BlogPemilik PropertiDesain HunianMengintip Keindahan Toilet Umum Tercantik di Dunia
0
0

Mengintip Keindahan Toilet Umum Tercantik di Dunia

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 30, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Toilet Umum Tercantik di Duniatop-right-banner

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “toilet umum”? Biasanya, public toilet terkesan kotor dan lembab ketika tidak dibersihkan secara teratur. Namun berbeda dengan public toilet di Beijing, China, yang dinobatkan sebagai toilet umum tercantik di dunia. 

Memang, toilet umum di tempat-tempat tertentu seperti mall atau hotel selalu dalam kondisi bersih. Hal ini lantaran adanya petugas kebersihan yang selalu siaga untuk membersihkan setiap kali ada pengunjung yang selesai dengan kebutuhannya. 

Toilet di dalam rumah di Bekasi seperti Kota Harapan Indah atau Golden City Bekasi sangat bisa didesain dengan cantik dan dijaga kebersihannya. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin beli rumah bekas di Jakarta Timur.

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah

Toilet Umum Tercantik di Dunia

Toilet Umum Tercantik di Dunia
Source : Architectural Digest

Public toilet yang tidak seperti kebanyakan toilet itu terletak di Deji Plaza, sebuah pusat perbelanjaan yang berlokasi di Distrik Xuanwu, Beijing, China. Toilet ini berada di lantai 6 hasil rancangan sebuah firma arsitektur X+Living yang berbasis di Shanghai. 

Pada lantai 6 mall tersebut, terdapat sebuah toilet umum yang siap membawa pengunjung yang lelah ke restroom mewah yang dipenuhi tanaman, yang dilengkapi tujuh area istirahat dan restorasi khusus. 

“Kami merancang proyek ini dengan harapan dapat menghormati musim semi yang semakin jauh akibat krisis lingkungan saat ini,” kata kepala desainer dan pendiri X+Living, Li Xiang, sebagaimana dikutip dari laman Architectural Digest, Kamis (30/11/2023).

Apa yang disampaikan oleh Li Xiang memang terbukti. Di toilet tersebut, kamu bisa menemukan berbagai kehidupan di musim semi, mulai dari bunga, tanaman, bahkan hingga serangganya sekalipun. 

Saat memasuki area toilet, kamu akan disambut dengan lantai mengkilap sepanjang koridor menuju kamar mandi yang dijuluki dengan julukan Experience Hall. Secara umum, tempat ini berbentuk menyerupai sayap kupu-kupu, dengan langit-langit yang dilapisi emas. 

Di kedua sisi lorong, Xiang menggunakan dinding berlapis ganda; wallpaper hijau membentuk kulit pertama, ditutupi oleh kisi-kisi emas sampanye melengkung sebagai kulit kedua. Pohon palem yang mewah dan tanaman tropis terlihat lucu, sementara lampu yang terinspirasi dari bunga melapisi dinding seperti tanaman memanjat.

Baca juga: Cara Mengatasi Toilet Mampet di Rumah

Area Lounge dengan Sofa Mewah

Toilet Umum Tercantik di Dunia
Source : Architectural Digest

Masuk lebih jauh ke dalam, pengunjung akan disambut dengan area lounge yang dilengkapi dengan set sofa mewah yang dirancang khusus oleh X-Living. Set sofa ini tampak seperti bunga mekar yang mengundang pengunjung untuk merebahkan diri dan beristirahat. 

Tak hanya sofa yang mewah saja, area lounge ini juga dilengkapi dengan kamar kecil yang dapat diakses dengan pintu otomatis, meja rias, dan wastafel marmer berwarna hijau. Taman dengan air mancur berada di sebelah kiri, sementara area sayap terdapat ruang bayi dan ruang medis.

Pada area nursing room, terdapat lampu strip yang diselipkan di sekitar langit-langit ruang tersebut. Lampu strip ini memberikan pencahayaan yang lembut untuk menciptakan suasana yang menenangkan. 

Selain itu, toilet ini juga dirancang untuk menjaga keamanan para pengunjung dengan aksen kulit dan kayu, serta bentuk sudut yang bulat. Sisipan dinding bermotif selimut di ruang medis menambah tekstur dan menyelimuti pengunjung dengan efek bantalan.

Area lounge ini juga merupakan titik pemisah antara toilet pria dan wanita, yang ditandai dengan bunga mawar dan daun palem pada papan petunjuknya dan masing-masing berisi 9 dan 16 bilik. 

Di kedua kamar mandi juga terdapat ruang ganti. Sofa kecil dan tempat pengisian daya nirkabel tersedia di ruang ganti wanita untuk kenyamanan ekstra saat istirahat lebih lama.

Baca juga: Apa Itu Drainase Rumah? Ini Fungsi, Cara Membuat, dan Jenisnya

Sentuhan Humanistik

Toilet Umum Tercantik di Dunia
Source : Architectural Digest

Meski berdesain sangat mewah dan cantik, arsitektur toilet umum ini tetap mengedepankan sentuhan humanistik pada setiap detailnya. Menurut Xiang, hal ini sejalan dengan visinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta sesuai dengan upaya penyelamatan yang berlaku di Deji Plaza. 

Namun demikian, Xiang menyebutkan bahwa sentuhan humanistik yang diterapkan ini tidak dapat disaksikan dengan mata secara langsung. Pengunjung baru akan merasakan sisi humanistik ketika menggunakannya. 

Selain itu, Xiang juga membeberkan alasan mengapa toilet ini cukup ramai dengan tanaman. Menurutnya, tanaman dikenal dengan kemampuan restoratifnya. Hal itu sangat sejalan dengan tujuan Xiang untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Xiang berharap pengunjung akan terkejut saat memasuki ruangan tersebut, dan tidak pernah membayangkan akan menemukan ruangan mirip taman saat pergi ke toilet umum di pusat perbelanjaan. 

“Pada akhirnya, satu-satunya harapan saya adalah setelah menghilangkan lapisan misterinya, proyek ini akan bertahan lama dan menjadi taman perlindungan yang dapat dijangkau oleh setiap wisatawan perkotaan,” katanya.

Selain memberikan kenyamanan, toilet rancangan X-Living ini juga menawarkan keindahan dan healing dalam satu waktu yang sama. Sepertinya, toilet ini akan sangat berguna bagi bapak-bapak yang sedang kelelahan mengikuti istri-istri mereka berbelanja. 

Itulah pemandangan toilet umum tercantik di dunia yang bisa kamu temukan di Deji Plaza, China. Bagaimana, Pins? Menarik, bukan? Kalau di Indonesia, toilet mana yang paling cantik menurutmu?

Baca juga: 

Featured Image Source: Architectural Digest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download