BlogHome ServiceKebersihan Rumah6 Cara Membersihkan Rumah dengan Metode Deep Cleaning
0
0

6 Cara Membersihkan Rumah dengan Metode Deep Cleaning

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 19, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penulis: Anisah Erika

Membersihkan rumah adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk menciptakan rumah nyaman dan sehat. Mengutip dari Kemkes.go.id, rumah sehat adalah tempat berlindung dan tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani, dan sosial.

Lingkungan yang bersih dan sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan orang sekitar, maka sebaiknya Pins ikut berperan dalam menciptakan lingkungan nyaman dan sehat dimulai dari rumah sendiri. Bayangkan jika kamu memiliki Rumah Ekslusif yang indah seperti Mutiara Gading City ataupun rumah bekas di Bekasi lainnya, namun kondisi rumah tidak bersih. Tentu saja penghun yang ada di dalam rumah tidak nyaman untuk menempatinya.

Lalu, bagaimana cara membersihkan rum

Apa Itu Deep Cleaning?

Source : Unsplash

Deep cleaning adalah cara membersihkan rumah secara mendalam dan menyeluruh untuk membersihkan bagian-bagian tersembunyi yang sulit dijangkau dan membersihkan noda atau kotoran yang sulit dibersihkan dengan pembersihan biasa (regular cleaning). Proses ini akan membantu untuk menghilangkan kuman, alergi, debu, dan jamur. 

Metode deep cleaning ini memang tidaklah mudah, itulah kenapa beberapa orang memutuskan untuk menggunakan jasa profesional seperti Pinhome Service. Jasa dari Pinhome ini memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai jasa yang ditawarkan mulai dari beli rumah hingga urusan bersih-bersih rumah hanya dengan satu aplikasi. 

Dalam Pinhome Home Service ada jasa untuk melayani pencucian furnitur dan pembersihan ruangan dengan peralatan dan perlengkapan khusus. Layanan deep cleaning yang diberikan meliputi: cuci jok mobil, cuci tirai, cuci kursi makan/ kantor, cuci perlengkapan bayi, dan vakum tungau beberapa peralatan di rumah seperti sofa dan karpet. 

Meskipun metode ini sulit untuk dilakukan karena Pins perlu disiplin dan detail, bukan berarti Pins tidak bisa melakukannya sendiri. Berikut ini tips agar Pins bisa membersihkan rumah dengan metode deep cleaning sendiri di rumah. 

Baca juga : 

Cara Membersihkan Rumah dengan Metode Deep Cleaning

Mengutip dari Better Homes & Gardens, berikut adalah cara membersihkan rumah yang efektif dengan menggunakan metode deep cleaning

1. Mulai dengan Declutter

deep cleaning
Source : Pexels

Decluttering adalah langkah awal dari kegiatan bersih-bersih. Pilih barang yang masih terpakai dan tidak terpakai untuk meminimalisir terjadinya penumpukan barang. Dengan begitu ruangan Pins akan terlihat lebih luas dan nyaman dipandang.

2. Bersihkan dari Atas Hingga ke Bawah

deep cleaning
Source : Pexels

Cara yang efektif dalam membersihkan rumah adalah dengan memulai dari bagian atas. Bersihkan model plafon minimalis kamu, langit-langit rumah, tempat-tempat yang tinggi, besar, dan sulit dijangkau.  Jika rumah Pins bertingkat, bisa juga memulai dengan lantai paling atas disusul ke lantai bawah. Ini memungkinkan pekerjaan menjadi efektif dan efisien. 

3. Membersihkan Jendela Secara Menyeluruh

deep cleaning
Source : Pexels

Agar rumah terlihat kinclong dari luar, alangkah baiknya melakukan pembersihan menyeluruh pada jendela. Bersihkan dari bagian kusen, lalu semprotkan cairan pembersih pada jendela dan bersihkan dengan lap microfiber. Sebaiknya Pins menyeka permukaan kaca satu arah di bagian dalam dan arah lainnya di bagian luar.  

4. Jangan Lupa Bersihkan Tirai 

decluttering
Source : Pexels

Tirai juga bisa menjadi sarang debu jika tidak dibersihkan. Pins bisa membersihkan tirai dengan vacuum cleaner atau sikat tipis. Jika dirasa tirai sangat kotor, Pins bisa mencuci dan mengeringkannya agar lebih bersih. Tetap perhatikan petunjuk pencucian dari bahan tirai, ya!

5. Hilangkan Semua Debu

deep cleaning
Source : Pexels

Debu dan kotoran adalah sumbernya penyakit, terutama bagi yang memiliki asma dan penyakit pernafasan. Maka, membersihkan debu adalah hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin dan menyeluruh. Bersihkan debu dari permukaan yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain lembut, kemoceng, dan cairan pembersih. 

6. Membersihkan Lantai Secara Menyeluruh

membersihkan rumah
Source : Pexels

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Pins perlu menggeser terlebih dahulu semua furnitur dan bersihkan lantai di bawahnya. Jika di rumah ada karpet, Pins juga bisa menyewa jasa deep cleaning untuk vakum debu dan tungau pada karpet. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Secara Optimal

Pengalaman Saya Cuci Mobil Menggunakan Aplikasi Pinhome Service

Source : Dok. Pribadi Anisah Erika

Pengalaman saya mencuci mobil menggunakan jasa Pinhome Service cukup memuaskan. Mulai dari memesan layanan di aplikasi sangat mudah dan jelas. Pinhome pun membantu untuk pencarian rekan jasa yang terbaik. Setelah melakukan pemesanan, Saya tinggal menunggu datangnya rekan jasa dan melacaknya lewat aplikasi. Harga cukup bersaing, mulai dari Rp 65.000 untuk cuci reguler dan Rp 250.000 untuk cuci seluruh mesin. Pins juga bisa memilih menggunakan metode waterless untuk lebih menghemat air atau metode cuci biasa.

Rekan jasa datang lebih awal dari jadwal yang direncanakan. Saat datang rekan jasa sudah membawa semua peralatan dan langsung mengerjakan pencucian mobil. Proses pengerjaan rapi dan rekan jasa cekatan dalam melakukan tugasnya. Rekan jasa melakukan pembersihan dari dalam dan luar secara menyeluruh. Proses pencucian mobil berlangsung kurang lebih selama satu jam sesuai dengan estimasi di aplikasi. 

Hasil yang didapatkan optimal, mobil jadi bersih, wangi, dan kinclong. Saya pun bisa bersantai di rumah bersama keluarga selama menunggu proses cuci mobil. Jika Pins ingin mencobanya bisa langsung pesan di aplikasi Pinhome. Pinhome membantu semua urusan hunian hanya dengan satu klik. Pinhome selalu #PintarUrusanHunian. 

Nah, itulah beberapa cara membersihkan rumah secara menyeluruh untuk membuat rumah bersih, nyaman, dan sehat. Metode deep cleaning tidak hanya digunakan untuk membersihkan rumah, tapi bisa juga untuk mobil. Mobil yang bersih dan kinclong akan nyaman digunakan kemana-mana. Hidup lebih sehat dimulai dari rumah dan kendaraan yang bersih dan nyaman.

Semoga tips di atas bisa Pins praktekkan di rumah, ya! Selamat mencoba!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download