Kamus Istilah Properti

Ramp

istilah properti

Ramp

Ramp adalah jalur yang melandai atau bidang miring yang dipergunakan untuk mempermudah suatu kegiatan.

Apa itu Ramp?

Ramp Adalah

Ramp berasal dari Bahasa Inggris yang diterjemahkan sebagai lereng, tanah landai, jalur atau jalan yang melandai. Dalam pembahasan kali ini, akan banyak ditekankan pada bidang miring yang mempermudah jalannya suatu kegiatan. Ramp sendiri yang diartikan sebagai bidang miring merupakan suatu permukaan datar yang memiliki sudut terhadap permukaan horizontal.

Bidang miring/ ramp ini mengatasi hambatan yang cukup besar dengan penerapan gaya yang relatif kecil yang dibuat dengan jarak yang lebih jauh. Seperti contohnya adalah pengangkatan benda yang cukup berat yang sebelumnya memerlukan tenaga empat orang lebih menjadi hanya satu orang karena menggunakan ramp pada pengamplikasiannya. 

Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam istilah ramp ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam membuat jalan atau apapun yang terkait bidang miring dalam penggunaannya sebagai alat untuk mempermudah jalannya suatu kegiatan. Hal-hal tersebut sebagai berikut:

  • Semakin landai anda membuat bidang miring (ramp), maka makin kecil gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya sampai ke tempat tujuan. Walaupun begitu dalam prosesnya memerlukan jalan yang lebih panjang.
  • Sebaliknya, semakin curam bidang miring (ramp) yang dibuat, maka akan semakin besar gaya yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan. Akan tetapi dalam prosesnya jalan yang dilalui lebih pendek.
  • Usahakan untuk membuat perbandingan yang sesuai agar pengguna kursi roda dapat naik dan turun dengan rasa aman tanpa bantuan orang lain.
  • Selalu mengacu terhadap kebutuhan dari ramp agar mempermudah pengguna. Contohnya bila ramp digunakan hanya untuk jalur pejalan kaki, maka dapat dibuat dengan lebar yang sesuai. Namun, bila digunakan untuk dua kebutuhan, pengangkatan barang dan difabel makan dapat dibuat lebih luas dari perkiraan sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Ramp

Kelebihan

  • Mempermudah jalan yang dilalui oleh bidang yang berbentuk lingkaran layaknya roda pada troli barang, kursi roda maupun kendaraan.
  • Ramp juga salah satu bagian dari konstruksi pintar yang memudahkan pengguna difabel

Kekurangan

  • Memakan tempat yang cukup banyak dalam sebuah bangunan, jadi akan perlu banyak pertimbangan dan perencanaan yang baik bila suatu bangunan tersebut memiliki ruang yang sempit

Contoh Penggunaan Ramp dalam Kehidupan Sehari-hari

Bila anda sudah mulai memahami apa itu Ramp dengan teknik-tekniknya, kini saatnya untuk mengajak anda melihat pengapikasianya pada kehidupan sehari-hari pada contoh terlampir.

  • Wheelchair Ramp atau kita sebut dengan jalan kursi roda, menjadi salah satu contoh utama dalam penggunaan bidang miring yang sering kita jumpai. Jalanan kursi roda ini dibuat sengaja miring, untuk membuat beban yang didorong lebih mudah dan juga menghemat tempat dalam ruangan. Jalan ini sangat mempermudah difabel maupun lansia dalam penggunaan kursi roda.
  • Tangga gedung yang terkadang dibuat berkelok dan menyempit. Ini bertujuan untuk mengecilkan gaya yang dikeluarkan pada manusia saat menggunakannya.
  • Jalanan menuju puncak gunung pun sengaja dibuat berkelok dan melandai, untuk mempermudah jalannya suatu kegiatan menuju ke puncak gunung. Anda dapat melihatnya pada jalanan menuju daerah Puncak, Bogor.
  • Ramp papan mengangkat barang sering digunakan oleh para sopir pengangkut barang untuk mempermudah jalannya kegiatan pengangkutan barang. Bisa dalam bentuk terpisah dari truk angkut, maupun menjadi satu bagian pada truk.
  • Pintu rampa, biasa disebut dengan ramp side door untuk memudahkan saat pemindahan muatan berat seperti barang maupun mobil dari daratan menuju kapal (bongkar muat barang). Biasanya pintu akan terbuka dan terhubung ke daratan selayaknya sebuah jembatan. Salah satu jenis konstruksi ini bisa berjenis lipat maupun tidak dengan bantuan tenaga hidrolik maupun wire rope.
  • Pijakan kenaikan mobil dalam bengkel, sering digunakan bengkel untuk mempermudah dalam memperbaiki bagian bawah mesin mobil.
  • Parking Ramp, untuk memudahkan menuju tempat parkir yang berada di atas maupun bawah. Pins dapat melihatnya saat sedang membawa kendaraan menuju parkiran sebuah gedung bertingat.

Jenis-Jenis Bahan Ramp

Ramp Aluminium

Ramp dengan bahan alumunium umum digunakan untuk bongkar muat/ loading barang pada truk maupun menjadi salah satu bagian dalam mempermudah kalangan difabel menggunakan kursi roda. Anda dapat menjumpainya pada jalanan menuju halte Transjakarta. Ramp aluminium yang digunakan dengan kualitas grade A dengan ketahanan yang kuat terhadap beban berat dan cuaca.

Ramp Bahan Besi

Bahan besi juga menjadi salah satu rangkaian bahan terbaik untuk pembuatan ramp. Dapat ditemui pada side ramp door pada kapal. Material satu ini teruji lebih kuat dibanding bahan sebelumnya. Cocok untuk menahan benda yang sangat berat seperti mobil, dan muatan-muatan barang lainnya seperti barang elektronik dalam jumlah banyak.

Ramp Kayu

Selanjutnya ramp dari bahan kayu. Untuk ketahanannya memang tidak sekuat bahan sebelumnya, maka dari itu biasanya digunakan dalam bentuk sementara sebagai pijakan barang menuju truk maupun sebagai jalur kursi roda pada gedung maupun perumahan sederhana. Berhati-hatilah memilih jenis kayu yang digunakan karena tidak dapat disamakan dengan pembuatan furniture.

Ramp Bahan Beton

(Pinterest)

Ramp bahan beton maupun semen, lebih tahan lama, kuat dan memiliki nilai estetika yang lebih baik dari bahan-bahan sebelumnya. Walau bahan kayu juga tak kalah estetik, tetapi dengan beton ramp akan lebih menarik sekaligus terjamin kekuatannya. Cocok digunakan untuk tangga naik pada gedung maupun sebagai alas jalan landai untuk mobil menuju parkir.

PVI Multifold Ramps

Ramp adalah
(mobility care)

PVI Multifold Ramps (ramp portable) sangat menarik digunakan dalam hunian minimalis dengan lahan yang terbatas. Jenis ramp satu ini adalah ramp portable dengan bentuk koper yang sangat mudah untuk dibawa kemanapun anda pergi ataupun menetap di hunian. Bila tidak diperlukan alat ini dapat dirapikan dan disimpan. Bahan alas didesain anti-slip dengan keamanan tinggi yang dapat dipergunakan untuk pengguna kursi roda, baik lansia maupun difabel.

Itulah informasi mengenai ramp yang patut Pins ketahui. Sekarang sudah paham bukan bahwa ramp adalah sesuatu yang bisa memberikan nilai estetika dan fungsi untuk sebuah hunian?

Koordinator: Salsa

Editor: Achlisia