagian lantai dibuat lebih tinggi dari area luar.

Gunakan meja dan kursi lipat untuk menghemat tempat. Furniture lipat memberikan keuntungan saat membersihkan lantai cafe. Minimalisir sekat sehingga ruangan terasa luas.

Cafe Bentuk Camera

atap cafe unik berbentuk kamera polaroid
Pexels

Tak sedikit bangunan cafe menyerupai barang-barang tertentu seperti kamera. Fasad yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Arsitekturnya bisa sebagai penanda cafe.

Visual fasad hingga interior cafe memang memberi pengaruh besar pada pelanggan. Selain menghabiskan waktu berbincang, cafe juga menjadi rujukan spot hunting foto. Tak heran bila desain ruangan dan atap cafe unik dapat menarik perhatian.

Sesuaikan pula dengan interior cafe tersebut dengan konsep eksteriornya. Mainkan warna serta ornamen yang menunjang konsep tersebut.

Baca juga :

Atap Tanaman Rambat

Pexels

Cafe dengan konsep outdoor juga semakin banyak peminatnya. Gunakan tanaman sebagai bahan atap cafe. Tanaman rambat seperti alamanda, sirih, mandevilla, ivy bahkan clemantis cocok sekali sebagai kanopi.

Tanaman ini memiliki daun yang lebar bahkan dilengkapi bunga warna-warni. Aroma bunga harum sehingga membuat nyaman pengunjung. Tambahkan lampu gantung sebagai penerangan di malam hari.

Jangan lupa menggunakan furniture berbahan tahan air dan karat. Walaupun tanaman merambat bisa melindungi dari sinar matahari namun rentan kebocoran saat diguyur hujan.

Glass Cafe

Pexels

Kini bahan atap dan dinding cafe tak selalu dari beton. Ada pula yang memakai kaca sebagai konstruksi bangunan. Umumnya dipakai kaca transparan sehingga tembus pandang.

Cafe jenis ini lebih banyak diminati saat menjelang malam. Kaca memang terkenal akan visualnya yang cantik namun mudah menyerap panas. Saat cuaca terik bagian di dalam bangunan kaca akan terasa lebih panas dibandingkan area luar.

Cafe Atap Pelana

Pexels

Atap pelana merupakan model atap yang sering digunakan di negara tropis. Selain berfungsi sebagai pelindung rumah dapat pula dijadikan pilihan model atap cafe. Atap pelana terkenal memiliki bagian langit-langit yang tinggi.

Keuntungannya adalah Pins bisa memanfaatkan plafon tinggi sebagai ruang penyimpanan tambahan atau tambahan lantai. Bangun tangga kayu yang menghubungkan antara lantai satu dan dua.

Lantai dua cenderung lebih kecil dibandingkan lantai dasarnya. Ruangan lantai dua dilengkapi jendela agar pengunjung bisa melihat keadaan luar. Material atap terdiri atas kayu.

Sesuaikan lantai hingga dinding dengan material yang sama. Gunakan furniture berwarna hitam sebagai warna penyeimbang pada kursi. Dekorasi ruangan cafe dengan ornamen metal agar unik dan menarik.

Baca juga :

Cafe Tenda

Pexels

Terakhir ada cafe tenda yang bangunannya temporary. Ukurannya bisa disesuaikan dengan aneka warna menarik. Bahan tenda berupa nilon yang kuat dan tahan akan abrasi.

Adapula tenda yang dibuat dari poliester maupun fiber. Bagian dasar lantai cafe menggunakan dasaran tanah atau paving. Walau anti air namun dalam pembangunannya perlu bidang yang rata.

Atap cafe unik di atas bisa menjadi rujukan dalam membangun konstruksi bangunan. Konsep yang unik dan menarik juga menjadi salah satu marketing handal saat membuka usaha.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download