Kamus Istilah Properti

Lampu Pijar

istilah properti

Lampu Pijar

Lampu pijar adalah jenis lampu yang menghasilkan cahaya dengan cara melewati penyaluran saluran listrik melewati filamen yang memanas.

Apa Itu Lampu Pijar?

lampu pijar

Walaupun saat ini teknologi pencahayaan semakin berkembang dengan hadirnya lampu LED, tetapi di Indonesia lampu pijar masih banyak digunakan. Banyak orang yang masih menggunakan lampu satu ini sebagai pencahayaan utama di dalam rumah.

Lampu pijar, atau disebut juga dengan nama incandescent lamp, adalah jenis lampu yang menghasilkan cahaya dengan cara melewati penyaluran saluran listrik melewati filamen yang memanas.

Berbeda dengan sumber cahaya lampu LED yang berasal dari bola lampu dan cahaya yang dihasilkan tidak menghasilkan panas. 

Ciri khas lampu pijar adalah bentuk bola kaca yang di dalamnya terdapat kawat pijar. Walaupun tak seterang LED, tetapi lampu ini tetap digemari karena harganya yang sangat terjangkau.  

Selain menyinari ruangan, lampu bohlam pijar juga biasa dipasang sebagai penerangan kafe untuk memberikan kesan hangat dan estetik yang berasal dari warna cahaya dari lampu pijar tampak berwarna kuning kemerahan. 

Karakteristik Lampu Pijar

Ada beberapa karakteristik lampu satu ini yang membedakannya dengan jenis pencahayaan lainnya. Berikut ini beberapa karakteristiknya:

1. Cahaya Tidak Terlalu Terang

Dari cahaya yang dihasilkan, incandescent lamp memang tidak menghasilkan cahaya yang terang layaknya LED maupun teknologi lampu terkini lainnya.

Maka dari itulah, jenis lampu ini lebih baik digunakan sebagai lampu tambahan yang sifatnya sebagai task lighting atau accent lighting seperti untuk lampu meja dan lampu lukisan. 

2. Usia Pemakaian

Dari segi usia, lampu ini memang tidak bisa mencapai tahunan. Rata-rata, lampu pijar dapat bertahan selama 1.000 jam jika digunakan 10 jam per hari. 

Artinya, lampu ini hanya bertahan selama 3-4 bulan saja. Berbeda dengan lampu LED yang diklaim mampu bertahan selama belasan tahun. Jika melihat dari perbedaan harganya, maka tak heran jika usianya tidak panjang. 

3. Warna Cahaya yang Dihasilkan

Inilah yang menjadi ciri khas dari lampu bohlam pijar, yaitu warna cahaya yang dihasilkan. Lampu satu ini memancarkan warna kuning terang. 

Hal ini karena efisiensinya memang cukup rendah. Jadi tak perlu heran, kalau cahaya yang dipancarkan kurang terang.

4. Pancaran Hangat  

Lalu, dari pancaran yang dihasilkan lampu pijar adalah hangat. Pins akan merasakan nuansa klasik pada sebuah ruangan yang memakai lampu ini. 

Karena efek hangat yang dihasilkan, maka lampu ini banyak digunakan oleh peternak ayam untuk membantu proses pengeraman telur.

Cara Kerja Lampu Pijar

lampu pijar

Komponen utama dari incandescent lamp adalah bola lampu yang terbuat dari kaca, filamen yang terbuat dari wolfram, dasar lampu yang terdiri dari filamen, bola lampu, gas pengisi, dan kaki lampu.

Incandescent lamp bekerja karena filamen yang dipanaskan berada di dalam cangkang kaca atau bola dunia yang dievakuasi dan dibiarkan sebagai ruang hampa atau diisi dengan gas inert.

Kawat tidak dapat terbakar dalam ruang hampa, dan tidak dapat terbakar jika satu-satunya gas di dalam bohlam adalah inert dan tidak akan bereaksi dengannya.

Aliran arus listrik dalam filamen atau kawat lampu pijar akan menggerakkan elektron-elektron bebas yang dapat menyebabkan terjadi benturan dengan elektron-elektron yang terikat pada inti atom. 

Loncatan elektron antar orbit akan menghasilkan energi berlebih yang dipancarkan sebagai cahaya atau panas, tergantung panjang gelombangnya.

Kelebihan Lampu Pijar

Walaupun lampu ini cenderung boros listrik dan tidak disarankan untuk pemakaian harian, tetapi nyatanya ada beberapa manfaat yang dapat Pins rasakan jika menggunakannya. 

Berikut ini beberapa kelebihan incandescent lamp yang bisa Pins rasakan: 

Dapat Menyesuaikan Tingkat Penerangannya

Meski teknologinya terkesan jadul, tapi pada lampu pijar terdapat pengaturan intensitas cahaya dengan bantuan dimmer.

Hal ini membuat pemiliknya dapat tingkat penerangannya sesuai dengan kebutuhan.

Cahaya Tidak Merubah Warna Asli

Karakteristik incandescent lamp adalah color rendering index mencapai 100 persen. Color rendering index sendiri merupakan kemampuan sumber cahaya untuk membuat warna dan berbagai pemeringkatan warna dari sebuah benda yang terlihat oleh mata manusia.

Artinya, jika Pins memakai lampu ini maka cahaya yang dihasilkan tidak akan merubah warna asli objek yang tertimpa cahaya lampu. Maka dari itulah, lampu ini sering digunakan untuk kebutuhan fotografi. 

Harga Murah

Dibandingkan jenis lampu lainnya, memang incandescent lamp atau lampu pijar termasuk yang termurah. 

Faktor inilah yang membuat banyak orang masih setia pada lambu ini. Terlebih, lampu ini juga mudah ditemukan di toko elektronik hingga warung kelontong. 

Pemasangan Mudah

Selain murah, proses instalasinya juga tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa memerlukan alat tambahan lainnya. Pins cukup memutar bohlam ke dalam fitting lampu supaya lampu ini bisa nyala.

Efek Menghangatkan 

Lampu satu ini juga bisa memiliki efek menghangatkan. Untuk itulah, Pins bisa menemukan incandescent lamp di peternakan ayam untuk membantu menghangatkan telur. 

Panas yang dihasilkan berasal dari pembakaran filamen yang membuat lampu pijar menghasilkan energi panas di ruangan.  

Nah, itulah informasi mengenai lampu pijar yang dapat disampaikan. Walaupun memiliki keunggulan, banyak orang mulai meninggalkan lampu pijar memiliki kelemahan seperti boros listrik, filamen yang mudah putus, dan membuat ruangan menjadi panas.

Semoga penjelasan ini dapat membantumu, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.