Kamus Istilah Properti

Sumur Bor

istilah properti

Sumur Bor

Sumur bor adalah salah satu cara memperoleh air bersih dengan melalui penggalian tanah memakai bor dengan kedalaman tertentu. 

Apa Itu Sumur Bor?

Ada berbagai cara mendapatkan sumber air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat, salah satunya melalui sumur bor. Sumur bor adalah salah satu cara memperoleh air bersih melalui penggalian tanah dengan kedalaman tertentu. 

Nantinya, penggalian dilakukan hingga mencapai sumber mata air yang terletak di dalam tanah. 

Di Indonesia, masyarakat yang menggunakan air yang berasal sumur bor cukup banyak. Apalagi pada wilayah yang belum terjangkau air PAM.  

Saat ini perkembangan pengeboran sumur sudah semakin canggih. Bahkan, Pins bisa mengetahui  posisi dan kedalaman sumber mata air yang pas dengan cara yang mudah memakai teknologi sensor. 

Kemudian, penggalian dilakukan memakai mesin sumur bor yang memiliki tenaga dengan kekuatan tinggi. 

Baca Juga: MCK Adalah?

Proses Pengeboran Sumur untuk Mendapatkan Air Bersih

Untuk mendapatkan sumber air bersih, cara kerja sumur bor terbilang lebih cepat dan efektif apabila dibandingkan dengan penggalian secara manual. 

Memakai sumur bor juga membuat mata air yang diperoleh lebih bersih selama tanah tidak tercemar atau berada di kawasan yang rentan limbah industri. Pins dapat menghubungi jasa pembuatan sumur bor terbaik yang ada wilayahmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Biasanya, pengeboran ini dilakukan untuk satu kawasan perumahan dilakukan secara kumulatif atau bersama-sama. 

Sebelum mengebor sumur, tentukan kedalaman sumur bor. Pins harus memperhatikan kondisi tempat tinggal di sekitarnya. Semakin padat rumah, maka kedalaman sumur pun harus lebih dalam. Namun, minimal untuk mendapatkan air bersih adalah pada kedalaman 50 meter. 

Saat ini ada fitur sensor pada sumur bor yang dapat menentukan posisi dan kedalaman sumber mata air yang tepat. Hal ini menjadikan proses pengeboran sumur menjadi lebih pas dan mudah.  

Cari tahu besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sumur bor dengan mencari tahu referensi harga terlebih dahulu sehingga Pins tidak akan mengalami masalah saat proses penggalian sudah berjalan.

Basanya, biaya pembuatan sumur bor dipatok per meter dengan tarif yang berbeda di wilayah. Umumnya, biaya pembuatan sumur bor berkisar Rp150-300 ribu per meter.  

Jadi, jika kedalaman yang Pins inginkan adalah 100 meter, biaya yang diperlukan adalah Rp15-30 juta. Tarif ini belum termasuk perpipaan, tangki, pompa sumur, sampai instalasi kabel listrik.  

Semakin dalam kedalaman sumur, maka biayanya tentu akan semakin besar, serta peralatannya pun akan semakin banyak.  

Baca Juga: Abodemen Listrik

Manfaat Sumur Bor

Di antara cara mendapatkan sumber mata air lainnya, metode pengeboran masih banyak dipilih. Sebagian besar masyarakat memilih air dari sumur bor karena tidak memerlukan biaya biaya berlangganan setiap bulan seperti halnya air dari PDAM. 

Selain itu, berikut ini beberapa manfaat memilih sumur bor sebagai cara mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. 

  • Sumber air yang dapat diperoleh secara gratis karena Pins tidak perlu membayar biaya langganan setiap bulannya. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya awal ketika penggalian sumur dilakukan, serta biaya listrik dan biaya perawatan untuk pompa air.  
  • Air tanah yang belum tercemar memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena memiliki kandungan mineral yang banyak sehingga baik untuk kulit ketika mandi. 
  • Air tanah yang berasal dari lingkungan yang tidak tercemar, dapat dikonsumsi melalui proses pemasakan sampai mendidih terlebih dahulu. 
  • Pins bisa menampung air tanah yang telah dipompa di toren atau tandon air. Jadi, tak perlu khawatir akan berkurangnya pasokan air ketika listrik mati. 

Baca Juga: Abutment

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa cara mendapatkan sumber mata air seperti air PAM atau air tanah yang diperoleh secara manual. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari sumur bor?

Kelebihan Sumur Bor 

Berikut ini beberapa kelebihan sumur bor:  

  • Lahan yang diperlukan tidak sebesar sumur gali. Bahkan, Pins bisa menempatkan sumur bor di pojok atau di dalam rumah.  
  • Proses pengeboran lebih cepat dibandingkan menggali sumur secara manual. Prosesnya memerlukan mesin bor yang saat pengoperasiannya tidak memerlukan banyak orang. 
  • Dengan menggunakan alat modern yang memiliki teknologi sensor, kedalaman sumur dapat diketahui dengan mudah. 
  • Apabila tanah tidak tercemar, maka air tanah lebih bersih dan memiliki kandungan mineral yang baik untuk kulit dan tubuh. 

Baca Juga: Akad

Kekurangan Sumur Bor 

Sementara itu, kekurangan mendapatkan sumber air bersih dengan cara pengeboran juga perlu untuk diperhatikan, terutama terkait biaya pengeboran yang harus dikeluarkan yang tidaklah sedikit. 

Hal ini karena saat proses pengeborannya, memerlukan peralatan yang canggih. Selain itu, harga pompa air, terutama yang berkualitas baik juga mahal.  

Jika pompa air kualitasnya rendah, ada kemungkinan muncul bau besi pada air yang akan Pins gunakan.  

Itulah informasi mengenai sumur bor yang dapat disampaikan. 

Sebenarnya saat ini pemerintah mengusahakan warganya mendapatkan air dari Perusahaan Air Minum sebagai sumber mata air utamanya. Hal ini karena sebelum digunakan oleh masyarakat, air PDAM akan melalui proses penjernihan terlebih dahulu sehingga secara kualitas tentu akan lebih baik. 

Selain itu, air PAM juga akan melakukan pengecekan berkala di laboratorium sehingga kualitasnya selalu baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.  Tetapi, jika sulit atau wilayahmu tidak didukung oleh PDAM, maka sumur bor adalah solusi yang tepat. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Hak Guna Bangunan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.