BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Warna Cat Tembok Samping Rumah untuk Kesan Sejuk dan Tahan Cuaca
0
0

10 Warna Cat Tembok Samping Rumah untuk Kesan Sejuk dan Tahan Cuaca

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mewujudkan hunian idaman tidak hanya dilihat dari desain, fasilitas, dan fitur interiornya saja, melainkan juga mempertimbangkan cat tembok rumah yang digunakan. Berhubungan dengan warna cat tembok samping rumah, sudahkah kamu memutuskan warnanya, Pins?

Alasan mengapa banyak orang cukup lama dalam mempertimbangkan cat tembok rumah adalah karena cat mempengaruhi kesan yang ingin dimunculkan. Apabila kamu masih bingung dalam mencari cat tembok samping rumah yang memberikan kesan sejuk dan tahan cuaca, yuk cek 10 rekomendasinya berikut.

Baca juga: Daftar Harga Cat Tembok Plus Tips Memilih Cat yang Tepat

Coklat Tua

Source : Freepik

Penggunaan cat coklat tua sering dikaitkan dengan kesan yang hangat dan klasik. Cat tembok coklat tua merupakan solusi bagi kamu yang menyukai model rumah di daerah pedesaan atau dataran tinggi yang terbuat dari dinding kayu.

Namun, jika kamu merasa warna ini terlalu gelap untuk ditempatkan pada bagian dinding samping rumah, kamu bisa menggunakan alternatif warna yang lebih cerah. Misalnya saja adalah warna coklat muda atau mocca. Sama seperti coklat tua, kedua warna ini juga memberikan kesan hangat dan lembut untuk hunian. 

Putih

Source : Freepik

Cat putih masuk dalam jajaran cat yang difavoritkan oleh banyak pemilik rumah. Baik itu untuk bagian dinding interior maupun eksterior rumah. Terutama bagi penghuni rumah yang memiliki konsep hunian minimalis, cat putih paling sering menjadi warna utama untuk melapisi bagian tembok rumah.

Tambahkan elemen kayu pada bagian pintu ataupun jendela, konsep minimalisnya akan semakin menonjol. Sedikit kekurangannya, noda atau kotoran yang menempel di dinding putih bisa terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, sebaiknya pilih cat putih dengan formula yang mudah dibersihkan.

Bagi Pins yang sedang mencari rumah minimalis dengan warna ini, kamu bisa mengecek perumahan di Bandung Grand Sharon Residence. Namun, jika menginginkan hunian di Bandung yang lebih menepi dari hiruk pikuk kota, ada beberapa perumahan minimalis lainnya di Bandung Barat. Nah, apabila tertarik membelinya melalui KPR, kamu bisa mengecek kelayakan KPR di layanan Pinhome.

Biru Navy

Source : Freepik

Untuk Pins yang tidak suka warna biru terang, kamu bisa mencoba mengganti warna cat tembok samping rumah dengan biru navy. Biru navy atau biru dongker adalah warna yang sering dihubungkan dengan ketenangan untuk pikiran dan tubuh.   

Untuk kamu yang ingin mewujudkan kesan tersebut, jangan ragu untuk memilih cat tembok ini. Disamping itu, biru navy juga akan memberikan sejuk dan nyaman. Selain untuk bagian eksterior, cat ini juga bagus digunakan untuk bagian dalam rumah.

Baca juga: Cara Mengecat Tembok Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

Teal

Source : Freepik

Apakah kamu pernah mendengar nama warna teal, Pins? Meski penyebutan warna ini jarang digunakan, tetapi mungkin kamu sudah terbiasa melihat warnanya. Bisa dikatakan, teal adalah kombinasi antara hijau tua dan biru yang menghasilkan shade baru yang cantik. 

Meskipun tone-nya agak gelap, tetapi perpaduan kedua warna yang mewakili alam tersebut akan memberikan kesan sejuk. Penggunaan cat tembok samping rumah ini bisa digunakan untuk hunian di daerah pedesaan maupun perkotaan. Selain itu, teal sangat cocok dijadikan sebagai cat tembok samping rumah bagi kamu yang menyukai dengan gaya rumah vintage, lho.

Maroon

Source : Freepik

Dari segi psikologi warna, maroon dikaitkan dengan kepercayaan diri, tegas, serta elegan. Maroon yang sering dikategorikan sebagai warna mencolok, menjadi salah satu shade yang juga direkomendasikan sebagai warna cat tembok samping rumah. 

Namun dikarenakan tone-nya lebih ke arah gelap, kamu tidak perlu khawatir tampilan dinding luar rumahmu akan terlihat aneh. Keuntungan lain dengan memilih warna ini adalah noda yang menempel pada permukaan tembok tidak akan terlihat jelas.

Kuning

Source : Freepik

Ragu menggunakan cat kuning karena khawatir warnanya terlalu mencolok? Ada berbagai alternatif shade kuning yang dapat kamu gunakan untuk melapisi dingin rumah luar. Misalnya saja adalah lemon, mustard, dan honey. 

Selain terlihat menarik, penggunaan cat kuning juga memberikan nuansa ceria dan semangat. Nah, jika Pins suka dengan kombinasi warna cat pada bagian tembok luar rumah, kamu bisa memadukannya dengan cat dinding abu-abu, putih, ataupun hijau. 

Abu-abu

Source : Freepik

Sering dianggap memberikan kesan suram karena berwarna gelap, sebenarnya cat abu-abu juga bisa mempercantik tembok sampik hunian. Abu-abu tersedia dalam banyak tone warna dari yang light hingga dark. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kecerahan yang kamu inginkan. 

Penggunaan warna ini akan semakin menegaskan konsep hunian minimalis dan elegan. Jika pilihan tone warna abu-abu cukup gelap, kamu bisa menggunakan warna kombinasi untuk cat dinding luar rumah dengan tone warna yang bright.

Biru Pastel

Source : Freepik

Biru pastel yang menyerupai warna biru langit yang cerah dapat kamu jadikan sebagai pilihan cat tembok samping rumah. Kesan yang didapatkan dengan menggunakan cat ini, bagian luar rumah akan memancarkan nuansa yang tenang dan sejuk. 

Dari sisi psikologis pun biru pastel sering dihubung-hubungkan dengan kelembutan dan keceriaan. Warna ini bisa dijadikan sebagai opsi bagi kamu yang bosan dengan warna putih.

Beige

Source : Freepik

Sedang mencari alternatif warna terang yang mendekati putih lainnya? Coba aplikasikan cat beige, Pins. Cat ini termasuk ke dalam kelompok warna netral, sehingga membuatnya dapat dipadukan dengan warna lainnya. 

Kesan yang dimunculkan dari beige adalah kesan yang tenang dan hangat. Oleh karena itu, untuk Pins yang tidak mau pusing untuk menyesuaikan cat dengan konsep desain, kamu bisa menjadikan cat beige sebagai pilihan.

Pink Pastel

Source : Freepik

Untuk pemilik rumah yang ingin menyematkan sedikit elemen feminin pada huniannya, perlu melapisi cat pink pastel. Berbeda dari pink biasa yang warnanya cukup bold, untuk pink pastel dari segi tone-nya lebih lembut dan terang.

Apabila kamu ingin menetralkan sedikit kesan feminin dari penggunaan cat pink pastel, kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna lainnya. Misalnya saja adalah abu-abu dan hijau. Dari segi karakteristiknya, pink pastel dilambangkan mewakili kebahagiaan dan keceriaan.

Baca juga: 12 Cara Mengecat Tembok dan Tekniknya yang Benar Agar Hasil Mulus

Meski sebenarnya warna cat tembok samping rumah bisa disamakan dengan warna cat dinding tembok keseluruhan, tetapi dengan mempertimbangkannya dapat lebih mempercantik hunianmu, Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, The Mansion dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download