Kamus Istilah Properti

Biophilic Design

istilah properti

Biophilic Design

Biophilic design adalah sebuah konsep konstruksi yang menggabungkan bangunan dengan sentuhan alam lewat keberadaan lingkungan buatan.

Pengertian biophilic design

(Ansgroupglobal)

Perkembangan peradaban dan budaya telah mentransformasikan bentuk-bentuk hunian yang dibangun dan dihuni oleh manusia. Namun, salah satu aspek yang tidak bisa dihilangkan adalah keberadaan tumbuhan di sekitar rumah yang ditinggali. Rumah di kawasan urban pun masih membutuhkan hijau-hijauan dari keberadaan tumbuhan hidup.

Biophilic design adalah sebuah konsep konstruksi yang menggabungkan bangunan dengan sentuhan alam lewat keberadaan lingkungan buatan. Desain ini umum dipakai di area perkotaan karena dinilai memiliki efek yang baik pada kesehatan, lingkungan, dan ekonomi apabila dikelola lebih lanjut.

Salah satu bangunan tertua yang dinilai memiliki keterkaitan dengan desain biofilia adalah Taman Gantung Babilonia yang dibangun sekitar abad 1 Sebelum Masehi. Bangunan ini menempati banyak tanaman, air yang mengalir, serta hewan-hewan jinak.

Kata biophilic berasal dari biophilia yang berarti kecintaan kepada alam. Dengan dipakainya kata-kata tersebut, ada satu hipotesis menarik yang muncul. Dikatakan bahwa manusia tidak bisa diputuskan atau memiliki bawaan untuk tetap terhubung dengan alam. Sebagai contoh, manusia terus bepergian ke lokasi-lokasi seperti pantai, gunung, taman nasional atau hutan.

Prinsip biophilic design

(Archdaily)

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari biophilic design adalah penggunaan tanaman atau elemen-elemen alam lain pada bangunan. Lebih spesifik lagi, ada tiga prinsip yang juga perlu untuk diterapkan pada bangunan. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah nature in the space, nature of the space, dan natural analog.

Nature in the space

Prinsip nature in the space merujuk penempatan tumbuhan atau ekosistem buatan di area konstruksi. Hal ini membuat siapapun yang ada di area tersebut dapat berinteraksi secara langsung dengan tumbuhan atau ekosistem yang ada melalui inderanya. Interaksi-interaksi yang dimaksud antara lain suhu ruangan, visual, peraba, aroma, dan lain-lain.

Nature of the space

Prinsip nature of the space berkaitan erat dengan usaha untuk meniru dan menerapkan konfigurasi spasial alam pada konstruksi. Melalui prinsip ini, konstruksi dengan biophilic design berupaya untuk mereplikasi perasaan yang diberikan alam kepada manusia. Sebagai contoh perasaan terlindungi, keindahan, bahaya atau yang lain-lain.

Natural analog

Prinsip natural analog berusaha untuk merefleksikan alam di area konstruksi. Jadi, ekosistem buatan yang dikreasikan akan menggunakan pola dan bentuk seperti apa yang ada di alam. Jadi, konstruksi dengan biophilic design mengusahakan agar bentuk dan pola ekosistem yang dibuat mirip dengan apa yang ada di alam.

Macam-macam penerapannya

(Ansgroupglobal)

Secara garis besar, ada dua tipe penerapan desain biophilia. Yang pertama adalah penerapannya di bagian interior. Dan yang kedua pengaplikasiannya di bagian eksterior.

Penerapan biophilic design di interior

Mengaplikasikan tanaman-tanaman dalam ruangan sama halnya dengan mengimplementasikan warna-warna cat pada kanvas. Makin banyak referensi atau konsep yang diketahui, maka kemungkinan besar semakin kaya variasi hasil dari penerapan biophilic design pada bangunan.

Dengan menempatkan pot-pot tanaman secara strategis di area ruangan, kita bisa menghadirkan nuansa alam ala indoor. Kehadiran tanaman-tanaman tersebut bisa kita perkuat dengan menebarkan batu alam atau batu buatan di sekitarnya. Atau mungkin, kita juga dapat membangun kolam air atau air mancur di area tersebut.

Selain dapat menempatkan tanaman-tanaman di lantai, kita juga bisa memanfaatkan area dinding atau langit-langit. Misalnya, untuk area dinding, kita bisa menggunakan pot tempel. Sedangkan untuk area langit-langit, kita bisa memakai pot gantung bahkan menerapkan tanaman rambat.

Jika ingin menerapkan biophilic design di area indoor, pastikan agar area ekosistem buatan bisa diakses dengan mudah oleh orang-orang yang beraktivitas di dalam ruangan. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan elemen kecil yang bisa dirasakan di seluruh satu ruangan. Melalui penerapan seperti itu, kita bisa membuat sebuah area biophilic yang efektif ketimbang hanya berfokus pada satu area kecil saja.

Penerapan biophilic design di eksterior

Ketika ingin menerapkan biophilic design di area eksterior, kita bisa menggunakan dua pendekatan. Yang pertama adalah mengubah area yang sudah ada, dan yang kedua adalah membuat bidang konstruksi baru.

Apabila ingin menggunakan area yang sudah ada dengan merenovasinya, maka kita bisa membuat ekosistem menggunakan bidang dinding yang ada. Selain itu kita bisa mengubah area atap untuk menjadi area ekosistem hijau. Mengubah atap menjadi area ekosistem hijau bisa menjadi tempat untuk orang-orang yang beraktivitas di bangunan tersebut untuk beristirahat, baik secara fisik maupun mental.

Jika memutuskan untuk membuat bidang konstruksi baru untuk menempatkan ekosistem alam, banyak ide yang bisa dieksplorasi. Misalnya, kita bisa membangun bidang dengan biophilic design menggunakan material kaca sebagai pengungkung areanya. Penerapan kaca akan dapat mempercantik area biophilic design serta memudahkan akses cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman.

Mengonsepkan area fasad (bagian depan bangunan) dengan biophilic design juga bisa dapat menambah sisi atraktif pada konstruksi. Memang konsep semacam itu bisa dibuat ketika bangunan sudah jadi. Namun, apabila konsep ini direncanakan di awal pembangunan, dana yang dikeluarkan dapat kita hemat.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.