Kamus Istilah Properti

Lokasi Utama

istilah properti

Lokasi Utama

Lokasi utama adalah tempat sebuah bangunan yang berada di titik paling strategis, letaknya bisa di depan atau di tengah. 

Penentuan Lokasi Utama 

Memilih lokasi utama dalam sebuah bangunan atau kavling tentu menguntungkan, pengaruhnya terhadap keberadaan berbagai macam usaha/kegiatan lain baik ekonomi maupun sosial.

Penentuan main location ini didasarkan pada dua kepentingan yang berbeda, yaitu:

  • Kepentingan swasta dengan sasaran keuntungan yang sebesar-besarnya. Keuntungan diperoleh dari meminimumkan biaya transportasi dan biaya operasi. 
  • Kepentingan umum, yaitu pemilihan lokasi untuk memperoleh kemudahan fasilitas pelayanan umum.

Manfaat Sebuah Properti yang Berada di Lokasi Utama

Lokasi utama
(PIxabay)

Menempatkan bangunan properti di lokasi utama, nyatanya memiliki sejumlah manfaat, yaitu: 

1. Bagi Pemilik Usaha, Lokasi Utama Mempermudah Pemasaran

Lokasi usaha di tempat strategis akan mempermudah pemasaran karena pada umumnya main location berada di tempat yang strategis dan paling sering dilalui dan disinggahi banyak orang.

Kemudian berada di main location juga akan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Hal inilah yang akan mempermudah pemasaran dari dari produk.  

2. Keuntungan Meningkat

Keuntungan lain memiliki bangunan yang terdapat di lokasi utama adalah dapat meningkatkan profit perusahaan. Ini berhubungan dengan sistem pemasaran.

Selain itu, jika sebuah lokasi mudah ditemukan dan memberikan kesan perusahaan yang lebih baik, sehingga target penjualan yang dicapai pun ikut meningkat.

3. Biaya Transportasi Berkurang

Ketika sebuah properti bukan berada di main location, tentu aksesnya pun akan jadi lebih sulit. Jaraknya pun menjadi lebih jauh sehingga mungkin perlu tambahan biaya transportasi. 

Pins pun harus membayar lebih, contohnya untuk pengiriman barang dan dokumen, atau justru Pins perlu mengeluarkan biaya transportasi yang tinggi untuk mendapatkannya. 

4. Akses Mudah Dijangkau

Biasanya, lokasi utama dilengkapi dengan akses yang mudah dijangkau. Untuk perumahan, biasanya berada di dekat jalan utama. 

Ini tentu akan memudahkan terutama ketika memilih jalur transportasi karena kemungkinan ada banyak pilihan moda transportasi. 

5. Nilai Investasi yang Tinggi

Terakhir, keuntungan yang akan Pins dapatkan jika memiliki properti di lokasi utama adalah nilai investasi yang tinggi. Mengingat segala kemudahan yang diperoleh dari properti yang berada di main location tentu menjadikan harga jualnya akan terus meningkat.

Hal ini karena dengan seiring berkembangnya waktu dan tuntutan zaman seseorang akan mencari properti yang dekat dengan akses dan lokasi strategis.

Pertimbangkan Ini Saat Memilih Properti di Lokasi Utama 

Lokasi Utama
(PIxabay)

Memiliki properti di lokasi utama menjadi impian hampir sebagian besar orang, terutama mereka yang memiliki usaha.

Namun, memilih main location ternyata tidak selalu mudah. Yuk terapkan tips berikut ini saat hendak memilih bangunan di main location:

Perhatikan Akses

Memilih lokasi tak sembarangan. Memang harganya tentu akan lebih tinggi dibandingkan lokasi lainnya. Untuk itu, utamakan akses lokasi yang mudah ditempuh. 

Pemilihan akses yang tepat yakni yang berdekatan dengan tempat umum dan fasilitas umum. Perhatikan lokasi properti. Apakah dekat dengan tempat umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, jalan tol hingga area sekolah.

Perhitungkan Prospek ke depan

Prospek ini bisa dilihat dari fasilitas umum di sekitarnya, sistem keamanan hingga macet atau tidaknya daerah sekitar. 

Lihat juga mengenai potensial banjir atau tidaknya saat hujan deras. Untuk mengetahuinya, Pins bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. 

Cari Tahu Kondisi Sosial Masyarakat

Kondisi masyarakat sekitar juga penting untuk dipertimbangkan saat hendak memilih lokasi. 

Dapatkan informasi tentang lingkungan sekitar. Bisa juga dengan cara meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang-orang sekitar.

Fasilitas yang Memadai

Fasilitas tersebut seperti adanya rumah ibadah, pendidikan, hingga tempat bermain untuk anak-anak. Kemudian, faktor keamanan juga menjadi poin penting. Perumahan atau perkantoran yang baik tentu saja akan dilengkapi keamanan tingkat tinggi.

Misalnya adanya CCTV, hadirnya petugas keamanan yang selalu siap siaga, hingga one gate system. Lakukan survei dan mencari informasi kepada masyarakat sekitar untuk keamanan lokasi perumahan. 

Dekat dengan Pusat Bisnis

Cara terakhir untuk mengetahui apakah main location itu benar-benar layak untuk dipilih adalah dengan mempertimbangkan jaraknya dengan berbagai pusat bisnis. 

Pusat bisnis tersebut dapat berupa bank, kompleks perkantoran, dan pertokoan. Dengan lokasi hunian yang dekat dengan pusat bisnis, nantinya selain mempermudah aktivitas serta membuat nilai investasi properti rumah semakin meningkat di masa mendatang.