Kamus Istilah Properti

Landscape (Lansekap)

istilah properti

Landscape (Lansekap)

Landscape (lansekap) adalah aspek penataan ruang, seperti pembagian zona, aliran akses untuk mobilisasi, dan pemanfaatan luas lahan. 

Apa Itu Landscape (Lansekap)?  

Landscape (Lansekap)
(spacialandscape.com)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Landscape (lansekap) adalah tata ruang di luar gedung (untuk mengatur pemandangan alam).

Landscape (lansekap) disebut juga bentang lahan atau bentang alam. Pengertian ini merujuk pada tampilan visual atas susunan tanah, karena ini adalah cara utama di mana lanskap dirasakan. Pada praktiknya, lansekap adalah susunan daerah tanah dan representasi visualnya, khususnya seperti yang digambarkan dalam lukisan. 

Di dalam sebuah rumah, mendesain lansekap menjadi bagian terpenting sebelum memulai menata taman

Landscape taman mencakup berbagai aspek penataan ruang, seperti pembagian zona, aliran akses untuk mobilisasi, dan pemanfaatan luas lahan, yang seringnya terbatas.

Unsur-unsur Lansekap

Landscape (Lansekap)
(fastwork.id)

Secara fisik, lansekap terdiri atas beberapa kategori unsur utama. Beberapa unsur tersebut antara lain: 

Bentuk Tanah

Dalam lansekap, bentuk tanah adalah pada sekumpulan unsur yang termasuk ketinggian, kecuraman, orientasi, stratifikasi, pajanan cadas, dan jenis tanah. 

Selain itu, bentuk tanah juga termasuk gundukan, bukit, tebing, lembah, dan lain-lain. 

Vegetasi

Vegetasi merujuk pada kehidupan yang berhubungan dengan tumbuhan atau tanaman. Satuan vegetasi yang dipelajari dalam analisis vegetasi berupa komunitas tumbuhan yang merupakan asosiasi konkret dari semua spesies tumbuhan yang menempati suatu habitat.

Kehadiran vegetasi sangatlah penting dalam lansekap. 

Bentuk Kehidupan Lain 

Yang dimaksud bentuk kehidupan lain yaitu keberadaan manusia dan fauna. Dua makhluk hidup ini akan melengkapi lansekap agar memiliki kehidupan. 

Selain itu, peran manusia juga bisa turut menjaga lansekap agar sesuai dengan fungsinya. 

Unsur Lain 

Selain hal-hal tersebut, landscape juga dibuat berdasarkan beberapa kategori, seperti: 

  • Unsur struktural buatan manusia.
  • Kedalaman dan luas pandangan.
  • Badan air. 
  • Representasi artistik buatan manusia.
  • Arah pencahayaan.

Peran Arsitek Lansekap dalam Sebuah Perumahan 

Landscape (Lansekap)
(gusliegarden.id)

Arsitek landscape (lansekap) dibutuhkan untuk mendesain lanskap untuk kepuasan visual dan aspek fungsional lainnya. Seni arsitektur ini juga memadukan antara kepentingan alam dan manusia.

Berikut ini peran arsitek lansekap: 

  • Di Indonesia, ilmu arsitektur lanskap atau bentang alam tidak hanya pada penataan berbasis lahan, tetapi juga mementingkan sifat daerah tropis, memperhitungkan iklim dan potensi bencana alam. 
  • Memperhitungkan seluruh unsur, mencakup sebuah area yang luas dengan konsep urban, fasilitas umum, manajemen dan tata air, ruang terbuka hijau, desain saluran air, hingga detail konstruksi. 
  • Meningkatkan keindahan, keselarasan, kenyamanan dan keamanan lingkungan secara jangka panjang. 
  • Menyelamatkan dan memperbaiki lingkungan karena desain yang dibuat mampu membantu pemenuhan kebutuhan manusia dalam memanfaatkan kebutuhan lahan yang efisien, tanpa merusak sumber daya alam yang ada dan menunjang kehidupan sosial ekonomi.
  • Menciptakan tempat tinggal yang lebih baik daripada sebelumnya, baik dari segi kependudukan, hubungan dengan alam yang lebih baik dan struktur kualitas hidup yang semakin memuaskan.

Inspirasi Desain Landscape di Area Rumah 

Menata sebuah taman di dalam rumah memang tidak selalu mudah. Pins akan dihadapkan pada berbagai masalah seperti keterbatasan lahan, tingginya curah hujan, kurangnya intensitas matahari, dan polusi udara jika perumahan berada di area perkotaan. 

Nah, untuk itu diperlukan desain lansekap sebelum menata taman. Yuk, simak inspirasi desain lansekap rumah yang bisa diterapkan di taman Anda:

Landscape Taman dengan Batu Alam

(houzz.com)

Menghadirkan elemen batu alam di sekitar taman menjadikan hunian menjadi lebih cantik sekaligus dekorasi yang dihadirkan lebih bervariasi. 

Ada beragam pilihan dari batu alam yang dapat digunakan pada lansekap taman di rumah, misalnya batu kali. Batu jenis ini memiliki warna hitam yang dapat memberi kesan kokoh, alami dan dingin. 

Namun, untuk menghadirkan kesan hangat, cobalah memakai batu paras yang memiliki warna putih gading. Menggunakan batu ini akan memberikan kesan tropis. 

Landscape Taman dengan Air Terjun Dekoratif

(Pinterest)

Selain cantik dan unik, menghadirkan air terjun bertingkat di landscape (lansekap) juga menimbulkan kesan menenangkan. Suara gemericik air dari air terjun buatan di taman ini juga bisa menghindarkan Anda dari stress usai beraktivitas. 

Jangan lupa untuk menanam sejumlah tanaman hijau di sekitar air terjun buatan sehingga taman depan rumah ini terasa seperti memiliki air terjun di alam bebas.

Landscape Taman dengan Kolam 

(Tribunnews)

Jika air terjun terlalu membutuhkan biaya yang mahal, Pins juga coba menambahkan kolam di area taman. Menghadirkan kolam pada landscape taman berukuran kecil di sudut taman bersama dengan tanaman hias akan memberikan kesan intim. 

Kolam ini juga menjadi area transisi menuju bagian taman rumah utama.

Landscape Taman dengan Gazebo

(shedfactoryireland.ie)

Inspirasi desain landscape taman selanjutnya yaitu dengan menambahkan gazebo. Tak hanya sebagai taman, gazebo juga bisa Pins gunakan untuk bersantai. 

Tambahkan beberapa vegetasi berupa tanaman dan pepohonan tinggi agar taman terasa nyaman dan teduh.

Kemudian agar taman gazebo terkesan mewah dan hangat, Pins juga bisa menambahkan lampu outdoor taman berwarna kuning yang temaram. Cantik, bukan? 


Kontributor: Linda

Editor: Iko