BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Arsitektur Lanskap dengan Lebih Detail Disini
0
0

Kenali Arsitektur Lanskap dengan Lebih Detail Disini

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Arsitektur lanskap mempelajari seni dan perencanaan taman. Ilmu ini sangat berguna terutama dalam pengembangan real estate, restorasi lingkungan, perencanaan tata kota, taman rekreasi dan masih banyak lagi. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu arsitektur lanskap. Tapi tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini!

Sebelum itu ada baiknya unduh dulu aplikasi Pinhome untuk memperoleh informasi rekomendasi rumah bekas di Bogor di sekitar Taman Safari Bogor maupun rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Pinhome memberikan data properti dengan mengimplementasi arsitektur ini lengkap dengan fitur Pengajuan KPR. Hunianmu tak kalah megahnya dengan Festive Walk.

Mengenal Arsitektur Lanskap

arsitektur lanskap
Source : Pinterest

Dilansir dari American Society of Landscape Architecture, arsitektur lanskap adalah ilmu yang mempelajari perencanaan, perancangan, manajemen dan perbaikan tanah. Ilmu ini adalah perkembangan dari ilmu arsitektur taman, sehingga ilmu ini tidak jauh dari perancangan taman. Arsitektur ini sangat berguna terutama dalam pengembangan lokasi hunian, tata kota, taman rekreasi, perkantoran dan masih banyak lagi. 

Tidak heran profesi ini sangat membutuhkan ketelitian dan perencanaan yang sangat matang. Karena ilmu ini berkaitan dengan tata bangunan yang mana menyangkut orang banyak. Tidak hanya itu, jika terjadi kesalahan dalam penataan ini bisa berakibat fatal seperti terjadinya banjir akibat tidak adanya kawasan resapan air atau penataan saluran air yang kurang tepat.

Sama dengan ilmu arsitektur, ilmu ini juga mempelajari perencanaan, perancangan konstruksi hanya saja dalam lingkup outdoor dan skala yang jauh lebih besar. Arsitek lanskap dituntut untuk bisa mengelola lahan-lahan terbuka dengan luas yang besar menjadi area fungsional. Namun tentu saja, harus dengan memperhatikan aspek estetika dan ekologi. Elemen dari arsitektur ini adalah tanaman, sehingga bentuk karyanya pun berupa taman kota, cagar alam dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Tanggung Jawab Arsitek

(

Pekerjaan arsitek memang membutuhkan ketelitian dan pengetahuan yang berkaitan dengan regulasi lingkungan serta kode etik tata bangunan. Baik dalam arsitektur atau arsitektur lanskap sering mendiskusikan proyek pengerjaan dengan klien agar mampu mewujudkan bangunan yang diinginkan. Tugas mereka juga mempersiapkan proposal serta anggaran yang tepat untuk pembangunan yang diminta.

Arsitek di bidang arsitektur akan fokus pada proyek perumahan atau perkantoran. Sementara arsitektur lanskap pada perencanaan area luas sekitar struktur perumahan atau kantor. Arsitek lanskap menitikberatkan desain lingkungan untuk memperindah bangunan utama secara keseluruhan.

Baca juga: Tips Memilih Arsitek Berkualitas Untuk bangun Rumah

Prospek Kerja Arsitektur Lanskap

Source : Pinterest

Untuk prospek kerja dari arsitektur ini adalah konsultan, kontraktor, pengembang, perusahaan properti bahkan bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang berkaitan dengan lingkungan maupun tata kota. Arsitek lanskap memang memiliki peran besar dalam merancang tata kota yang baik dan indah. Oleh karena itu prospek kerjanya pun berkaitan dengan tata kota.

Profesi yang menanti lulusan arsitektur ini adalah perencanaan kota dan wilayah, arsitek lanskap, konsultan arsitek, arsitek dan ahli teknik lingkungan. Jika Pins tertarik dengan profesi-profesi tersebut, kamu bisa memulainya dengan menempuh pendidikan perguruan tinggi dengan jurusan arsitektur atau teknik perencanaan wilayah dan kota (Planologi).

Beberapa universitas yang memiliki jurusan tersebut adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan masih banyak lagi.

Namun, jika Pins tertarik dengan profesi ini perlu diketahui bahwa profesi ini memerlukan beberapa karakter yang lho! Beberapa karakter yang dibutuhkan oleh arsitek lanskap adalah ketelitian, ketekunan, terstruktur, bisa bekerja dengan tim, independen dan rasional.

Baca juga: Kiat Berhemat Dalam Pelaksanaan Pembangunan

Bentuk Arsitektur Lanskap

arsitektur lanskap
Source : Pinterest

Arsitektur yang satu ini memiliki dampak dan manfaat yang sangat besar terhadap masyarakat luas. Oleh karena itu meski arsitektur ini berfungsi untuk menciptakan tata kota yang baik. Namun, tidak boleh mengesampingkan permasalahan lingkungan yang ada dan mungkin saja terjadi.

Arsitektur ini sebenarnya sering kita jumpai lho! Beberapa bentuk arsitektur ini berupa perumahan, pusat perbelanjaan, taman, ruang terbuka hijau, hutan, saluran air bahkan kuburan sekalipun. Jenis arsitektur ini merancang seluruh ruang terbuka hijau hingga perencanaan suatu kawasan menjadi sebuah atau beberapa bangunan.

Baca juga: Tips Jitu Buat Rumah Sendiri Dengan Hemat dan Murah

Desain Arsitektur Lanskap Terkenal di Indonesia

Arsitektur ini memang telah banyak diterapkan. Bahkan di Indonesia sendiri terdapat beberapa desain arsitektur lenskap yang sangat terkenal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Taman Bunga Nusantara

Source : Antaranews

Lokasi Taman Bunga Nusantara adalah taman rekreasi yang terletak di Cianjur, Jawa Barat. Taman bunga ini adalah taman bunga pertama terbesar pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dari seluruh dunia. 

Bahkan disebut-sebut terdapat ratusan varietas tanaman berbunga yang diambil dari dalam negeri hingga mancanegara di Taman Bunga Nusantara ini. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa taman bunga yang satu ini memang cukup besar dan bisa menjadi tempat rekreasi yang tepat untuk kamu dan keluarga.

2. Alun-Alun Kota Batu

Source : Nusae

Terakhir, ada Alun-alun yang terletak di kota Batu, Malang ini memang memiliki desain yang sangat indah. Tidak cuma bunga yang cantik, pada alun-alun ini terdapat bianglala yang bisa dinaiki oleh pengunjungnya. Bahkan banyak sekali karakter hewan yang tentunya sangat menarik perhatian anak-anak saat berkunjung ke alun-alun kota Batu ini. 

Pada malam hari, alun-alun ini sangat indah karena dihiasi dengan berbagai lampu yang menerangi alun-alun. Berbagai makanan yang dijajakan pedagang kaki lima menambah keramaian yang terjadi di malam hari di alun-alun kota Batu, Malang, Jawa Timur ini.

Taman adalah salah stau contoh arsitektur lanskap yang sangat penting baik pada properti hunian, perkantoran bahkan pada tata kota sekalipun. Hal ini karena taman merupakan salah satu kawasan hijau yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat. Semoga ulasan di atas mampu memberikan gambaran terkait apa itu arsitektur lanskap lebih jelas.

Baca juga:

Feature Image Source: Wikipedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download