Kamus Istilah Properti

Carpet Bedding

istilah properti

Carpet Bedding

Carpet bedding merupakan susunan tanaman yang sengaja ditanam di taman lalu diatur agar membentuk pola dengan warna yang bervariasi. Umumnya, carpet bedding dibuat di taman istana, hotel, atau taman bunga.

Mengenal Carpet Bedding

(Dreamstime)

Carpet bedding merupakan salah satu bentuk seni untuk menata dan merangkai tanaman sehingga menjadi hiasan yang cantik. Umumnya tanaman ini sengaja dilestarikan di taman outdoor. Carpet bedding menggunakan kombinasi tanaman hijau dan juga bunga dengan warna-warni yang beragam. Teknik penanamannya disengaja merapat antara satu tanaman dengan tanaman lain. Hal ini agar tanaman membentuk pola yang jelas apabila dilihat dari bagian atas. Apabila tanaman memiliki jarak, maka pola yang diinginkan tidak terbentuk karena renggang. Untuk membuat susunan tanaman seperti di atas, kamu harus membuat konsep visual dalam gambar dahulu sebelum akhirnya memetakan area yang perlu ditanam oleh tanaman.

Fungsi Carpet Bedding 

(Toronto Botanical garden)

Secara umum, fungsi dan kegunaan dari carpet bedding adalah sebagai penghias taman. Hiasan taman tersebut digunakan untuk mempercantik sebuah area untuk memperkuat estetika sebuah lahan. Selain hal di atas, berikut ini ada beberapa fungsi dari carpet bedding yang mungkin kamu perlu ketahui.

Mengisi lahan kosong agar lebih berwarna

Fungsi pertama dari carpet bedding adalah untuk mengisi lahan kosong agar lebih berwarna. Seperti yang kita sudah bahas di atas, biasanya susunan tanaman ini dibuat di halaman istana, rumah sakit, hotel atau taman bunga. Lahan pada tempat-tempat tersebut bisa dimanfaatkan sebagai taman yang menghiasi kompleks bangunan agar lebih indah dipandang mata. 

Memanfaatkan ruang terbuka sebagai taman

Taman adalah salah satu bagian dari sebuah bangunan. Tujuan pembuatan taman sebenarnya bukan hanya sekadar untuk memanfaatkan lahan kosong namun sebagai area hijau. Tujuannya agar suatu area atau daerah tidak terlalu gersang. Kondisi panas di siang hari bisa sangat menyengat kulit. Namun, dengan kehadiran taman hijau akan membuat kondisi sekitar lebih sejuk. Pasalnya tanaman akan memproduksi oksigen, hal ini akan membuat lingkungan sekitar lebih segar. 

Mempercantik lokasi outdoor

Menata ruang terbuka bisa sangat menyenangkan. Apalagi jika ruang terbuka sudah diatur sedemikian rupa sehingga lebih indah. Carpet bedding bisa menjadi salah satu upaya untuk mempercantik lokasi outdoor. Keindahan atau estetika adalah salah satu elemen dalam kehidupan yang selalu diperlukan manusia, oleh karena itu taman yang cantik akan melengkapi kebutuhan kita semua. 

Media untuk penyegaran pikiran

Sering kali setelah banyak beraktivitas dalam sehari pikiran akan penat. Selain itu pikiran akan terasa sangat lelah dan buntu. Untuk menyegarkan kembali pikiran dan juga semangat kamu bisa dilakukan dengan memandang tanaman hijau. Tanaman hijau dipercaya bisa memberikan kenyamanan bagi mata dan pikiran. Nah, dengan hadirnya tanaman di taman bisa menjadi media untuk penghilang stres dan rasa penat.

Keunggulan Capret Bedding

(Chronicle Live)

Pada dasarnya keunggulan dari carpet bedding mirip dengan keuntungan ketika kamu menanam tanaman di area taman. Umumnya keuntungannya ada pada sisi estetika. Namun, ternyata ada keunggulan lain yang bisa memberikan manfaat bagi sekitar. Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Melindungi tanah dari kekeringan 

Tanaman akan hidup dengan mengonsumsi zat nutrisi di dalam tanah, proses fotosintesis dan juga air. Semakin banyak tanaman maka sebuah area atau daerah akan lebih subut dan jauh dari kekeringan. Tanah yang ditumbuhi tanaman akan lebih subur dan bagus untuk produksi atau perkembangan tanman lain. Kehadiran carpet bedding tentu bisa menjadi hal baik bagi lahan atau tanah di sekitar area karena dapat mencegah kekeringan.

Menjaga ekosistem lingkungan sekitar

Tak bisa kita pungkiri bahwa manusia hidup bersinggungan dengan hewan dan tanaman. Hal ini membuat hidup makin berwarna dan berarti. Di sisi lain hewan butuh makan untuk bisa hidup. Ada hewan yang mengonsumsi tanaman, sari dari bunga atau daun untuk bisa hidup. Misalnya ulat, kupu-kupu, lebah dan lain-lain. Kehadiran carpet bedding tentu bisa menjadi penyelamat ekosistem di sekitar sehingga setiap hewan di sekitar kita bisa tetap hidup.

Menjadi media untuk penyerapan air

Sebuah area bisa dilanda banjir ketika lahan tersebut kering. Artinya, ketika tidak ada tanaman maka banjir bisa terjadi. Hal ini karena tanaman bisa menyerap air yang jatuh ke tanah. Ketika tidak ada tanaman, maka tidak akan ada akar yang menyerap air berlebih ketika jatuh ke tanah. Penanaman carpet bedding juga bisa menjadi penyelamat lingkungan.

Menanam carpet bedding mungkin akan memerlukan waktu dan tenaga yang banyak. Namun, hasil akhir yang akan diberikan oleh tanaman tentu akan baik bagi kehidupan makhluk hidup di sekitar. Semua makhluk hidup memerlukan tanaman, begitu pun tanaman memerlukan manusia dan hewan untuk dapat hidup. 

Intinya semua makhluk hidup saling bergantung, jadi jika ada kesempatan kamu bisa merangkai carpet bedding milikmu sendiri di area tempat tinggalmu. Ingat, jangan lupa untuk dirawat dengan cara memberkan air dan pupuk, ya Pins!

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu dan tentunya bisa menyadarkan kita betapa pentingnya kehadiran tanaman. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.