BlogPemilik PropertiFinansialTIps Jitu Buat Rumah Sendiri Dengan Hemat dan Murah
0
0

TIps Jitu Buat Rumah Sendiri Dengan Hemat dan Murah

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Buat Rumah Sendiritop-right-banner

Bila Pins berniat untuk buat rumah sendiri, ada baiknya Pins melakukan antisipasi sedini mungkin. Misalnya dengan menabung dalam bentuk emas yang tahan inflasi, melebihkan dana tabungan hingga 10%, atau menyimpan uang Pins di toko material bangunan langganan hingga saatnya nanti Pins butuhkan.

Pinhome – Keterbatasan dana memang kerap kali menjadi penghalang dalam membangun rumah idaman. Sementara kebutuhan rumah bagi keluarga adalah kebutuhan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi, bagaimana mengatasinya?

Baca Juga:

4 Tips Buat Rumah Sendiri Dengan Biaya Murah

Ingin membangun rumah tetapi budget pas-pasan? Tidak usah khawatir, ini tips buat rumah sendiri dengan biaya yang murah untuk Pins!

1. Perencanaan yang Matang

Buat Rumah Sendiri
Source : Pixabay

Langkah pertama dan penting untuk buat rumah sendiri agar murah yatu melakukan perencanaan untuk membangun rumah Pins. Dari awal Pins harus menentukan ruang-ruang mana yang menjadi kebutuhan utama keluarga Pins.

Untuk efisiensi Pins dapat menyatukan ruang-ruang yang memiliki fungsi sama dalam satu ruangan atau dalam jarak berdekatan. Selain itu melakukan perencanaan merupakan tahap terpenting dalam proses bangun rumah.

Karena, perencanaan mempengaruhi ketepatan yang dihasilkan bangunan, fungsionalisasi bangunan, kuat, hemat, dan indah.

Ada 2 perencanaan yang harus dilakukan dalam setiap proses pembangunan rumah.

  • Pertama, adalah perencanaan di bidang arsitektur, meliputi penentuan letak atau posisi bangunan, penentuan dimensi dan tata letak ruangan, serta merancang tampak bangunan.
  • Sekiranya Pins sudah mendapatkan model rumah yang Pins inginkan, langkah selanjutnya Pins melakukan perencanaan di bidang struktur bangunan yang mencakup jenis konstruksi dan penentuan jenis dari struktur bangunan.

Baca Juga:

2. Menentukan Letak dan Posisi Bangunan

Source : Pixabay

Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung panas dan lembab. Karena itu tips buat rumah sendiri berikutnya adalah memposisikan rumah yang ideal dengan menghadap ke timur ke arah cahaya matahari pagi.

Namun bukan berarti posisi lainnya buruk, tapi bisa saja Pins menyiasatinya dengan membuat banyak bukaan di sisi timur atau bukaan diletakkan di mana arah angin tegak lurus dengan posisi rumah.

Posisi demikian akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah lancar, dan Pins dapat melakukan penghematan terhadap pemakaian AC.

3. Jika Lahan Luas

Buat Rumah Sendiri
Source : Pixabay

Jika Pins memiliki lahan luas untuk membangun rumah, hal ini akan sangat menguntungkan bagi Pins. Pins akan lebih mudah ketika ingin buat rumah sendiri dengan hemat. Karena Pins relatif lebih mudah untuk menentukan letak posisi bangunan ketimbang rumah yang ada pada halaman terbatas.

Kalau ingin lebih efisien Pins dapat meletakkan rumah di salah satu sisi lahan, melalui cara ini dinding rumah Pins dapat berfungsi juga sebagai pagar. Selain itu sisa lahan di belakang dapat Pins kembangkan menjadi taman untuk memperlancar sirkulasi udara dalam rumah.

Baca Juga:

4. Jika Lahan Sempit

Source : Pixabay

Jika yang Pins miliki adalah lahan sempit, tempatkan rumah dengan dinding-dinding yang menempel pada batas lahan, dengan demikian volume dinding pagar dapat Pins kurangi. Masalah paling besar pada lahan sempit adalah sirkulasi udara.

Sebisa mungkin Pins mengusahakan agar tersisa sedikit lahan di belakang rumah, sehingga sirkulasi udara dapat keluar masuk rumah.

Itulah 4 tips untuk Pins ketika ingin buat rumah sendiri agar menghasilkan rumah yang nyaman namun tetap hemat.

Baca Juga:

Featured Image Source: Bhg.com.au


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download