Kamus Istilah Properti

Andalalin

istilah properti

Andalalin

Andalalin adalah serangkaian kajian terkait dampak lalu lintas dari kegiatan pembangunan. Hasil studi tersebut kemudian dituangkan dalam dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas.

Apa Itu Andalalin?

andalalin
(Andalalin DKI Jakarta)

Melakukan sebuah kegiatan atau mendirikan bangunan tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi lalu lintas di sekitarnya. Perubahan penggunaan suatu lahan akan mengubah kondisi transportasi di sekitarnya. Misalnya, ketika didirikan sebuah apartemen atau perumahan, lingkungannya akan berubah dan tentu mempengaruhi lalu lintas di sekitarnya.

Supaya pembangunan tersebut bisa berjalan lancar dan tidak mengganggu lalu lintas, dibutuhkan kajian dan dokumen berupa Andalalin atau Analisis Dampak Lalu Lintas. Sebelum mendapat izin untuk melakukan pembangunan, diperlukan adanya kajian Andalalin terlebih dahulu terkait bangunan yang akan didirikan.

Kajian lalu lintas di sekitar bangunan merupakan salah satu syarat yang diperlukan. Hasil kajian tersebut lalu dituliskan dalam bentuk dokumen. Dokumen ini kemudian akan diberikan kepada pemerintah yang bertanggung jawab sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin pembangunan. Melalui dokumen Andalalin, perhitungan terkait rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas akan lebih mudah dilakukan.

Tujuan Analisis Dampak Lalu Lintas

(Pexels)

Bagi pengembang properti, melakukan Analisis Dampak Lalu LIntas merupakan sebuah keharusan jika ingin mendapat izin dari pemerintah. Pemberlakuan kajian ini sendiri dilakukan dengan beberapa tujuan yaitu:

  • Digunakan untuk melakukan prediksi terkait dampak yang mungkin akan muncul dari pembangunan.
  • Analisis ini akan berguna ketika membuat rencana perbaikan atau peningkatan kualitas terkait perubahan baik yang sudah maupun akan terjadi.
  • Memudahkan untuk mengambil keputusan mengenai tata guna lahan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi lalu lintas, jumlah akses, serta alternatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu.
  • Dipakai untuk melihat dan melakukan identifikasi pada masalah yang dapat memberi pengaruh pada putusan pengembang dalam melanjutkan proyek.
  • Digunakan sebagai alat untuk mengawasi pelaksanaan rekayasa dan manajemen lalu lintas.

Mengapa Andalalin Diperlukan?

andalalin
(Piqsels)

Andalalin dibutuhkan karena memiliki manfaat untuk berbagai pihak baik pengembang properti, pemerintah, dan juga masyarakat. Bagi developer, dokumen ini diperlukan sebagai syarat untuk bisa mendapatkan izin membangun properti dari pemerintah. Selain itu, Andalalin akan membantu properti yang dibangun untuk lebih mudah diakses.

Sedangkan untuk pemerintah sendiri, Analisis Dampak Lalu Lintas akan mempengaruhi kebijakan yang disebabkan oleh alih guna lahan. Adanya dokumen ini akan membantu pengaturan rekayasa lalu lintas dan tata kota sehingga bisa lebih teratur. Tidak hanya itu, analisa kondisi lalu lintas ini juga akan berguna di masa depan.

Bagi masyarakat, pembangunan properti dan manajemen lalu lintas yang baik sangatlah dibutuhkan. Adanya analisis ini akan membuat kedua hal tersebut lebih teratur sehingga masyarakat bisa mendapatkan kenyamanan.

Proses Pengurusan Andalalin

(Pexels)

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Analisis Dampak Lalu Lintas merupakan kajian yang hasilnya dituangkan dalam dokumen. Pihak pengembang perlu melakukan studi ini dengan menggunakan bantuan ahli transportasi darat atau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dokumen tersebut kemudian akan digunakan sebagai syarat mendirikan bangunan.

Jika ingin mengurus dokumen ini, ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh pengembang properti yaitu sebagai berikut.

Pemeriksaan data

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin mengajukan dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas adalah melengkapi data-data yang diperlukan. Pengembang perlu menyiapkan berbagai dokumen seperti identitas pemohon, surat permohonan, sertifikat penyusun dokumen, surat pernyataan, draft perencanaan bangunan, dan lain-lain.

Peninjauan atau survei lokasi

Setelah dokumen lengkap diserahkan dan diperiksa, langkah berikutnya yaitu survei lapangan. Pada tahapan ini, akan dilakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan secara langsung. Selain melihat kondisi lahan, dilakukan juga pengambilan data yang akan berguna dalam membuat manajemen atau rekayasa lalu lintas.

Rapat internal

Tahapan berikutnya dalam pembuatan dokumen Andalalin yaitu rapat internal. Rapat ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan konsultan atau tenaga ahli bersertifikat di bidang transportasi. Pada pertemuan ini, akan dibahas berbagai aspek-aspek yang diperlukan seperti kajian, data pemeriksaan, serta perbaikan setelah dilakukan survei lokasi.

Sidang eksternal

Setelah rapat internal, langkah selanjutnya yaitu diadakannya sidang eksternal. Pada tahap ini, pihak-pihak yang terlibat yaitu tim evaluasi, konsultan pembuat dokumen, dan juga pemrakarsa pembangunan. Penilaian terhadap hasil kajian Analisis Dampak Lalu Lintas akan dilakukan pada sidang eksternal ini.

Pembuatan draft Andalalin

Berdasarkan hasil sidang eksternal yang telah dilakukan, tahapan selanjutnya yaitu pembuatan draft rekayasa lalu lintas. Pihak pembuat draft akan melakukan penyempurnaan gambar serta naskah rekomendasi manajemen dan rekayasa lalu lintas. 

Rekomendasi

Tahapan yang terakhir yaitu rekomendasi terkait pembangunan yang akan dilakukan. Pada naskah ini, terdapat rekomendasi manajemen dan rekayasa lalu lintas. Dokumen ini sendiri dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Provinsi dan ditujukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk mendapatkan persetujuan Andalalin.

Bangunan yang Membutuhkan Andalalin

andalalin
(Pexels)

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bangunan yang wajib menggunakan Andalalin yaitu sebagai berikut.

Pusat kegiatan

  • Bangunan untuk perdagangan
  • Bangunan untuk perkantoran
  • Bangunan untuk kegiatan industri
  • Bangunan untuk kegiatan pariwisata
  • Fasilitas pendidikan
  • Fasilitas pelayanan umum
  • Pusat kegiatan lain yang menimbulkan bangkitan atau tarikan lalu lintas

Pemukiman

  • Perumahan dan permukiman
  • Rumah susun dan apartemen
  • Permukiman lain yang dapat menimbulkan bangkitan atau tarikan lalu lintas

Infrastruktur

  • Akses ke dan dari jalan tol
  • Pelabuhan
  • Bandar udara
  • Terminal
  • Stasiun kereta api
  • Tempat penyimpanan kendaraan
  • Fasilitas parkir untuk umum
  • Infrastruktur lain yang mungkin menimbulkan bangkitan atau tarikan lalu lintas 

Analisis Dampak Lalu Lintas merupakan hal yang penting ketika ingin melakukan pembangunan. Semoga penjelasan di atas memberikan informasi yang berguna untuk Pins terkait Andalalin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.