Kamus Istilah Properti

Dome

istilah properti

Dome

Dome adalah  elemen arsitektur yang menyerupai setengah bagian atas bola yang berongga dan sering digunakan untuk bangunan pemerintah dan keagamaan. 

Apa itu Dome?

(Shutterstock)

Istilah dome berasal dari Domus dalam bahasa Latin yang merujuk pada kubah. Penggunaan dome merupakan cara yang sangat efisien untuk menutup sejumlah besar ruang, dan bentuknya dapat dilihat dari atas. 

Biasanya kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Ia diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan menggunakan singgah kubah (pendentive).

Dome adalah elemen struktural pada arsitektur yang menyerupai setengah bagian atas bola yang berongga. Sebuah kubah dapat bertumpu langsung pada dinding, kolom, drum, atau sistem squinches atau pendentives yang digunakan untuk mendukung transisi bentuk dari persegi atau persegi panjang ke dasar bulat atau poligonal kubah. 

Puncak kubah dapat tertutup atau terbuka dalam bentuk oculus yang ditutupi dengan kubah atau lentera, tergantung pada fungsinya.

Salah satu dome yang paling terkenal adalah Taj Mahal, sebuah makam di Agra, India. Banyak masjid di dunia kini juga mempunyai dome, termasuk di Indonesia. Tradisi ini berasal dari daerah Anatolia. 

Saat ini arsitektur dome dapat ditemukan di atas bangunan keagamaan, ruang pemerintahan, stadion olahraga, dan berbagai struktur fungsional lainnya. 

Mengenal Sejarah Dome 

Arsitektur Dome sudah ditemukan selama berabad-abad, bahkan di zaman prasejarah. Di masa lalu, dome dikaitkan dengan simbolisme ruang seperti kamar mayat, surga, tradisi pemerintah, dan lain-lain. Dome tersebut dibuat dari bahan yang berbeda seperti lumpur, salju, batu, kayu, bata, beton, logam, kaca, dan plastik. 

Dome dibangun di Mesopotamia kuno dan telah ditemukan dalam arsitektur Persia, Helenistik , Romawi, dan Cina kuno. Tak hanya itu, kubah juga banyak ditemukan di antara sejumlah tradisi bangunan asli di seluruh dunia. 

Struktur kubah yang umum di kedua arsitektur Bizantium dan arsitektur Sasanian, yang mempengaruhi seluruh Eropa dan negara-negara Islam pada Abad Pertengahan.

Di masa modern, kubah berevolusi dari lengkungan, awalnya hanya disesuaikan untuk bangunan kecil seperti gubuk dan makam. Namun, seiring dengan perkembangan teknik konstruksi dan desain, dome menjadi lebih populer sebagai sarana untuk memamerkan struktur megah seperti katedral, gedung legislatif dan stadion olahraga. 

Material Dome di Indonesia 

Dome dapat dibuat dari batu bata dan beton saja, bergantung kepada daya tekanan dan geseran. Namun, kubah modern biasanya dibuat menggunakan aloi aluminium, keluli atau konkret diperkuat sebagai rangka dan dipadatkan dengan kepingan aluminium, tembaga, polikarbonat ataupun cermin sesuai keperluan. 

Untuk di Indonesia, material dome adalah sebagai berikut: 

Dome Beton

Beton terkenal memiliki kekuatan yang baik sehingga sangat tepat untuk dipakai sebagai material dome. Penggunaan kubah beton seringkali diberikan motif tertentu sehingga menjadikan kubah masjid dari beton ini lebih menarik dilihat. 

Meski kokoh, kubah beton ini punya kelemahan yaitu sangat berat dan proses pembangunannya membutuhkan banyak tenaga sehingga segi biaya menjadi besar.

Galvalum

Material kubah masjid galvalum sering dipakai pada sistem pengecatan powder coating atau sintetis. Keunggulan bahan ini adalah anti karat, mempunyai kualitas yang tinggi. 

Bahan galvalum ini merupakan bahan yang mempunyai ketahanan dari panas yang sangat baik dan juga memiliki daya rekat yang baik hingga tidak mudah rusak.  

Selain itu, galvalum juga dapat dicat dengan corak dan warna berdasarkan selera dan keinginan. Kubah masjid bergaya modern yang terbuat dari bahan galvalum bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya dan mudah dilakukan cat ulang.

Stainless

Model kubah stainless sering dipilih karena ringan dan harganya cukup terjangkau. Keuntungan menggunakan kubah masjid stainless adalah ketahanan yang baik dari karat.

Selain itu, bahan tersebut pun hanya mempunyai 1 kombinasi warna, dan tak dapat di cat yang mana hanya memiliki warna asli yakni mengkilap layaknya karakter warna bahan kubah masjid gaya modern stainless steel ini.

Kubah Enamel

Kubah masjid enamel mempunyai banyak kelebihan. Meskipun terlihat kokoh dan berat, tapi sebenarnya ringan. Kubah masjid enamel mempunyai ketajaman warna yang bagus sehingga membuat permukaannya menjadi menarik. 

Untuk potensi kebocoran lebih kecil dibandingkan bahan lainnya serta mudah untuk diperbaiki.

Jenis-jenis Dome

Di seluruh dunia, dome memiliki berbagai jenis. Berikut ini diantaranya. 

Beehive Dome

(Buildinghouseandliving)

Jenis yang pertama menyerupai sarang lebah. Dome ini disebut juga sebagai kubah korbel  Contoh monumental adalah Mycenaean Treasury of Atreus. 

Paviliun Dome

Paviliun Dome
(inhabitat)

Istilah kubah pavilion kadang-kadang disebut juga sebagai kubah layar, kubah poligonal, kubah cekung, kubah bertanduk, hingga kubah piring. Intinya, kubah pavilion ini memiliki bentuk poligonal di penampang horizontal. 

Contoh paling terkenal adalah kubah segi delapan Renaissance Filippo Brunelleschi di atas Katedral Florence.  

Compound Dome

Compound Dome
(Structure1)

Dinamakan compound karena dome ini berbentuk majemuk dan berlayar. Compound dome memiliki pendentif yang menopang kubah berdiameter lebih kecil tepat di atasnya.

Salah satu bangunan terkenal yang mengadopsi kubah ini adalah di Hagia Sophia. 

Elips Dome

Elips Dome
(Producer.com)

Jenis dome satu ini banyak ditemukan di bangunan modern. Ciri khasnya adalah permukaan yang dibentuk oleh rotasi di sekitar sumbu vertikal semi-elips.

Kubah ellipsoidal memiliki alas melingkar dan bagian horizontal dan merupakan jenis kubah melingkar. 

Geodesic Dome

Geodesic Dome
(greenhouseempiriom)

Jenis ini diberi nama geodesik karena bentuk geometris yang terdiri dari kerangka segitiga dalam pola polyhedron. Kubah ini dibuat menggunakan elemen dan sambungan sederhana dalam jumlah terbatas dan secara efisien menyelesaikan gaya internal kubah.  


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia