Apa itu Stainless Steel Wire Mesh dan Harganya di Tahun 2021 - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Apa itu Stainless Steel Wire Mesh dan Harganya di Tahun 2021

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 December 2021 ∙ 4 menit membaca

Material bangunan memang tidak ada habisnya untuk dibahas karena banyak jenis dan fungsinya yang beragam. Pins pun perlu mengetahui hal-hal mendasar sebelum Pins mulai membangun sebuah bangunan.

Ada yang berfungsi sebagai alas lantai, ada yang berfungsi sebagai penghias dekorasi dan ada pula yang menjadi penguat dari struktur bangunan itu sendiri.

Salah satunya adalah stainless steel wire mesh atau biasa disebut dengan besi atau kawat anyaman. Jangan salah, kawat anyaman ini memiliki peran penting juga lho dalam pembangunan rumah.

Nah, Pins mari kita simak yuk ulasan lengkap dibawah ini mengenai apa itu wire mesh dan kegunaannya.

Baca juga: Penting! Inilah Bagian Struktur Rumah yang Harus Kuat!

Stainless Steel Wire Mesh

(readymix)

Apa itu Wiremesh?

Stainless wire mesh memiliki kegunaan sebagai material penguat struktur bangunan. Tidak hanya itu, wire mesh pun dapat pula dipakai sebagai bahan untuk membuat pagar.

Jika Pins ingin menggunakan wiremesh pada bangunan, Pins harus memperhatikan pula kegunaan material ini beserta ukuranya. Karena tidak sedikit Pins yang menggunakannya sebagai bahan penguat dalam pengecoran jalanan.

Untuk Pins yang sedang membangun rumah, ukuran stainless steel wire mesh yang biasa dipakai adalah M4, M5, M6 sedangkan untuk Pins yang membutuhkan material ini untuk pembangunan gedung bertingkat, ada baiknya menggunakan ukuran M8, M9, M10.

Baca juga: Mengenal Besi Beton dan Harga Terbarunya di Tahun 2021

Kelebihan Stainless Wire Mesh

Stainless Steel Wire Mesh
(Pixabay)

Setelah mengetahui apa itu wire mesh, tentu Pins sendiri ingin mengetahui bukan? Kelebihannya dalam membangun suatu bangunan dibandingkan dengan besi beton? Dibawah ini tersaji beberapa kelebihan penggunaan wire mesh:

  • Meningkatkan kualitas dan mutu jarak tulang pada beton.
  • Pembesian di lapangan pengawasannya akan semakin lebih mudah.
  • Lebih ekonomis karena lebih ringan dibandingkan pemakaian besi beton.
  • Dalam hal pengiriman barangnya pun mudah karena terdiri dari lembaran, tidak seperti besi beton.
  • Baik digunakan untuk plat lantai bangunan dan pagar kawat yang cantik.

Baca juga: Kelebihan Kanopi Baja Ringan Dibanding Besi Hollow Finish Galvalum

Jenis dan Ukuran Wiremesh

Stainless Steel Wire Mesh
(grand-elephant)

Wire mesh memiliki dua jenis dengan masing-masing ukuran :

  1. Jenis Lembaran.

Ukurannya : 2,1 Meter x 5,4 Meter.

  1. Jenis Roll atau Gulungan.

Ukurannya : Lebar 21 Meter x Panjang 54 Meter.

Untuk penyebutan ukuran dalam stainless steel wire mesh tergantung dari diameter dari wire mesh itu sendiri. Diameter terkecil di angka 4 dan yang paling besar di angka 12, penyebutannya seperti M4, M6 dan seterusnya.

Baca juga: Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama

Harga Stainless Steel Wire Mesh

Stainless Steel Wire Mesh
(Pinterest)

Wire Mesh SNI

Untuk stainless wire mesh tipe SNI, proses pembuatannya telah melalui ketentuan SNI yang telah ditetapkan. Dengan nomor SNI 07-0663-1995 tentang jaring kawat baja las untuk tulang beton yang dapat dilihat di situs resmi Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Sistem pembuatan tipe wire mesh ini pun tidak perlu diragukan lagi. Menggunakan besi beton dengan kualitas terbaik, membuat bangunan Pins kuat dan kokoh.

Tidak heran memang harga yang dibandrol untuk stainless steel wire mesh tipe SNI lebih mahal dibandingkan tipe lainnya. Untuk harga nya sendiri, Pins dapat melihatnya dalam tabel di bawah ini.

wire mesh

Wire Mesh Non SNI

Selanjutnya untuk tipe Non SNI, harga yang dibandrol memang lebih murah dibandingkan dengan tipe SNI. Hal tersebut dikarenakan pencampuran bahan pembuatannya tidak melalui proses yang rumit dan terbilang lebih mudah.

Untuk itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Bagi Pins yang mempunyai budget yang cukup, ada baiknya mengambil yang SNI ya Pins agar lebih aman dan juga tahan lama. Harga dari produk wiremesh non SNI ini terlampir dalam tabel.

Wire Mesh Galvanis

Untuk wire mesh tipe terakhir adalah Galvanis. Wire mesh ini biasa digunakan untuk pembuatan pagar maupun sekat. Cocok sekali ini Pins, untuk membuat pagar kawat di rumah kalian lebih kuat, cantik dan tahan lama. Untuk harga wire mesh tipe Galvanis tersaji dalam tabel di bawah ini.

Jadi sekarang Pins sudah mengetahui ya apa itu stainless steel wire mesh beserta kegunaan, kelebihan dan harganya. Semoga artikel di atas bermanfaat ya untuk Pins yang sedang membangun rumah maupun bangunan bertingkat.

Baca juga:

Koordinator: Ramanda Salsa
Editor: Achlisia Putri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel