Kamus Istilah Properti

Wires

istilah properti

Wires

Wires adalah adalah kawat-kawat berdiameter kecil dan tipis untuk membentuk kabel.

Apa Itu Wires?

(Engineering Review)

Wires adalah adalah kawat-kawat berdiameter kecil dan tipis untuk membentuk kabel. Wires digunakan untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya. 

Namun sebenarnya, tidak hanya sektor kelistrikan yang menggunakan kabel dan wires, tetapi sektor Telekomunikasi juga mengandalkan berbagai jenis wires untuk transmisi data tanpa gangguan.

Wires adalah jenis jenis konduktor, yang merupakan bahan yang mengalirkan listrik. Dalam hal rumah tangga, konduktor itu sendiri biasanya tembaga atau aluminium (atau aluminium berselubung tembaga) dan merupakan konduktor logam padat atau kawat terdampar.

Sebagian besar wires dan perkabelan akan dibungkus dengan lapisan plastik berbahan isolator. Satu pengecualian penting adalah kabel ground, yang biasanya tembaga padat dan diisolasi dengan selubung hijau atau tidak berinsulasi (telanjang).

Jenis Wires dan Kelistrikan di Rumah

Ada berbagai jenis kabel listrik yang dijual, berdasarkan tegangannya, dapat dikelompokkan menjadi kabel listrik tegangan rendah, tegangan menengah, dan tegangan tinggi.

Namun, berbagai jenis wires dan kabel yang bisa Pins temukan di rumah, berikut ini beberapa diantaranya dan fungsinya.

1. NYA

(All Biz)

Wires jenis NYA biasa ditemukan dalam instalasi rumah dan sistem tenaga karena harganya yang relatif murah. Dalam instalasi rumah digunakan kabel NYA dengan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. 

NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar/kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. 

Kekurangannya, lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah rusak, tidak tahan air dan mudah digigit tikus. 

2. NYM

(JYTop Cable)

Ciri wires ini memiliki lapisan isolasi PVC yang biasanya berwarna putih atau abu-abu. Ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA.

Jenis kabel listrik ini dapat dipergunakan di lingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.Tetapi dari segi harganya lebih mahal dari NYA.

3. NYY

(Armour Cable)

Ciri utama NYY adalah memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Secara kualitas lebih kuat dari NYM.

Jenis kabel listrik ini dirancang untuk instalasi tetap di dalam tanah. Tetapi wires ini harus diberikan perlindungan khusus misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi. Instalasi bisa ditempatkan di dalam dan di luar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering. 

4. NYAF

(Shan Power Cable)

Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Wires jenis ini digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi dan sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan-belokan tajam.

Jenis kabel listrik ini digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.

5. NYFGbY 

(Cable Company)

Jenis wires selanjutnya dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah. Penggunaannya dengan cara ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan (kecuali harus menyeberang jalan). 

Pada kondisi normal kedalaman pemasangan di bawah tanah adalah 0,8 meter.

6. NYCY

(Sutra Kabel)

Jika Pins mencari jenis kabel yang bisa bisa ditempatkan di luar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering, maka NYCY adalah pilihan yang tepat.

Jenis kabel listrik ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. 

7. BC

(Ferner Israel)

Bare Core alias BC adalah kabel yang tidak memiliki lapisan isolator, sehingga lebih sering digunakan pada instalasi penangkal petir dan dalam instalasi grounding. 

Namun, penggunaan kabel BC disarankan menggunakan bahan pelindung seperti pipa PVC. Jenis kabel listrik ini dipilin dan disatukan dengan ukurannya 6 – 500 mm2.

8. NYMHY/NYYHY

(Bukalapak)

Ciri kabel ini berbahan tembaga serabut dan berisolasi PVC. NYMHY berwarna putih dan NYYHY berwarna hitam. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas 85 derajat celcius dengan sifatnya fleksibel dan tidak mudah patah. 

Wires ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering.

Tips Menjaga Kelistrikan Agar Tidak Terjadi Konsleting

(The Spruce.com)

Setelah mengetahui apa itu wires dan jenis-jenisnya, maka penting juga untuk mengetahui panduan menginstalasi listrik di rumah. Energi listrik rentan menyebabkan kecelakaan akibat sentuhan atau kelalaian saat memperbaiki peralatan listrik sehingga memahami cara kerja listrik dan komponen pendukungnya.

Sebagai informasi, berikut ini beberapa tips mengenai keamanan dan keselamatan bekerja dengan listrik yang perlu Pins ketahui.

Pahami Denah Instalasi Listrik di Rumah

Langkah awalnya, Pins harus memahami betul penempatan box MCB (Miniature Circuit Breaker), lampu, sakelar, dan stop kontak pada rumahmu. MCB sendiri adalah salah satu peralatan listrik untuk memutuskan aliran listrik pada grup saluran listrik saat terjadi pemakaian berlebih atau korsleting.

Pastikan Pins tahu letaknya dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kesalahan yang dapat mengurangi kenyamanan atau membahayakan penghuni.

Pastikan Hanya Memakai Wires atau Kabel Standar SNI 

Membeli peralatan berstandar SNI merupakan hal wajib demi keamanan rumahmu. Kabel dengan standar SNI biasanya tidak mudah terkikis dan terkelupas.  

Jangan lupa, bungkus kabel listrik dengan pipa conduit lentur sehingga lebih mudah saat penggantian dan menjamin arus listrik tetap stabil meskipun kabel tergencet atau digigit tikus.

Bagikan Jalur Kabel Sesuai Kebutuhan

Dalam hal pembagian jalur kabel, pastikan melakukannya sesuai keperluan saat instalasi listrik rumah, misalnya untuk pompa air, AC, lampu, stop kontak dan MCB cadangan. 

Untuk elektronik rumah tangga berdaya besar seperti water heater, pompa air dan AC sebaiknya menggunakan jalur tersendiri supaya aman dan tidak mengganggu penggunaan listrik lain. 

Cek Kualitas Secara Berkala

Tips terakhir yang sangat penting untuk menjaga kelistrikan tetap aman dan tidak terjadinya korsleting adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan aliran arus secara berkala.

Jika ditemukan kabel yang mulai mengelupas, bengkok atau selubung yang sudah mulai mengeras, disarankan kamu mengganti kabel tersebut dengan yang baru.

Jika bingung, Pins juga bisa menggunakan kontraktor listrik bersertifikat untuk melakukan supervisi dan menjamin instalasi listrik rumah dilakukan dengan tepat. Semoga informasi mengenai wires ini bermanfaat, ya! 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko