BlogPropertiWujudkan Rumah yang Bersih dengan Cara Yang Tepat
0
0

Wujudkan Rumah yang Bersih dengan Cara Yang Tepat

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 19, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah yang bersihtop-right-banner

Hampir semua orang menyatakan bahwa rumah adalah surga bagi penghuninya. Di tempat inilah Pins membangun istana idaman tanpa gangguan. Namun, tentu saja tidak semua rumah bisa menjadi istana dan surga yang menyenangkan. Rumah yang bersih merupakan salah satu kriteria agar sebuah rumah bisa disebut hunian idaman.

Pinhome – Pins bisa bayangkan apabila rumah yang ditinggal penuh sampah dan berantakan, tentu Pins merasa risih dan tidak betah. Sebaliknya jika rumah terlihat rapi dan bersih pastinya Pins ingin berlama-lama ada di rumah. Karena itulah, Pins harus tetap menjaga agar tempat tinggal Pins selalu menjadi rumah yang bersih.

Baca juga: 9 Ciri Rumah Bersih untuk Hunian yang Sehat

Manfaat Punya Rumah yang Bersih

Sebuah rumah tidak perlu mewah untuk dikatakan sebagai rumah idaman. Justru rumah yang bersih yang selalu diidam-idamkan banyak orang. Hal ini dikarenakan hunian yang bersih bisa membuat Pins ekeluarga merasa nyaman dan sehat. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat yang Pins bisa dapatkan apabila menjaga rumah selalu bersih.

1. Lebih Indah Dilihat

Bayangkan apabila rumah Pins selalu berada dalam keadaan berantakan. Apakah Pins masih merasa nyaman? Apakah rumah tersebut indah dilihat?

Tentu jawabannya tidak. Sebaliknya, rumah yang bersih pasti membuat Pins betah berada di dalamnya karena indah untuk dilihat.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Bersih dan Rapi Setiap Saat

2. Nyaman Dihuni

Manfaat lain dari rumah yang bersih adalah nyaman untuk ditinggali. Ketika barang-barang di rumah tertata rapi dan rumah bebas dari debu, Pins pastinya betah tinggal di rumah.

Seperti yang Pins tahu, kenyamanan merupakan hal utama yang harus dipenuhi dari sebuah hunian. Sehingga, agar Pins merasa nyaman dan betah, rumah harus dijaga agar selalu bersih.

Baca juga: Tips Pindah Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman

3. Kesehatan Penghuni Terjamin

Rumah yang bersih
Source : Pixabay

Rumah yang bersih pasti akan terbebas dari kuman penyebab penyakit. Karena kuman-kuman tersebut lebih menyukai hunian yang berantakan dan kotor.

Apabila rumah Pins lebih sering berada dalam kondisi berantakan dan kotor, itu artinya Pins dan keluarga akan sering terpapar dengan kuman yang meningkatkan kemungkinan Pins untuk jatuh sakit.

Sebaliknya, apabila rumah bersih, maka Pins pun bisa jadi lebih sehat karena tidak terpapar dengan kuman penyebab penyakit.

Baca juga: Ciri Rumah Bersih untuk Hunian yang Sehat

Cara Membuat Rumah Selalu Bersih

Menyapu dan mengepel rumah saja tidak lantas dapat membuat rumah menjadi bersih dan rapi. Ada banyak hal yang Pins harus lakukan untuk membuat hunian menjadi rumah yang bersih. Nah, kira-kira bagaimana ya, agar rumah selalu terlihat rapi, bersih dan sedap dipandang?

Baca juga: 16 Manfaat Memiliki Halaman Rumah yang Bersih

1. Fokus Pada Benda-Benda Kecil

Ketika Pins akan mulai membersihkan rumah, apa yang Pins lakukan pertama kali? Salah satu cara efektif agar rumah terlihat bersih adalah dengan membersihkan benda-benda kecil di sekeliling rumah.

Pins tidak perlu melakukan hal-hal yang melelahkan terlebih dahulu seperti menyapu atau mengepel untuk menciptakan rumah yang bersih. Pins bisa lihat ke sekeliling rumah, siapa tahu ada tumpukan baju yang belum dilipat atau buku dan barang-barang yang berserakan di lantai.

Mulailah dari membereskan barang-barang kecil tersebut. Ketika Pins selesai membereskan barang-barang kecil tersebut, Pins akan menyadari perbedaan kondisi rumah.

Baca juga: Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian

2. Jangan Melewatkan Area Kamar Tidur

Untuk menciptakan rumah yang bersih sempurna, Pins juga harus membersihkan dan membereskan rumah secara menyeluruh. Salah satu bagian rumah yang tidak boleh luput dari target pembersihan adalah area kamar tidur, lebih tepatnya kasur. Area ini merupakan bagian terpenting dalam proses membersihkan rumah.

Pins tahu tidak, ternyata setiap hari Pins mengeluarkan serpihan-serpihan kulit, dan kasur adalah tempat dimana serpihan kulit paling banyak ditemukan. Memang, serpihan kulit ini tidak membahayakan Pins secara langsung, tetapi serpihan ini bisa menimbulkan alergi dan merupakan makanan bagi tungau.

Oleh karena itu, agar terbebas dari serpihan kulit, Pins perlu mencuci seprai di tempat tidur setiap seminggu sekali. Dengan begitu, Pins bisa selangkah lagi menuju rumah yang bersih.

Baca juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

3. Kurangi Koleksi Yang Tidak Perlu

Salah satu hal yang menghalangi Pins untuk membuat hunian menjadi rumah yang bersih adalah koleksi benda-benda yang tidak perlu. Hal ini dikarenakan benda-benda koleksi tersebut kerap kali memenuhi rumah Pins.

Itu bisa membuat Pins malas untuk membereskan atau bahkan membersihkan rumah beserta benda koleksi tersebut. Tidak hanya itu, keberadaan benda koleksi yang tidak penting dan tidak pada tempatnya  justru bisa membuat rumah terlihat pengap, sumpek dan kotor.

Oleh karena itu, sebelum Pins mengumpulkan benda koleksi, ada baiknya Pins mempertimbangkan penting atau tidaknya benda tersebut. Hal ini dilakukan demi mewujudkan rumah yang bersih.

Baca juga: Desain Rumah Berkarakter Kayu Unik dan Kekinian

4. Jangan Lupakan Kebersihan Karpet

Rumah yang bersih
Source : Pixabay

Bagi Pins yang memiliki karpet di rumah, benda ini tidak boleh tidak menjadi target pembersihan demi rumah yang bersih. Meski sulit terlihat, karpet seringkali menjadi sarang bagi debu dan bulu-bulu hewan yang berkeliaran. Apabila tertiup angin, kotoran yang ada di karpet bisa membuat Pins alergi.

Karena itu saat membersihkan rumah, pastikan karpet Pins juga turut dibersihkan. Pins tidak perlu membersihkan karpet setiap hari, cukup seminggu sekali menggunakan mesin penyedot debu jika ukuran karpet besar. Dengan begitu, karpet akan selalu berada dalam keadaan bersih dan rumah yang bersih pun bisa segera diwujudkan.

Baca juga: Pilihan Model Karpet Kamar Mandi Anti Licin

5. Jangan Bekerja Sendiri

Membersihkan rumah bukanlah perkara yang ringan, karena itu tidak aneh jika Pins meminta bantuan pada anggota keluarga untuk turut membantu. Dengan begitu Pins dapat segera mewujudkan rumah yang bersih.

Apabila Pins yang membersihkan rumah tanpa bantuan, tentunya Pins akan kewalahan dan waktu yang dibutuhkan pun sangat lama. Hal ini tidak akan terjadi apabila Pins meminta bantuan kepada anggota keluarga yang lain.

Karena semakin banyak orang maka proses pembersihan rumah akan semakin cepat. Selain itu, Pins juga tidak akan merasa terlalu lelah karena beban kerja telah dibagi-bagi. Hasilnya, rumah yang bersih bukan lagi sekadar mimpi.

Baca juga: Trend Pekerjaan Baru dari Masa Pandemi Covid-19

6. Fokus Pada Satu Ruangan

Proses membersihkan rumah merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Karena itu Pins tidak perlu terburu-buru untuk membuat hunian Pins menjadi rumah yang bersih. Saat membersihkan rumah, Pins sebaiknya menahan diri untuk berpindah-pindah ruangan saat belum bersih.

Fokuskan terlebih dahulu pada satu ruangan dan bersihkan ruangan tersebut hingga menyeluruh. Dengan begitu, debu yang ada pada ruangan terdahulu tidak menyebar ke ruangan lainnya. Alhasil, semua ruangan menjadi bersih mengkilap dan rumah yang bersih pun Pins bisa segera lihat.

Rumah bersih dan rapi merupakan rumah idaman bagi sebagian orang, bukan rumah yang mewah atau bagus. Kondisi rumah yang rapi dan bersih bisa memperbaiki mood seseorang sekaligus menjaga kesehatan Pins.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada kuman yang betah hidup di rumah yang bersih. Karena itu penting bagi Pins untuk menjaga rumah agar selalu terawat dan bersih.

Baca juga:

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download