Kamus Istilah Properti

Limit Kredit

istilah properti

Limit Kredit

Limit kredit adalah jumlah maksimum pinjaman atau hutang yang diberikan lembaga keuangan kepada nasabahnya.

Apa Itu Limit Kredit? 

(lankataxclub.lk)

Istilah limit disebut juga batas atau pagu, mengacu pada jumlah maksimum pinjaman yang diberikan lembaga keuangan kepada nasabahnya. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia menjelaskan definisi limit kredit adalah jumlah maksimum pinjaman yang dapat diberikan dan atau disediakan oleh bank atau perusahaan tertentu kepada nasabah debiturnya, baik dalam rangka pemenuhan perjanjian credit maupun jumlah maksimum dalam penggunaan credit card.

Pihak pemberi pinjaman akan melakukan penilaian sehingga limit tersebut bisa disetujui maupun ditolak oleh pihak bank. 

Jadi, bisa dikatakan jika limit adalah besaran maksimal pinjaman didapatkan debitur (peminjam) dari kreditur (yang memberi pinjaman). 

Tujuan Penetapan Limit Kredit

(nerdwallet.com)

Penetapan limit memiliki manfaat untuk pihak pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman. 

Berikut ini tujuan penetapan limit: 

  • Bagi peminjam (debitur), penetapan limit credit dilakukan untuk kemudahan dalam pembayaran cicilan nantinya. Sebab penetapan limit ini dinilai berdasarkan kemampuan nasabahnya yang diukur oleh sejumlah faktor seperti jumlah penghasilan debitur. 
  • Bagi pemberi pinjaman (kreditur), penetapan limit untuk menghindari kerugian dan mengurangi kredit macet.

Faktor yang Menentukan Besaran Limit Kredit KPR

Limit Kredit
(Okezone)

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, penetapan limit ditentukan oleh berbagai faktor. Faktor-faktor inilah yang membuat limit masing-masing nasabah tidaklah sama.  

Adapun sejumlah faktor yang menentukan limit yang diberikan oleh bank atau lembaga pemberi pinjaman lainnya adalah sebagai berikut: 

Jumlah Penghasilan 

Untuk mengajukan pinjaman, apapun jenisnya, penghasilan debitur akan menjadi pertimbangan utama yang menentukan diterima atau tidaknya pinjaman yang diajukan. 

Tak hanya itu, pendapatan bulanan nasabah juga akan jadi faktor yang menentukan besaran limit yang diterima. Nominal limit yang bisa diambil akan tergantung pada jumlah gaji yang Pins terima setiap bulannya. 

Rata-rata bank menerapkan gaji minimal sebesar Rp3 juta per bulan untuk minimal penghasilan nasabah yang ingin mengajukan pinjaman seperti KPR, KTA, maupun personal loans. 

Misalnya, kredit tanpa agunan di salah satu bank pemerintah di Indonesia membatasi kredit hingga sebesar lima kali gaji.

Rasio Kredit 

Limit credit adalah faktor yang mempengaruhi nilai credit konsumen dan dapat mempengaruhi kemampuannya untuk memperoleh kredit di masa depan. 

Sehingga faktor selanjutnya yang akan menjadi pertimbangan dalam menentukan limit adalah rasio kredit. Artinya, pihak pemberi pinjaman akan mempertimbangkan limit yang diberikan kepada nasabah sesuai kemampuan mereka dalam membayar. 

Misalnya untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), bank atau lembaga pemberi pinjaman biasanya akan memberikan limit dengan nominal cicilan 50 persen dari penghasilan bulanan.   

Riwayat Keuangan

Riwayat keuangan juga sangat menentukan besaran limit credit yang akan Pins terima. Semakin baik riwayat credit Anda, maka semakin besar juga limit yang akan Anda terima. 

Untuk melihat riwayat kredit, pihak bank akan melihat BI Checking atau SLIK OJK. Melalui penelusuran riwayat kredit di SLIK OJK, maka akan terlihat berapa skor kredit Anda.  

Jadi, pastikan Anda mengecek skor kredit di SLIK OJK sebelum mengajukan pinjaman, termasuk KPR, ya!  

Jumlah Kartu Kredit yang Dimiliki

Jumlah credit card yang Anda miliki jadi salah satu faktor penentu limit kartu kredit pinjaman. Semakin banyak kartu kredit yang sudah Anda miliki, maka limit yang diberikan pun mungkin akan lebih kecil.

Bahkan, untuk kepemilikan kartu kredit misalnya. Bank Indonesia (BI), bahwa sudah menetapkan bahwa nasabah dengan penghasilan per bulan sekitar Rp3 juta – Rp10 juta, tidak boleh memiliki kartu kredit lebih dari dua jenis.

Aturan tersebut sejatinya dibuat untuk meringankan nasabah dan mencegah terjadinya tunggakan pembayaran cicilan kartu kredit.

Cara Menentukan Limit Kredit 

Limit Kredit
(Liputan6)

Masing-masing kreditur memang memiliki aturan berbeda terkait besaran limit credit untuk berbagai jenis pinjamannya. 

Namun pada umumnya, kreditur, seperti bank, akan melakukan sejumlah cara untuk menentukan berapa limit credit yang diberikan kepada nasabahnya, yaitu sebagai berikut: 

  • Nasabah melakukan pengajuan pinjaman dengan menyerahkan syarat dan dokumen pendukung. 
  • Bank atau lembaga penyedia pinjaman menganalisa data-data calon nasabahnya seperti pendapatan, total kredit, hingga skor kredit nasabahnya. 
  • Langkah selanjutnya adalah proses penilaian dan survei terhadap orang yang akan mengajukan pinjaman atau kredit.  
  • Jika fasilitas kredit dijamin dan didukung oleh agunan, maka pemberi pinjaman memperhitungkan nilai agunan. Misalnya, jika seseorang mengambil jalur credit ekuitas rumah, limit credit bervariasi berdasarkan ekuitas di rumah peminjam.

Kreditur biasanya tidak akan mengeluarkan limit credit tinggi untuk seseorang yang tidak dapat membayarnya kembali. 

Jika konsumen memiliki batas kredit tinggi, itu berarti kreditur menganggap peminjam sebagai peminjam berisiko rendah. Peminjam tersebut memiliki kapasitas yang lebih besar untuk berbelanja dengan batas kredit yang lebih tinggi. 

Apakah Limit Kredit Bisa Dinaikan?

(gestunai.com)

Setelah Anda mendapatkan limit lalu merasa bahwa besarannya terlalu sedikit, Anda tetap bisa meningkatkannya. Untuk mewujudkannya, terdapat beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan bank pada saat memenuhi keinginan untuk menaikan limit.

Pastikan bahwa pembayaran tagihan kredit selama ini lancar tanpa adanya tunggakan atau keterlambatan dari batas waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. 

  • Untuk pengguna kartu kredit, Anda harus aktif menggunakan kartu kredit tersebut. Perlu diketahui bahwa pihak bank memiliki seluruh riwayat transaksi yang Anda lakukan selama memiliki kartu kredit.
  • Jika Anda mengajukan KPR, meningkatkan limit juga bisa dilakukan dengan memperbesar jumlah uang muka.  

Nah, saat ingin menaikan limit kredit, Anda harus menghubungi pihak bank yang bersangkutan melalui telepon ataupun dengan datang langsung ke cabang bank terdekat.  

Semoga bermanfaat!


Koordinator: Linda

Editor: Iko