BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Warna Cat Tembok Samping Rumah untuk Kesan Sejuk
0
0

15 Warna Cat Tembok Samping Rumah untuk Kesan Sejuk

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Feb 28, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mewujudkan hunian idaman tidak hanya dilihat dari desain, fasilitas, dan fitur interiornya saja, melainkan juga mempertimbangkan cat tembok rumah yang digunakan. Berhubungan dengan warna cat tembok samping rumah, sudahkah kamu memutuskan warnanya, Pins? Simak artikel ini untuk mendapatkan referensi warna cat tembok samping rumah!

Kamu dapat melakukan penelusuran rumah yang cocok berdesain indah untuk ditinggali di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Ketahui perkiraan atau estimasi jumlah biaya KPR sebelum kamu mengajukan KPR pada Bank tertentu di Kalkulator KPR.

Baca juga: Daftar Harga Cat Tembok Plus Tips Memilih Cat yang Tepat

Warna Cat Tembok Samping Rumah untuk Kesan Sejuk dan Tahan Cuaca

Alasan mengapa banyak orang cukup lama dalam mempertimbangkan cat tembok rumah adalah karena cat mempengaruhi kesan yang ingin dimunculkan. Apabila kamu masih bingung dalam mencari cat tembok samping rumah yang memberikan kesan sejuk dan tahan cuaca, yuk cek rekomendasinya berikut:

1. Coklat Tua

Source : Freepik

Penggunaan cat coklat tua sering dikaitkan dengan kesan yang hangat dan klasik. Cat tembok coklat tua merupakan solusi bagi kamu yang menyukai model rumah di daerah pedesaan atau dataran tinggi yang terbuat dari dinding kayu.

Namun, jika kamu merasa warna ini terlalu gelap untuk ditempatkan pada bagian dinding samping rumah, kamu bisa menggunakan alternatif warna yang lebih cerah. Misalnya saja adalah warna coklat muda atau mocca. Sama seperti coklat tua, kedua warna ini juga memberikan kesan hangat dan lembut untuk hunian. 

2. Putih

Source : Freepik

Cat putih masuk dalam jajaran cat yang difavoritkan oleh banyak pemilik rumah. Baik itu untuk bagian dinding interior maupun eksterior rumah. Terutama bagi penghuni rumah yang memiliki konsep hunian minimalis, cat putih paling sering menjadi warna utama untuk melapisi bagian tembok rumah.

Tambahkan elemen kayu pada bagian pintu ataupun jendela, konsep minimalisnya akan semakin menonjol. Sedikit kekurangannya, noda atau kotoran yang menempel di dinding putih bisa terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, sebaiknya pilih cat putih dengan formula yang mudah dibersihkan.

Baca juga: 12 Kombinasi 3 Warna Cat Kamar Tidur yang Serasi

3. Biru Navy

Source : Freepik

Untuk Pins yang tidak suka warna biru terang, kamu bisa mencoba mengganti warna cat tembok samping rumah dengan biru navy. Biru navy atau biru dongker adalah warna yang sering dihubungkan dengan ketenangan untuk pikiran dan tubuh.   

Untuk kamu yang ingin mewujudkan kesan tersebut, jangan ragu untuk memilih cat tembok ini. Disamping itu, biru navy juga akan memberikan sejuk dan nyaman. Selain untuk bagian eksterior, cat ini juga bagus digunakan untuk bagian dalam rumah.

Baca juga: Cara Mengecat Tembok Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Teal

Source : Freepik

Apakah kamu pernah mendengar nama warna teal, Pins? Meski penyebutan warna ini jarang digunakan, tetapi mungkin kamu sudah terbiasa melihat warnanya. Bisa dikatakan, teal adalah kombinasi antara hijau tua dan biru yang menghasilkan shade baru yang cantik. 

Meskipun tone-nya agak gelap, tetapi perpaduan kedua warna yang mewakili alam tersebut akan memberikan kesan sejuk. Penggunaan cat tembok samping rumah ini bisa digunakan untuk hunian di daerah pedesaan maupun perkotaan. Selain itu, teal sangat cocok dijadikan sebagai cat tembok samping rumah bagi kamu yang menyukai dengan gaya rumah vintage, lho.

5. Maroon

Source : Freepik

Dari segi psikologi warna, maroon dikaitkan dengan kepercayaan diri, tegas, serta elegan. Maroon yang sering dikategorikan sebagai warna mencolok, menjadi salah satu shade yang juga direkomendasikan sebagai warna cat tembok samping rumah. 

Namun dikarenakan tone-nya lebih ke arah gelap, kamu tidak perlu khawatir tampilan dinding luar rumahmu akan terlihat aneh. Keuntungan lain dengan memilih warna ini adalah noda yang menempel pada permukaan tembok tidak akan terlihat jelas.

Baca juga: 15 Rekomendasi Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

6. Kuning

Source : Freepik

Ragu menggunakan cat kuning karena khawatir warnanya terlalu mencolok? Ada berbagai alternatif shade kuning yang dapat kamu gunakan untuk melapisi dingin rumah luar. Misalnya saja adalah lemon, mustard, dan honey. 

Selain terlihat menarik, penggunaan cat kuning juga memberikan nuansa ceria dan semangat. Nah, jika Pins suka dengan kombinasi warna cat pada bagian tembok luar rumah, kamu bisa memadukannya dengan cat dinding abu-abu, putih, ataupun hijau. 

7. Abu-abu

Source : Freepik

Sering dianggap memberikan kesan suram karena berwarna gelap, sebenarnya cat abu-abu juga bisa mempercantik tembok sampik hunian. Abu-abu tersedia dalam banyak tone warna dari yang light hingga dark. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kecerahan yang kamu inginkan. 

Penggunaan warna ini akan semakin menegaskan konsep hunian minimalis dan elegan. Jika pilihan tone warna abu-abu cukup gelap, kamu bisa menggunakan warna kombinasi untuk cat dinding luar rumah dengan tone warna yang bright.

Baca juga: 12 Warna Cat Tembok Pink Peach Kekinian yang Tidak Monoton

8. Biru Pastel 

Source : Freepik

Biru pastel yang menyerupai warna biru langit yang cerah dapat kamu jadikan sebagai pilihan cat tembok samping rumah. Kesan yang didapatkan dengan menggunakan cat ini, bagian luar rumah akan memancarkan nuansa yang tenang dan sejuk. 

Dari sisi psikologis pun biru pastel sering dihubung-hubungkan dengan kelembutan dan keceriaan. Warna ini bisa dijadikan sebagai opsi bagi kamu yang bosan dengan warna putih.

9. Beige

Source : Freepik

Sedang mencari alternatif warna terang yang mendekati putih lainnya? Coba aplikasikan cat beige, Pins. Cat ini termasuk ke dalam kelompok warna netral, sehingga membuatnya dapat dipadukan dengan warna lainnya. 

Kesan yang dimunculkan dari beige adalah kesan yang tenang dan hangat. Oleh karena itu, untuk Pins yang tidak mau pusing untuk menyesuaikan cat dengan konsep desain, kamu bisa menjadikan cat beige sebagai pilihan.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon Rumah yang Bagus dan Minimalis

10. Pink Pastel

Source : Freepik

Untuk pemilik rumah yang ingin menyematkan sedikit elemen feminin pada huniannya, perlu melapisi cat pink pastel. Berbeda dari pink biasa yang warnanya cukup bold, untuk pink pastel dari segi tone-nya lebih lembut dan terang.

Apabila kamu ingin menetralkan sedikit kesan feminin dari penggunaan cat pink pastel, kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna lainnya. Misalnya saja adalah abu-abu dan hijau. Dari segi karakteristiknya, pink pastel dilambangkan mewakili kebahagiaan dan keceriaan.

11. Coklat Muda

Source : iStock

Warna cat tembok samping rumah selanjutnya adalah coklat muda. Coklat muda ini seperti warna pepohonan. Jika kamu ingin mengangkat warna yang menggambarkan alam, maka kamu dapat memilih warna satu ini.

Warna coklat muda dapat memberikan kesan yang teduh dan tentunya adem loh Pins.

Baca juga: 8 Warna Cat Ruang Tamu Agar Terlihat Mewah

12. Krem

Source : iStock

Warna cat tembok samping rumah kali ini disarankan berwarna krem. Krem dapat memberikan warna cat rumah kamu terlihat bersejarah dan berkarakter. Menggunakan warna krem sebagai warna tembok samping rumah dapat memberikan kesejukkan dan tentram.

13. Merah Muda Salmon

Source : Orami

Warna cat tembok samping rumah ketiga belas memiliki warna yang sangat soft untuk diaplikasikan pada tembok, yaitu warna merah muda salmon. Merah muda salmon ini dapat memberikan kedaimaian, keceriaan, dan harapan. Warna ini tidak hanya berlaku pada perempuan ya Pins! Jadi tenang saja.

Baca juga: 10 Referensi Warna Cat Tembok Pagar yang Lagi Tren

14. Oranye

Source : iStock

Menginginkan warna yang hangat untuk warna cat tembok samping rumah? Warna oranye bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu loh Pins. Selain memberikan kehangatan, warna oranye ini dapat menggambarkan sang pemilik rumah sebagai orang yang penuh kegembiraan dan penuh semangat.

15. Mustard

Source : iStock

Berikutnya warna cat tembok samping rumah yang menjadi referensimu adalah warna mustard. Warna yang diberikan dari shade kuning ini menjadi rekomendasi terakhir untukmu Pins yang ingin rumahnya tampil rileks sekaligus memberikan perasaan positif bagi yang melihatnya.

Tidak seperti warna kuning yang terlihat sangat cerah, warna mustard ini termasuk warna kuning yang kalem atau soft.

Meski sebenarnya warna cat tembok samping rumah bisa disamakan dengan warna cat dinding tembok keseluruhan, tetapi dengan mempertimbangkannya dapat lebih mempercantik hunianmu, Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download