Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bekerja dari Rumah: Trend Pekerjaan Baru dari Masa Pandemi COVID-19

Lifestyle

Bekerja dari Rumah: Trend Pekerjaan Baru dari Masa Pandemi COVID-19

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Kebijakan bekerja di rumah menjadi alternatif tindakan yang mau tak mau diambil oleh beberapa sektor industri untuk bertahan di masa pandemic COVID-19. Setelah memasuki kurva melandai dan tingkat penyebaran mulai menurun, bekerja dari rumah menjadi alternatif cara bekerja yang baru. Namun yang kemudian menjadi pertanyaan, apakah metode bekerja di rumah akan selalu efektif dan efisien?

Anggapan umum soal bekerja dari rumah bukan menjadi hal yang efektif dan efisien sudah terbentuk sejak lama.  Masa pandemi ini seakan menjadi waktu pembuktian bagi industri professional akan esensi dari metode bekerja di rumah. Ada sebagian yang berhasil membuktikan bahwa bekerja dari rumah merupakan sesuatu yang produktif dan juga serius, ada juga sebagian yang jujur bahwa mereka sebenarnya tidak begitu menyukai bekerja dari rumah dan memilih untuk langsung bekerja di lapangan ataupun kantor mereka masing-masing.

Supaya adil, Pins. Kita perlu sama-sama mengkaji kelebihan ataupun kekurangan dari metode bekerja dari rumah. Hal ini juga penting untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiennya metode ini untuk para pekerja. Terlepas dari apa saja jenis pekerjaan dari masing-masing individu ya. Pertama-tama, Pins harus tahu bahwa yang bekerja dari rumah itu macamnya ada banyak, lho!

Macam-macam pekerjaan yang dilakukan dari rumah

1. Remote Employee

Untuk remote employee, biasanya Pins akan dipekerjakan oleh suatu perusahaan, namun tidak terkena kewajiban untuk datang ke tempat atau kantor. Sebaliknya, mereka atau pihak perusahaan lebih menyenangi jika Pins bisa menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau dimanapun Pins mau. Karena kamu tetap menjadi bagian dari team sebuah pekerjaan, maka seringkali Pins diberikan jadwal yang harus Pins turuti. Hal ini biasanya menyangkut jam mulai atau jam selesainya tugas, jadwal meeting hingga jumlah jam produktif Pins setiap harinya. Meskipun Pins tidak puas menikmati fleksibilitas waktu, namun paling tidak pekerjaan dan pendapatan Pins bisa terjamin.

2. Freelancer

Dalam hal ini, biasanya Pins menawarkan jasa keahlian tertentu kepada pihak kedua dan diberi kebebasan untuk menyelesaikan pekerjaan di mana pun Pins mau. Jadi, hal ini bergantung pada kemauan sendiri soal jenis project apa yang sedang dipegang dan berapa lama Pins bisa bekerja dalam sehari. Hal yang penting untuk dinegosiasikan adalah kapan Pins harus bekerja, kapan deadline yang harus dipenuhi ataupun jika ada meeting bersama sekali-kali. Kenyataannya, meskipun Pins mendapatkan kebebasan total dan bisa mengatur sendiri rutinitas pekerjaan yang dimiliki, pendapatan Pins tidak begitu aman dan Pins harus terus mencari klien baru setiap saat serta memberikan performa terbaik kepada klien yang saat ini dipegang.

3. Business Owner

Sebagai seorang pemilik usaha, Pins menjadi bos untuk diri sendiri dan tidak harus bekerja untuk orang lain. Pins juga bebas bekerja dimanapun Pins mau, bekerja sebanyak apapun yang Pins bisa dan dengan waktu yang sudah Pins alokasikan sendiri. Hanya saja, sebagai seorang business owner, Pins diharuskan untuk berpikir kreatif agar bisa mengembangkan bisnis milikmu. Meskipun Pins memiliki fleksibilitas maksimal, tapi Pins menjadi penentu datangnya pemasukan bagi dirimu sendiri. Tak jarang, Pins juga dituntut untuk menginvestasikan uang yang dimiliki, mendapatkan bantuan dan sudut pandang baru dari rekan bisnis ataupun mempekerjakan beberapa orang untuk membuat bisnis semakin sukses.

Oke, lanjut ya. Sekarang Pins lebih baik mengetahui keuntungan yang bisa didapat dari bekerja di rumah ya. Perlu diingat, poin-poin keuntungan ini didapat dari pengalaman bekerja di rumah bagi berbagai macam pihak, Pins.

Keuntungan bekerja dari rumah

1. Tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi

Dengan bekerja di rumah, Pins tidak perlu berdesak-desakan di KRL, tidak perlu mengantri panjang di Bis atau tidak perlu menyetir lama dengan kendaraan pribadinya, hanya untuk menuju kantor. Apalagi bagi Pins yang bekerja di kota-kota besar, kemacetan seakan sudah menjadi makanan sehari-hari. Macet tidak hanya membuat stress sekaligus menyita waktu, tapi juga menekan dan mengancam kesehatan mental kita. Bayangin deh, kalau setiap hari sudah lelah berkendara dan bertransportasi menuju kantor, bekerja pun rasanya agak tidak konsentrasi ya. Mau tak mau, kita harus mencari banyak cara lainnya untuk sekedar meningkatkan mood. Dengan bekerja dari rumah, kita bisa membangun pola kerja yang sehat dan paling tidak meminimalisir kemungkinan stress dari kemacetan.

2. Menghemat waktu

Jika biasanya begitu bangun kita harus menghabiskan waktu untuk mandi, bersiap-siap dan menerobos kemacetan, kerja di rumah menawarkan kesempatan untuk menarik nafas dan memberikan waktu Me Time sebelum Pins memulai rutinitas pekerjaan. Bukan rahasia lagi kalau hanya dari satu kali perjalanan saja, kita bisa menghabiskan waktu 2 – 3 jam di tengah – tengah kemacetan. Itu baru satu kali perjalanan, Pins. Kalau satu hari? Bisa 4 – 6 jam, coba ditotal dalam satu bulan? Wow, sangat terbuang sia-sia, ya, waktu kita. Apalagi kalau dalam kenyataannya, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk menikmati tidur yang lebih lama, berolahraga, menikmati sarapan, memanjakan diri atau berbincang dengan orang-orang terkasih.

3. Menghemat uang

Tidak ada lagi pengeluaran untuk bensin dan transportasi lagi, biaya perawatan untuk kendaraan pun bisa jauh dikurangi karena penggunaannya tidak se-insentif dulu lagi. Kebayang kan berapa banyak yang bisa kita hemat hanya dengan bekerja di rumah saja? Belum lagi, Pins bisa menghemat pengeluaran untuk membeli baju kantor dan cukup memakan makanan di rumah saja daripada membeli makanan di daerah kantor yang harganya aduhaai.

4. Kenyamanan

Wah, ini dia keuntungan yang tak ada bandingan harganya, Pins! Bekerja dari rumah tidak mengharuskan kamu memakai kemeja yang rapi. Hanya saja tetap usahakan memakai pakaian yang rapi, wangi dan pastinya nyaman agar Pins semakin semangat bekerja. Kalau misalnya Pins sedang tidak mood, Pins bisa tetap bekerja hanya dengan membungkus diri dengan selimut tebal dan duduk di kursi yang nyaman. Tapi, tetap ingat untuk selalu mengutamakan produktivitas ya, meski nyaman bukan berarti Pins bisa bermalas-malasan.

5. Punya kesempatan lebih untuk memaknai hidup

Ketika Pins sudah memutuskan untuk bekerja dari rumah, otomatis waktu yang dimiliki menjadi jauh lebih panjang. Waktu yang berharga ini bisa Pins habiskan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Sederhananya, jika Pins memiliki waktu kerja yang fleksibel, kita bisa bermain dengan anak dan mengobrol dengan orang terkasih di pagi atau sore hari, ataupun di waktu kapanpun kita bisa. Kini Pins juga bisa menghadiri berbagai acara di sekolah anak ataupun berbagai event keluarga tanpa harus mengorbankan apapun.

Tidak hanya meningkatkan hubungan dengan keluarga dan berbagai orang-orang terkasih, Pins juga bisa meluangkan waktu untuk berinvestasi kepada diri sendiri. Pins bisa memulai mempelajari kemampuan dan pengetahuan baru. Kita bisa menjadi versi terbaik apapun yang kita mau, kapan dan dimana saja.


Terbukti ternyata di masa sekarang, rumah kembali menjadi kebutuhan primer yang tak dapat dianggap sepele, Pins! Investasi untuk membeli rumah sebaiknya dilakukan sedini mungkin karena niscaya akan mengurangi beban kita di masa mendatang.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel