Kamus Istilah Properti

Delineasi

istilah properti

Delineasi

Delineasi adalah upaya pembuatan garis batas untuk membentuk dan menandai sebuah objek atau wilayah tertentu.

Apa itu delineasi?

(Manajemen Pengelolaan WP)

Istilah delineasi mungkin cukup jarang digunakan pada percakapan sehari-hari. Istilah ini akan dipakai ketika dilakukan upaya menandai suatu area atau wilayah dalam bidang yang punya sangkutan dengan topografi, tata ruang, serta pertanahan.

Delineasi adalah upaya pembuatan garis batas untuk membentuk dan menandai sebuah objek atau wilayah tertentu. Pembuatan garis batas tersebut akan dilakukan melalui peta, baik peta berbentuk konvensional maupun digital. Selain itu, pembuatan garis batas ini juga terkadang dicocokkan dengan wilayah fisik aslinya.

Penggunaan metode ini dalam membuat area objek dalam sebuah wilayah terbilang paling efisien. Efisiennya cukup signifikan karena dapat menghemat waktu, biaya, maupun tenaga.

Delineasi dapat menjangkau pembuatan garis batas dari area dalam skala kecil maupun skala yang relatif lebih luas. Jadi, metode ini terbilang cukup fleksibel dalam penggunaannya.

Dalam bidang pertanahan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan menggunakan metode ini sebagai salah satu cara untuk membuat pengelompokan wilayah serta turunannya. Bahkan untuk urusan pembuatan wilayah-wilayah tanah atas nama kepemilikan rakyat.

Dalam ranah pembuatan bangunan umum, delineasi menjadi proses pendefinisian tingkat geografis untuk sebuah area tertentu. Misalkan, Kota A hendak membuat sebuah pusat perbelanjaan baru. Maka, delineasi akan dijadikan upaya untuk menandai di mana letak wilayah pasar yang sesuai dengan kebutuhan penduduk. Biasanya, wilayah pusat perbelanjaan tersebut nantinya akan ada di area titik temu dari dua wilayah padat penduduk.

Delineasi dan kaitannya dengan Rencana Tata Ruang (RTR) Negara

(Rencana Pemukiman Kota Baru)

Di Indonesia, segala hal terkait tata ruang sebuah wilayah diatur oleh Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam Undang-Undang No. 26 Tahun 2007: Penataan Ruang. Dalam undang-undang tersebut. rencana tata ruang dibagi menjadi dua bagian besar yakni rencana umum dan rencana rinci.

Dalam penyusunan rencana tata ruang tersebut (baik umum maupun rinci), pemerintah menggunakan delineasi wilayah perencanaan. Dengan melakukan delineasi, pemerintah dapat mengetahui hal-hal terkait potensi bahkan permasalahan keamanan, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Dalam perencanaan tersebut, batasan minimum delineasi wilayah yang dilakukan adalah kecamatan.

Agar data yang dibuat komprehensif, maka penetapan rencana wilayah ini harus memperhatikan kriteria-kriteria khusus. Dari memperhatikan studi-studi tertentu pada wilayah tersebut atau sumber-sumber yang valid.

Dalam kasus ini, delineasi bukan lagi urusan tata ruang saja. Aktivitas ini bersinggungan dengan bidang keilmuan yang lainnya. Bukan hal yang tabu jika tata ruang akan bersinggungan dengan bidang-bidang yang lainnya. Hal ini dikarenakan tata ruang erat kaitannya dengan segala aktivitas manusia dan aktivitas alamiahnya.

Fungsi-fungsi delineasi

(Needed Thing)

Delineasi mempunyai berbagai fungsi macam fungsi. Fungsi-fungsi tersebut akan dijelaskan pada poin di bawah ini.

Tata ruang

Secara sederhana, delineasi dapat menjadi upaya untuk menandai batas sebuah wilayah. Baik wilayah dari sebidang tanah milik rakyat, wilayah RT/RW, wilayah kelurahan atau desa, wilayah kecamatan, wilayah kota atau kabupaten, wilayah provinsi, dan seterusnya.

Dari delineasi wilayah tata ruang yang telah disebutkan di atas, wilayah yang telah terbagi dapat diintegrasikan dengan data-data pendukung. Data-data yang dimaksud tidak lain adalah data terkait potensi atau problem keamanan, ekonomi, sosial, budaya, maupun lingkungan.

Hidrologi

Delineasi dapat menjadi metode yang membantu untuk penandaan wilayah-wilayah perairan. Dari air tanah, rawa, daerah aliran sungai (DAS), dan lain-lain. Dengan melakukan proses delineasi, pemangku kebijakan dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan-kebutuhan krusial terkait permasalahan air dari suatu wilayah. Misalkan, untuk menyalurkan air bersih atau bahkan untuk pemodelan analisis prediksi banjir.

Nantinya, delineasi wilayah air tersebut akan diintegrasikan dengan data-data pendukung. Keakuratan dan ketelitian dalam pengambilan data akan menjadi tonggak utama apakah data tersebut valid atau tidak untuk digunakan dalam mengatasi sebuah permasalahan. Selain itu, alat bantu dalam pengambilan data pendukung juga punya peranan yang cukup penting.

Delineasi dengan bantuan Google Earth

(Beranda)

Untuk melakukan delineasi, kita tidak melulu bergantung pada peta konvensional. Saat ini, banyak sekali aplikasi yang menyediakan peta-peta digital yang dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Salah satu peta digital yang dapat digunakan untuk melakukan delineasi wilayah adalah Google Earth.

Aplikasi Google Earth terbilang akan memudahkan pihak yang akan melakukan delineasi wilayah. Hal ini dikarenakan kita dapat melakukan pengaturan ukuran skala dan satuan ukuran jarak. Kita juga dapat melihat perubahan yang terjadi dari tahun ke tahun pada suatu wilayah. Google Earth akan merekam keberadaan bangunan-bangunan baru serta perubahan area vegetasi suatu wilayah.

Apabila hendak mengukur sebuah wilayah menggunakan aplikasi Google Earth, kita bisa menggunakan bantuan tools yang melengkapi aplikasi ini. Gunakan saja tools polygon untuk menandai wilayah yang hendak diukur.

Cara yang dapat kamu lakukan:

  • Buatlah area wilayah yang akan diukur tertandai oleh tools bidang polygon.
  • Gunakan satuan ukuran meter (meter persegi) atau kilometer (kilometer persegi) pada bidang polygon yang kamu buat.
  • Pastikan semua wilayah yang hendak diukur tertandai dengan rapi.
  • Kita dapat melihat ukuran keliling dan luas dari area tersebut sesuai dengan satuan ukuran yang kita pilih.

Jika diperlukan, kita bisa membuat perbandingan penyusutan atau perkembangan sebuah wilayah menggunakan aplikasi ini. Yang kita butuhkan hanya melakukan instalasi dan pengukurannya secara manual menggunakan peta dari Google Earth.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.