Kamus Istilah Properti

Kecamatan

istilah properti

Kecamatan

Kecamatan adalah bagian dari kabupaten atau kota yang membawahi beberapa desa desa atau kelurahan, dikepalai oleh seorang camat. 

Pengertian Kecamatan

(Flickr)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kecamatan didefinisikan sebagai: 

  • n daerah bagian kabupaten (kota) yang membawahi beberapa desa atau kelurahan, dikepalai oleh seorang camat
  • n bagian pemerintahan daerah yang dikepalai seorang camat
  • n kantor camat

Pengertian kecamatan juga disebutkan dalam ketentuan Pasal 1 angka 24 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah. 

Dalam pasal tersebut, kecamatan atau yang disebut dengan nama lain adalah wilayah dari daerah kabupaten atau kota yang dipimpin oleh camat. 

Selanjutnya, dalam pasal tersebut juga dinyatakan bahwa: 

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbagi atas daerah provinsi dan daerah provinsi tersebut juga dibagi atas daerah kabupaten dan kota. 

2. Daerah kabupaten atau kota, terbagi atas kecamatan-kecamatan. Sementara itu, kecamatan juga dibagi atas desa dan atau kelurahan. 

Baca juga: Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Tugas Pokok dan Fungsi Pegawai Kecamatan

Kecamatan
(Wikimedia Commons)

Sebagai gambaran, kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Di bawah camat ada sekretaris, seksi-seksi, serta kelompok pejabat fungsional yang menjalankan tugas berbeda. 

Mengenai tugas dan fungsi, kecamatan sebetulnya sama dengan pemerintahan lainnya. Kecamatan memiliki tugas untuk melaksanakan sebagai kewenangan pemerintah kabupaten di wilayah kerjanya. 

Tugas tersebut mencakup bidang pemerintahan, ekonomi, pembangunan, kesejahteraan rakyat dan pembinaan kehidupan masyarakat. Selain itu, kecamatan pun bertugas untuk pelayanan umum lainnya yang diserahkan ke Bupati. 

Nah, berikut ini adalah tugas pokok dan fungsi pegawai kecamatan. 

  • Mengorganisasi penyelenggaraan pemerintah di wilayah kecamatan tersebut,
  • Mengorganisasian kegiataan pengembangan dan pembinanan perekonomian rakat. Selain itu, kecamatan juga melaksanakan pemungutan daerah sesuai kewenangan yang dilimpahkan, 
  • Menyelenggarakan pelayan sosial masyarakat dan pemberdayaannya, 
  • Membina kelurahan baik dari segi fungsi maupun wewenang, 
  • Melaksanakan dukungan administrasi di bidang pendidikan Sekolah Dasar (SD),
  • Membina ketentraman dan ketertiban di wilayah kecamatan, 
  • Melaksanakan koordinasi dan operasional untuk pelaksanaan teknik dinas maupun badan,
  • Memfasilitasi kegiatan pembangunan dan pengembangan partisipasi masyarakat. 

Jenis Layanan yang Dilakukan di Kecamatan 

Kecamatan
(Merdeka.com)

Ada banyak pelayanan administrasi yang dapat dilakukan di sini. Biasanya, petugas akan mengarahkan masyarakat untuk menuju ke bilik pelayanan khusus. Berikut ini ada beberapa pelayanan administrasi terpadu kecamatan yang umum dilakukan: 

Baca juga: Fasilitas Pemerintahan dan Layanan Publik

1. Pelayanan perizinan

Biasanya ada banyak perizinan yang meminta pengesahan dari pejabat setempat. Salah satunya ialah Penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK. 

2. Pelayanan non perizinan

Selain layanan perizinan, pemerintahan kecamatan juga membantu mengurus beberapa layanan non perizinan. Bahkan, jika dibandingkan layanan perizinan, layanan ini justru lebih banyak dan komplet. Berikut uraian lengkapnya. 

1. Bidang Keamanan dan Ketertiban

Bidang Keamanan dan Ketertiban umumnya akan melayani beberapa hal, seperti: 

  • Rekomendasi atau pengesahan surat pengantar permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK yang sudah disahkan oleh desa. 
  • Pengesahan atau rekomendasi surat pengantar izin keramaian atau penutupan jalan. 
  • Rekomendasi atau pengesahan surat keterangan domisili seseorang, organisasi, atau lembaga.

2. Bidang Umum

Ada pula Bidang Umum yang turut membantu dalam pelayanan, seperti: 

  • Rekomendasi atau pengesahan surat keterangan untuk mendapatkan pembayaran tunjangan keluarga atau KP4. 
  • Legalisasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). 
  • Rekomendasi atau surat permohonan administrasi kependudukan. 
  • Rekomendasi atau pengesahan proposal perorangan maupun kelompok. 
  • Rekomendasi atau pengesahan pembelian BBM bersubsidi bagi pengecer, nelayan, maupun industri. 
  • Pengesahan SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang. 
  • Rekomendasi atau pengesahan surat pernyataan penghasilan. 

3. Bidang Sosial Kemasyarakatan

Bidang Sosial Kemasyarakatan rata-rata membantu administrasi yang berkaitan dengan masyarakat perorangan. Berikut beberapa pelayanan terpadu yang umum dilayani oleh Bidang Sosial Kemasyarakatan. 

  • Rekomendasi atau pengesahan surat Keterangan Miskin 
  • Pembuatan atau pengesahan surat keterangan dispensasi menikah. 
  • Rekomendasi atau pengesahan surat permohanan perceraian. 
  • Rekomendasi atau pengesahan surat pernyataan belum mengikat untuk segala kebutuhan. 
  • Rekomendasi atau pernyataan surat numpang nikah untuk dibawa ke KUA. 

4. Bidang Perizinan Tertentu

Segala macam perizinan baik perorangan maupun lembaga umumnya dibantu oleh mereka yang bekerja di Bidang Perizinan Tertentu. Di bawah ini ada beberapa layanan yang dilakukan oleh Bidang Perizinan Tertentu: 

  • Rekomendasi atau pengesahan form permohonan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup atau SPPL. 
  • Pengesahan atau rekomendasi form permohonan izin gangguan baru atau pergantian maupun perubahan. 
  • Rekomendasi atau pengesahan surat  permohonan izin eksplorasi air tanah. 
  • Pengesahan dan atau rekomendasi permohonan izin pemakaian atau pengusahaan air tanah dari sumur gali, sumur bor, maupun mata air atau izin tambang. 
  • Penerbitan izin usaha untuk UKM.

5. Bidang Pemerintahan

Terakhir, ialah Bidang Pemerintahan yang membantu melayani beberapa keperluan, seperti:

  • Rekomendasi atau pengesahan surat keterangan waris. 
  • Pengesahan surat keterangan beda nama. 
  • Rekomendasi dan atau pengesahan perubahan penggunaan tanah. 
  • Rekomendasi atau pengesahan asal-usul tanah. 
  • Rekomendasi surat kuasa terkait tanah. 
  • Rekomendasi pengesahan pengantar izin sewa tanah kas desa
  • Pengesahan surat wakaf tanah. 
  • Pengesahan surat kerelaan tanah untuk fasilitas umum di desa atau kelurahan. 

Di atas adalah gambaran mengenai pengertian hingga pelayanan terpadu yang dilakukan di kecamatan. Meski mungkin ada yang sedikit berbeda, tapi pada dasarnya sebetulnya semua kecamatan mirip-mirip. 

Bila suatu ketika Pins harus mengurus surat di kecamatan, lebih baik pastikan dulu alur jalannya ke pihak kelurahan atau tanyakan di kecamatan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kebingungan dan mesti bolak-balik. Semoga membantu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Syahya Rembulan