BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Contoh Hutan Mini di Rumah yang Sejuk
0
0

15 Ide Contoh Hutan Mini di Rumah yang Sejuk

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Sep 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah dengan ukuran sekecil apapun dapat terasa sejuk dan asri dengan kehadiran tanaman hijau. Dari taman kecil sampai menempatkan beberapa tanaman hias di sudut ruangan, tanaman memberikan banyak nilai yang positif lebih dari yang Kamu bayangkan. Tidak peduli seberapa kecil ukuran laha yang Kamu punya, sebuah taman kecil sudah lebih dari cukup untuk memberikan kesan sejuk di rumah. Kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa ide contoh hutan mini di rumah yang sejuk.

Dibandingkan hanya menempatkan beberapa tanaman saja, Kamu dapat membuat suasana hutan sebagai bagian dari dekorasi rumah juga, lho. Konsep hutan buatan saat ini semakin banyak diminati terutama bagi mereka yang di tinggal di kawasan perkotaan. Kurangnya area hijau dan padatnya pemukiman membuat banyak orang ini mengubah rumah mereka menjadi ramah lingkungan.

Kosep hutan mini tidak hanya menambah rumah menjadi terasa lebih alami, akan tetapi sangat baik juga sebagai sarana relaksasi di tengah padatnya aktivitas. Kamu dapat bersantai sembari menikmati alam hutam, dan dekorasi alami menjadi cara yang pling mudah untuk mencintai alam sekitar.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Fasad Roster yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Ide Contoh Hutan Mini di Rumah yang Sejuk

1. Hutan Mini Tropis Modern

Source : Behance

Warna hijau dari beraneka ragam jenis tanaman yang dimasukkan ke dalam hutan akan menyatu indah dengan warna putih dari furnitur, atap semi outdoor, dinding, atau bagian lain dari hutan mini. Pada contoh di atas terlihat bahwa ukuran taman ini tidak begitu besar akan tetapi karena penataan dan pemilihan furniturnya tepat, konsep hutan mini modern bergaya tropis tercipta dengan sangat sempurna.

2. Hutan Mini Tropis di Depan Rumah

Hutan mini juga dapat disatukan dengan area teras seperti contoh di atas. Jadi pada saat sedang berada di ruang tamu, pandangan mata dapat luas dan segar karena berhadapan langsung dengan area yang hijau.

Penataan tanaman yang tepat dapat membuat hutan mini satu ini menjadi apik secara keseluruhan. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk mengisi hutan mini ini yaitu palem, pisang kipas, kamboja, kuping gajah, dan lainnya.

3. Konsep Urban Jungle di Rumah

Masih menggunakan konsep yang sama seperti sebelumnya, akan tetapi kali ini untuk rumah yang tidak mempunyai teras. Kamu dapat menambahkan atap kanopi tranparan seperti contoh di atas. Kemudia hiasi area kosong di depan rumah dengan tanaman-tanaman tropis yang indah seperti kaktus, lidah mertua, dan pisang.

4. Hutan Mini Tropis di Belakang Rumah

Source : Backsplash

Konsep open space pada rumah-rumah modern memang sedang tren saat ini, contohnya dengan menggabungkan area dapur, kolam renang, dan ruang makan pada satu garis lurus yang sama. Kemudian untuk bagian dinding menggunakan kaca transparan agar ruangan menjadi terasa lebih terang dan lega.

5. Hutan Mini Minimalis di Tengah Ruang

Tampilan yang sangat menarik seperti contoh di atas. Kolam renang tanpa atap dibuat berada di antara ruang , kemudian area kolam dibuatlah hutan mini tropis sederhan tanpa banyak tanaman. Warna putih yang mendominasi ketiga area ini membuat ilusi lapang dan terang sekaligus menyatukan ketiganya secara keseluruhan menjadi matching.

6. Hutan Mini Vertikal

Jika Kamu mau mempunyai tampilan hutan mini yang lebih unik lagi, Kamu dapat mencoba desain yang satu ini. Sedikit mirip dengan konsep sebelum-sebelumnya, hutan yang satu ini juga berada di antara ruang-ruang tertutup dengan akses langsung menggunakan pintu kaca geser.

7. Taman Hutan Tropis

Jika Kamu mempunyai lahan di rumah yang cukup luas, maka Kamu dapat membuatnya menjadi hutan tropis yang cantik semi terbuka seperti contoh di atas. Berbagai jenis tanaman tropis dapat diletakkan bahkan juga pohon tropis untuk memberikan keteduhan alami di area taman.

8. Hutan Mini dengan Kolam Ikan

Source : Arch Daily

Desain berikutnya yaitu hutan mini dengan sentuhan kolam ikan. Desain yang satu ini pastinya akan membuat rumah Kamu terasa sangat alami. Dengan suara gemericik air dari kolam ikan dan sentuhan material kayu di desain rumah. Perpaduan ini sangatlah apik.

9. Hutan Mini Bertingkat

Desain yang satu ini sangatlah menarik, karena hutan mini dibuat bertingkat. Tingkat yang dimaksud disini yaitu terdapat tangga di bagian luar rumah. Dan Kamu dapat menanam beraneka ragam tanaman hias sampai tanaman rambat di bagian tersebut.

10. Hutan Mini Rumah Kaca

Kamu juga dapat membuat hutan mini di dalam rumah kaca kecil di bagian luar rumah. Konsep ini sangat sering digunakan di luar negeri. Karena konsep ini akan membuat rumah terasa lebih tenang dan sejuk. Akan tetapi tidak terlalu sesak karena terdapat banyak tanaman di dalam rumah.

11. Hutan Mini Ala Bali

Source : 1 Million Ideas

Desain berikutnya mengusung konsep ala bali. Dengan penempatan beberapa pohon kelapa yang besar dan sentuhan material kayu pada wastafelnya dapat membuat rumah terasa sangat nyaman dan tenang.

12. Hutan Mini Ala Cafe

Source : Real Simple

Desain berikutnya dibuat seakan-akan rumah Kamu seperti di cafe kekinian. Penggunaan kursi-kursi besi berwarna putih dan hutan mini yang menghiasi halaman Kamu. Akan membuat tempat bersantai bersama keluarga atau rekan-rekan akan sangat nyaman.

13. Hutan Mini dengan Sungai Kecil

Desain berikutnya yaitu hutan mini dengan sungai kecil. Kamu dapat menggunakan beberapa bantal kecil untuk dijadikan tempat duduk dan meja kecil untuk meletakkan makanan ataupun minuman. Desain yang satu ini akan membuat rumah Kamu menjadi sangat sejuk dan nyaman.

14. Hutan Mini dengan Rumah Panggung

Rumah panggung sangatlah cocok jika dipadukan dengan hutan mini di rumah. Penggunaan material kayu yang biasa digunakan oleh rumah panggung dengan hutan mini yang serba hijau sangatlah cocok dan dapat memberikan kesan yang alami.

15. Hutan Mini di Lorong Rumah

Terdapat banyak potensi untuk membuat interior seperti berada di lingkungan hutan. Bahkan, semakin sempit ruangan yang Kamu punya akan semakin mudah dalam menempatkan berbagai tanaman yang biasanya Kamu lihat di alam liar.

Seperti contoh yang satu ini, penempatan tanaman di lorong rumah membuat kesan hutan mini lebih kental dan indah.

Itu dia beberapa ide contoh hutan mini di rumah yang sejuk. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download