Kamus Istilah Properti

Bidet

istilah properti

Bidet

Bidet adalah sejenis wastafel (plumbing fixture) yang digunakan untuk mencuci area intim atau bagian genital pada pria maupun wanita.

Apa Itu Bidet?

bidet
(Casa39)

Istilah bidet memang kurang terkenal di Indonesia karena memang penggunaannya banyak ditemukan di negara Eropa. Arti bidet adalah tempat untuk membersihkan bagian tubuh personal baik berkelamin pria maupun wanita yang biasanya diletakan bersebelahan dengan kloset. 

Kata bidet sendiri berasal dari Bahasa Prancis yaitu pony yang merujuk adalah kuda poni. Hal ini karena ketika menggunakan alat ini, Pins akan melakukan posisi seperti sedang menunggang kuda poni.

Bentuk alat ini menyerupai wastafel atau bak pencuci tetapi memiliki fungsi yang jauh berbeda dibandingkan keduanya. Kalau wastafel dipakai untuk bagian atas tubuh manusia seperti tangan dan muka, alat ini digunakan untuk membersihkan bagian bawahnya.  

Pipa kecil pada bidet dapat mengeluarkan aliran air panas atau dingin dan bisa digunakan baik untuk wanita maupun pria.  

Umumnya alat ini ditempatkan di kamar mandi dalam posisi menggantungkan di dinding atau bertumpu di lantai bersebelahan dengan kloset dengan ketinggian yang sama. Namun, ada juga bidet yang tergabung langsung dengan kloset (built in).

Saat ini bidet semakin banyak digunakan di negara-negara di Eropa Barat, Amerika Latin, dan di Timur Tengah karena mulai menganggap penggunaan tisu saja kurang bersih.  

Adapun alasan paling umum penggunaan bidet adalah sebagai berikut:

  • Kebersihan area intim menjadi lebih baik dan nyaman.
  • Dampak lingkungan yang lebih rendah karena lebih sedikit kertas toilet yang digunakan.
  • Lebih sedikit sampah rumah tangga.
  • Penghematan finansial.
  • Lebih sedikit penyumbatan dan masalah pipa lainnya.
  • Perawatan yang lebih baik untuk kulit. 

Saat ini bidet sudah mengalami banyak perkembangan dengan penambahan pompa air dan tangki untuk mempermudah cara kerjanya. Inovasi ini mempermudah pengguna dalam membilas dan menggunakan air dengan cara disemprot ke arah belakang. 

Sejarah Pemakaian Bidet di Dunia 

bidet
(Lifehacker Australia)

Awal mula kemunculan alat ini, sebagaimana dilansir dari dari Bidet.org, semula ditemukan oleh pembuat furnitur asal Prancis pada akhir 1600-an. Namun, ada juga yang mengatakan jika bidet berasal dari Italia dan berasal dari tahun 1710 di mana awalnya alat ini ditempatkan di kamar tidur dan bukan kamar mandi. 

Bentuk awal bidet adalah mangkuk porselen yang berisikan air dan diletakkan di atas dudukan kayu. Mangkuk akan diisi dengan air bersih dan kemudian air ini digunakan untuk membersihkan area genital dan anus setelah memakai toilet.

Selama periode ini, mandi bukanlah praktik yang umum dilakukan setiap hari, dan bidet dapat membantu menjaga kebersihan dan kebersihan pribadi tanpa perlu mandi penuh. Kertas toilet juga tidak tersedia selama sebagian besar tahun 1700-an dan 1800-an, sehingga alat ini digunakan untuk membersihkan setelah buang air besar oleh kedua jenis kelamin dan setelah buang air kecil oleh wanita.  

Fakta-fakta Tentang Bidet 

bidet
(Fuentitech)

Untuk menambah informasi, ada beberapa fakta menarik yang menjadi karakteristik alat ini. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Lokasi Penempatan Bidet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alat ini biasanya bersebelahan dengan kloset. Fungsinya untuk membilas bersih bagian tubuh setelah buang air besar maupun kecil. 

Seperti yang Pins ketahui, di luar negeri, closet sendiri jarang yang mempunyai keran, maka dari itu bidet closet dibuat untuk memenuhi fungsi lengkap dari toilet itu sendiri. Mengapa posisinya disejajarkan? Hal tersebut agar kebersihannya tetap terjaga, praktis dan mudah saat penggunaan.

Penggunaannya Setelah Memakai Kloset 

Untuk memenuhi tujuannya yaitu untuk membersihkan bagian intim, maka biasanya alat ini dipakai usai memakai kloset, baik itu kloset jongkok atau kloset duduk. Artinya, usai membersihkan bagian pribadi menggunakan, Pins bisa membasuhnya melalui alat ini agar lebih bersih dan higienis. 

Usahakan untuk memastikannya terlebih dahulu bahwa area yang akan dibersihkan sudah tidak terdapat kotoran agar tidak menghambat jalur air.    

Teknologi dan Fitur Makin Canggih 

Pins akan menemukan banyak pembaruan pada bidet di era modern salah satunya yang menyatukan alat ini dengan kloset agar lebih hemat dari sisi ruang. Dengan begitu, Pins tidak perlu repot untuk pindah tempat setelah buang air. Hal tersebut juga pastinya membuat area kamar mandi jauh lebih bersih.

Tak hanya itu, teknologinya pun semakin canggih dengan dilengkapi fitur tombol yang beragam. Untuk membasuh, Pins bisa menekan bagian tombol yang berfungsi menyemprotkan air pada bagian genital tergantung letaknya. Kemudian ada juga bidet kloset yang dapat mengatur suhu menjadi dingin maupun hangat, hingga hadir fitur pengering yang menjadikan tisu tidak berguna lagi. 

Cara Menggunakan Bidet dengan Tepat 

bidet
(Business Insider)

Dilihat dari bentuknya yang menyerupai wastafel dan kloset, menjadikan alat ini cenderung membingungkan bagi sebagian orang yang tak biasa. Sebaiknya Pins mengetahui cara memakai alat ini terutama jika sering melakukan travelling ke beberapa negara. Alat ini akan banyak Pins temukan di kamar mandi di luar negeri baik umum maupun di hotel.  

Tak perlu bingung lagi, yuk simak langkah menggunakan alat ini dengan tepat sebagai berikut:

Cara Memakai Bidet yang Terpisah dari Kloset

Jika Pins menemukan bidet yang berdiri sendiri, berikut ini cara menggunakannya:

  • Gunakan setelah buang air kecil maupun buang air besar. 
  • Atur posisi sesuai dengan letaknya. Jika alat ini berbentuk seperti dudukan, maka Pins bisa menggunakannya sambil duduk. 
  • Kalau terdapat pancuran air di dalamnya, Pins juga bisa memposisikan diri sesuai dengan arah pancuran air tersebut.
  • Nyalakan keran air dan sesuaikan dengan suhu terbaik. Usahakan tidak terlalu hangat, dikarenakan area genital sangat sensitif.
  • Posisikan tubuh seperti sedang naik kuda. Ini berlaku bila Pins membersihkan area depan bagian privasi. Namun, bila sebaliknya, arahkan tubuh membelakangi arah keran.
  • Setelah sudah menemukan posisi yang tepat, arahkan keran pada area genital dan atur besar kecil air yang keluar.
  • Bila sudah dirasa bersih, keringkan dengan tisu atau handuk khusus.
  • Terakhir, cuci tanganmu di wastafel sebelum beraktivitas kembali. 

Cara Memakai Bidet Built In 

Lalu, bagaimana jika alat tersebut menyatu dengan kloset? Alat ini tentu lebih mudah karena Pins tidak harus berpindah tempat. Yang harus Pins lakukan adalah memperhatikan beberapa tombol dengan tanda membilas. Selain itu, ada juga tombol yang digunakan untuk menyiram kotoran. 

Langkah-langkah Membersihkan Bidet 

bidet
(The Guardian)

Kalau di rumahmu terdapat bidet, maka pastikan untuk selalu menjaga kebersihan alat dengan rutin membersihkannya secara berkala. Walaupun pada penerapannya pembersihan perabot satu ini mirip dengan cara membersihkan kloset, namun Pins perlu tahu beberapa hal penting di bawah ini:

  • Usahakan untuk membersihkannya secara berkala, hal tersebut untuk menghindari adanya kuman yang menempel pada tubuh yang berakibat fatal.
  • Siapkan sarung tangan karet khusus pembersih toilet, spons, lap kain, cairan pembersih toilet hingga disinfektan.
  • Pertama bersihkan dengan cairan pembersih yang sudah disiapkan menggunakan spons secara perlahan dan diamkan kurang lebih 10 menit.
  • Bilas dengan air pada keseluruhan bagian yang telah diberikan cairan pembersih.
  • Selanjutnya, tahap terakhir adalah gunakan desinfektan untuk membersihkan tepi-tepi dari bidet. Tidak lupa untuk membersihkan bagian keran termasuk lantai pada sekitar bidet. Hal tersebut untuk membasmi kuman-kuman yang menempel.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.