Inilah Pondasi Rumah Tinggal Bertingkat 2 Lantai - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Kokoh dan Kuat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 29 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pondasi rumah 2 lantai yang kuat adalah syarat untuk mewujudkan berdirinya sebuah bangunan yang kokoh. Seperti berbagai model arsitektur rumah terbaik diatasnya.

Terdapat banyak jenis pondasi yang dapat dipilih untuk digunakan dalam struktur rumah dengan berbagai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Pemilihan jenis dan ukuran pondasi menyesuaikan dengan beberapa hal agar bangunan dapat berdiri dengan kuat.

Baca juga: Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah

Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai

Untuk mendapatkan pondasi yang kuat dan kokoh, berikut pertimbangan yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

Pondasi Batu Kali dan Foot Plat

Menggunakan pondasi yang sesuai dengan beban bangunan yang dipikul. Misalnya untuk pondasi rumah tinggal bertingkat 2 lantai digunakan perpaduan antara pondasi batu kali dan foot plat pada area kolom struktur.

Sedangkan pada rumah sederhana 1 lantai cukup menggunakan pasangan batu kali saja, karena beban yang harus ditahan pondasi tidak terlalu berat.

Baca juga: Cara Membuat Sudut Siku Pondasi Rumah

Pondasi Rumah 2 Lantai Jenis Cakar Ayam

Pondasi Rumah 2 Lantai

Pemilihan jenis pondasi juga harus menyesuaikan kondisi tanah, agar posisi pondasi stabil serta tidak mengalami penurunan bangunan yang membahayakan.

Misalnya pada tanah lembek akan lebih baik jika menggunakan pondasi cakar ayam yang mempunyai prinsip seperti akar serabut pohon kelapa.

Meski tumbuh dipinggir pantai dengan tanah lembek masih mampu berdiri kokoh menjulang tinggi, sedangkan untuk tanah keras bisa digunakan pasangan batu kali.

Baca juga: Detail Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Pondasi Tiang Pancang

pondasi rumah 2 lantai

Pertimbangan lainya dalam memilih jenis pondasi adalah tipe bangunan yang berdiri diatasnya apakah merupakan rumah tinggal sederhana atau bangunan bertingkat tinggi.

Untuk gedung berlantai banyak dapat menggunakan pondasi tiang pancang atau pondasi bor pile dengan kedalaman pemancangan sampai ke titik lapisan tanah keras.

Baca juga: Cara Menghitung Material Pondasi Rumah

Pondasi Rumah Foot Plat Beton

Pondasi Rumah 2 Lantai

Dengan penambahan foot plat beton bertulang pada titik-titik berdirinya struktur kolom rumah. Ukuran pondasi menyesuaikan perhitungan perencanaan pondasi terkuat sehingga bangunan bertingkat tersebut benar-benar tangguh.

Tanpa mengalami keretakan dinding atau bahkan kerobohan bangunan akibat struktur pondasi yang tidak kuat.

Demikianlah beberapa jenis pondasi rumah 2 lantai dan masing-masing kelebihannya. Semoga artikel kali ini dapat membantumu menemukan jenis pondasi kuat yang tepat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel