BlogPemilik PropertiDesain HunianWaduh! Ini 11 Tanda Harus Segera Pindah Rumah
0
0

Waduh! Ini 11 Tanda Harus Segera Pindah Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tanda harus pindah rumahtop-right-banner

Pindah rumah? Memikirkannya saja sudah malas ya, Pins? Membereskan barang, mengepak, membawa ke lokasi baru, lalu membongkar dan menata ulang rumah rasanya terlalu berat. Tapi kadang ada 10 tanda harus pindah rumah ini yang membuat orang-orang nekat move on.

Jika kamu mencari hunian yang nyaman dan sesuai budget, coba instal aplikasi Pinhome. Tersedia fitur PinValue yang membantu menemukan rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama atau lainnya yang dekat dengan pusat hiburan misalnya Waterboom Cikarang.

Tanda Harus Segera Pindah Rumah

Pindah rumah seringkali menjadi beban pikiran tersendiri ya, Pins! Namun, ada kalanya Pins memang harus move on dari hunian lama, apalagi jika Pins mengalami tanda harus segera pindah rumah berikut ini!

1. Masalah Struktural yang Serius

Source : Kompas

Apabila rumah mengalami masalah struktural yang serius seperti kebocoran atap, kerusakan dinding atau sanitasi tentu membuat penghuni merasa tidak nyaman. Hal ini bisa mengancam keamanan bahkan kesehatan penghuninya. Jika tidak segera diperbaiki maka lambat laun biaya perbaikannya juga akan lebih mahal.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

2. Siap Secara Emosional

Pindah rumah bukanlah masalah sepele karena hunian lama juga menyimpan banyak kenangan. Secara emosional juga harus dipertimbangkan karena diri sendiri harus siap kehilangan memori dari rumah lama tersebut. Kesiapan memulai kehidupan di lingkungan baru juga dibutuhkan agar lekas mampu beradaptasi.

3. Rendahnya Tingkat Keamanan

Source : Pxhere

Lingkungan yang sudah tidak aman atau rawan kriminalitas pasti membuat setiap harimu selalu was-was. Tidak hanya ketika berada di dalam rumah saja namun juga saat hendak keluar rumah. Aset berharga di rumahpun bisa jadi sasaran pencurian sehingga kamu perlu pindah ke tempat baru yang jauh lebih aman.

4. Upgrade

Tak jarang seseorang memutuskan pindah rumah karena ingin upgrade rumah. Ada pula yang ingin upgrade ke lingkungan yang lebih baik lagi. Lokasi hunian memang tak jarang menghambat seseorang untuk berkembang khususnya ketika hanya tinggal sendirian di lingkungan tersebut. Banyaknya rumah kosong tak jarang membuat seseorang merasa kesepian sehingga ingin pindah ke tempat baru.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Bangun Rumah yang Tepat

5. Pekerjaan

Source : Pxhere

Beberapa pekerjaan membutuhkanmu untuk berpindah-pindah lokasi tempat tinggal. Akhirnya seseorang tersebut lebih memilih untuk mengontrak rumah daripada membeli rumah baru. Jika belum memiliki pekerjaan yang permanen memang mudah membuat seseorang memutuskan untuk pindah rumah.

6. Lingkungan Sekitar Sudah Tidak Mendukung

Perlu disadari, Pins, bahwa kondisi lingkungan di sekitar mempengaruhi gaya hidup juga. Contohnya, jika Pins tinggal di daerah yang selalu hidup 24 jam, dipenuhi hiruk pikuk orang, tentu akan mempengaruhi kualitas tidur. Akibatnya, pola hidup Pins menjadi terganggu, kan?

7. Lokasi Rawan Banjir

tanda harus pindah rumah
Source : Pixabay

Selain itu, faktor geografis juga mungkin berubah dan mempengaruhi kenyamanan tempat tinggal kita. Contohnya, Jakarta. Akibat semakin bertambahnya penduduk Jakarta, makin banyak tumpukan sampah yang mengganggu aliran air hujan.

Banyak tempat yang 5-10 tahun lalu tidak banjir, mendadak bisa langsung dipenuhi air karena hujan selama 30 menit saja. Parahnya lagi, banjir tersebut dapat merusak bangunan yang kita tinggali.

Jika ini terjadi pada Pins, sudah waktunya Pins mencari hunian yang lebih layak, bila perlu rumah anti banjir. Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Begitu berubah menjadi sumber anxiety, maka sebaiknya Pins mempertimbangkan lokasi lain untuk bermukim.

8. Anggota Keluarga Bertambah

Source : Pxhere

Sama halnya dengan kondisi geografis, kondisi kehidupan Pins juga tak selamanya sama. Jika Pins selama ini nyaman tinggal sendirian sebagai bujangan di sebuah kamar kos, maka Pins sebaiknya menimbang gagasan untuk mencari hunian yang lebih luas begitu menikah. Pun demikian saat memiliki anak pertama, anak kedua, dan seterusnya. Hal ini dilakukan agar taraf hidup Pins dan keluarga dapat tetap sejahtera.

Baca juga: Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

9. Akses Tak Lagi Mudah

tanda harus pindah rumah
Source : Pixabay

Alasan semua orang menginginkan rumah dengan lokasi strategis adalah supaya semua pusat kegiatan (kantor, sekolah, area komersial) dapat dijangkau dengan mudah. Jika Pins merasa akses ke rumah ataupun ke kantor sulit dan melelahkan, mungkin ini saatnya mencari lokasi tempat tinggal baru.

10. Menemukan Hunian yang Lebih Layak

Alasan lain yang bisa menjadi tanda-tanda kamu harus segera pindah rumah adalah karena sudah menemukan hunian yang lebih layak. Misalnya Pins selama ini ngontrak di sebuah rumah, maka jika Pins sudah mampu mengumpulkan uang untuk membeli rumah, why not? Selain menghemat biaya hidup karena tidak membayar uang sewa, sebuah rumah dapat berfungsi sebagai investasi di masa mendatang.

11. Tingginya Biaya Hidup

Source : Pxhere

Biaya hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang untuk pindah ke daerah yang baru. Tidak ada gunanya memaksakan diri untuk tinggal di tempat yang kamu tidak sanggup menanggung biaya hidupnya. Lebih bijak pindah ke rumah dan tempat tinggal yang biaya hidupnya sesuai dengan kemampuanmu.

Gimana, Pins? Salah satu tanda harus pindah rumah di atas sudah muncul di dalam benakmu? Berarti sudah saatnya Pins membuka situs Pinhome! Di Pinhome, semua tahapan selama proses transaksi properti akan didampingi oleh konsultan yang terlatih dan terpercaya. Pins juga bisa memilih lokasi hunian dari seluruh Indonesia, serta menghubungi pihak-pihak yang terlibat saat beli rumah.

Baca juga: 3 Tips Desain Rumah Mungil Berkesan Luas

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download