Pinhome

Cara Merawat Stek Besi Untuk Persiapan Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 30 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara Merawat Stek Besi – Membangun rumah tumbuh secara vertikal berarti berencana untuk mengembangkan rumah dimasa depan menjadi dua lantai.

Jika kamu berencana akan memakai dak beton sebagai plat lantai 2, maka saat membangun lantai satu bisa menggunakan atap beton bertulang. Bisa juga dialih fungsikan dikemudian hari sebagai plat lantai apabila rumah sudah dikembangkan.

Stek besi perlu disiapkan agar konstruksi kolom, balok, plat, maupun tangga pengembangan nantinya bisa tersambung kuat dengan lantai 1.

Permasalahanya yaitu jika lanjutan pembangunan dilakukan dalam waktu lama maka ada kemungkinan stek mengalami karat. Sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut antisipasi yang bisa dilakukan!

Baca juga: 

Cara Merawat Stek Besi 

cara merawat stek besi

Untuk kamu yang masih bingung tentang cara merawat stek besi untuk persiapan rumah tumbuh, dapat melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Menyiapkan stek besi dengan panjang minimal 40 x diameter besi.
  2. Membungkus bagian bawah stek dengan adukan beton.
  3. Mengecat stek besi dengan cat meni.
  4. Membungkus seluruh stek dengan pasangan batu bata, penutup plastik, karung zak, atau material lainya.
  5. Mengamankan stek besi dari faktor kesengajaan untuk dihilangkan, misalnya stek diambil alih seseorang untuk dijual sebagai besi kiloan.
  6. Memberikan pelindung pada stek agar tidak membahayakan, mengingat besi karatan itu bahaya jika terkena luka tubuh maka perlu dilakukan tindakan pencegahan, misalnya dengan memasang pagar disekiling stek, atau memberikan rambu-rambu peringatan didekatnya.

Baca juga: 

Bagaimana Jika Steak Besi Terlanjur Rusak?

cara merawat stek besi

Lalu bagaimana jika stek besi terlanjur rusak, keropos, karatan, putus, atau lupa disiapkan? Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan pembobokan pada struktur beton lama untuk memasang stek baru.

Namun, langkah ini tentu memerlukan tambahan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Selain itu, kualitas strukturnya juga tidak maksimal karena sambungan antara beton lama dan baru tidak sempurna.

Jadi lebih baik mempersiapkan stek besi dari awal dilanjutkan dengan merawatnya dengan baik. Agar bisa berhemat dikemudian hari sekaligus menghasilkan konstruksi rumah yang bagus.

Nah, itulah beberapa cara merawat stek besi untuk rumah tumbuh, dengan melakukan tips tersebut diharapkan kamu bisa memiliki struktur rumah yang kuat dan awet ya, Pins. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bisa bermanfaat!

Baca juga: 

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel