BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Penyebab Banyak Cacing di Kamar Mandi
0
0

5 Penyebab Banyak Cacing di Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 15, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Kamu sering menemukan serangga di kamar mandi Kamu? Hal ini sering menimbulkan kebingungan dari mana datangnya cacing tersebut. Faktanya, mungkin bukan satu-satunya orang. Orang yang menganggap ini lucu atau penuh kebencian tentu saja akan menganggap ini menyinggung. Bahkan setelah saya mengusir mereka, terkadang mereka kembali ke kamar mandi. Berikut ini Pinhome akan menjabarkan penyebab banyak cacing di kamar mandi.

Tentu saja saya penasaran dengan penyebab munculnya serangga di kamar mandi. Ada beberapa penyebab munculnya serangga di kamar mandi. Oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebabnya.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Penyebab Banyak Cacing di Kamar Mandi

Source : Amazon

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan cacing di kamar mandi:

1. Kondisi Air

Penyebab yang pertama adalah kondisi air yang digunakan di kamar mandi. Kamar mandi yang menggunakan air ledeng (PDAM) memiliki risiko  lebih rendah menarik serangga dibandingkan air tanah. Hal ini karena air keran diolah oleh perusahaan  air untuk menghambat pertumbuhan organisme hidup.

Namun penggunaan air tanah bukan satu-satunya penyebab munculnya serangga di kamar mandi. Bahkan air keran. Hal ini tidak  menjamin tidak ada serangga di kamar mandi Kamu, karena faktor lain juga ikut berperan.

2. Kondisi Drainase

Selain kondisi air, faktor kotoran di rumah Kamu juga bisa menjadi penyebab mengapa serangga sering berdiam di kamar mandi. Perlu diketahui bahwa serangga bisa masuk ke kamar mandi tidak hanya melalui pipa air tetapi juga melalui saluran air  di luar rumah. Serangga pertama-tama masuk ke rumah Kamu melalui saluran air dan kemudian perlahan-lahan masuk ke kamar mandi Kamu.

3. Kondisi pada Ubin Kamar Mandi

Source : Pixabay

Kondisi permukaan kamar mandi Kamu juga dapat menyebabkan seringnya serangan serangga. Permukaan kamar mandi yang banyak mengandung kotoran mudah menarik serangan serangga. Cacing dapat menyerang sambungan antar ubin meskipun sambungan antar ubin tidak seluruhnya tertutup campuran semen yang padat.

4. Kamar Mandi Basah

Penelitian telah menunjukkan bahwa serangga lebih mungkin muncul di kamar mandi yang lembap dibandingkan di kamar mandi yang kering, karena hewan ini lebih menyukai lingkungan berair. Lantai kamar mandi yang selalu basah atau tergenang air merupakan habitat sempurna bagi serangga bahkan berkembang biak.

Selain itu, kualitas konstruksi kamar mandi juga sangat penting untuk kemampuan cacing masuk ke kamar mandi.

5. Kamar Mandi Kotor

Source : Pixabay

Kamar mandi yang kotor tentunya memiliki risiko yang tinggi untuk disukai binatang seperti serangga, dan juga cacing. Misalnya, ada tanah dan kotoran yang masuk ke dalam kamar mandi. Binatang pun suka lingkungan lembap dan kotor.

Cara Basmi Cacing di Kamar Mandi

Berikut ini adalah cara-cara dalam membasmi cacing di kamar mandi:

1. Menyiram dengan Air Panas

Source : Pixabay

Cara  pertama adalah yang paling mudah. Cukup bilas filter pembuangan kamar mandi dengan air panas. Kenapa harus air panas? Ternyata air panas mampu menguraikan bahan organik yang ada di permukaan saluran air.

Cacing suka terjebak di sana. Dengan memusnahkannya, Kamu bisa membasmi habitat cacing tersebut. Bukan itu saja. Air mendidih juga bisa  membunuh serangga secara langsung, namun pastikan airnya  benar-benar panas.

Jika Kamu hanya menggunakan air keran atau air hangat, serangga tersebut akan hilang. Jika masih bisa menemukan tempat untuk bertahan hidup, cacing tersebut dapat kembali naik melalui lantai, dinding kamar mandi, atau  saringan saluran pembuangan.

2. Mencampur Air Panas dengan Garam

Terkadang membasmi serangga dengan air mendidih saja tidak cukup. Ternyata cacing ini masih bisa merayap. Namun jangan khawatir, meski di rumah tidak memiliki bahan yang rumit, ada  cara membasmi serangga dengan bahan yang sederhana. Lanjutkan menggunakan air panas, namun kali ini tambahkan garam.

Caranya sangat sederhana. Siapkan saja 500 gram garam, 5 liter air dan sabun. Sebenarnya Kamu bisa menggunakan air biasa saja, namun menggunakan air panas lebih efektif. Tambahkan garam ke dalam air sabun  hingga tercampur rata. Selanjutnya, taburkan sedikit sabun dan air garam pada lantai kamar mandi dan dinding keramik. Kemudian tunggu kurang lebih 3 hingga 5 menit hingga efeknya diterapkan.

Selanjutnya, sikatlah dinding dan lantai keramik kamar mandi secara merata seperti saat membersihkan kamar mandi pada umumnya. Terakhir, bersihkan sisa  sabun dan garam dengan air bersih. Usahakan untuk melakukan hal ini secara rutin, misalnya dua minggu sekali, agar cacing keluar dari tempat persembunyiannya di saluran akar dan cepat mati.

3. Dengan Baking Soda dan Cuka Dapur

Air panas adalah metode yang efektif, namun beberapa orang khawatir akan menyentuh kulit mereka secara tidak sengaja. Nah, Kamu bisa menggunakan cara berikut ini, yaitu  campuran baking soda dan cuka dapur. Pertama, campurkan  baking soda dan cuka secukupnya dalam satu wadah.

Lalu aduk hingga semuanya benar-benar homogen. Selanjutnya, tuang campuran  soda kue dan cuka dapur ke dalam saringan  pembuangan. Campuran ini juga bisa Kamu tuangkan di sela-sela keramik kamar mandi. Lalu diamkan selama minimal 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Oh ya, campuran ini juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran air kamar mandi dan wastafel dapur.

Itulah dia penyebab banyak cacing di kamar mandi dan cara basminya, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source feature image: Wikipedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download