BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti5 Cara Menaksir Harga Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu
0
0

5 Cara Menaksir Harga Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara menaksir harga rumahtop-right-banner

Membeli rumah bekas bisa menjadi investasi yang menguntungkan, tetapi juga berisiko. Bagi sebagian orang, cara menaksir harga rumah bekas, baik rumah di bawah 1 milyar atau tidak, bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu penting memahami tips menaksir harga rumah bekas khususnya bagi pemula.

Bagaimana tidak, ada begitu banyak pilihan rumah bekas di Bogor maupun daerah lain yang tersedia dengan kondisi yang beragam. Belum lagi harganya yang tidak masuk akal maupun penjual properti yang sulit dijangkau.

Tidak mengherankan bila menentukan harga rumah bekas menjadi tantangan tersendiri. Lewat aplikasi Pinhome kamu bisa menemukan hunian di berbagai lokasi seperti One Icon Surabaya, rumah baru di Kabupaten Bekasi serta menyediakan fitur Take Over KPR. Lantas, bagaimana caranya? Simak tips-tipsnya di sini!

Cara Menaksir Harga Rumah Bekas

Rumah adalah tempat tinggal untuk melepas lelah, tempat di mana Pins harus membesarkan anak dan tempat yang paling nyaman untuk bisa melakukan banyak hal tanpa terusik. Sebuah keluarga pasti berkeinginan untuk memiliki rumah tanpa harus menumpang dengan orangtua.

Sekarang ini, properti disewakan dan rumah bekas paling banyak diminati karena kurangnya tempat untuk membangun rumah murah. Membeli rumah bekas Pins harus menaksir harga atau memperkirakan harga pasaran agar Pins tidak tertipu. Begini tipsnya!

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

1. Menghitung Harga Rumah Berdasarkan Nilai Pasar

Mengetahui harga pasar adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menaksir harga rumah bekas yang ingin Pins beli. Kamu dapat menghitung harga pasar yaitu harga tanah ditambah harga bangunan rumah. Sebaiknya Pins membandingkan beberapa harga rumah untuk menghasilkan hasil yang lebih akurat.

Contohnya, jika ingin menaksir harga rumah bekas, cari informasi tentang penjualan rumah sejenis dalam beberapa bulan terakhir. Dengan menggabungkan informasi dari berbagai sumber, kamu dapat lebih yakin dalam menaksir harga rumah bekas berdasarkan nilai pasar yang sesungguhnya.

2. Menghitung Berdasarkan NJOP Rumah

Selain dengan menaksir harga pasar rumah bekas Pins juga dapat menghitung rumah dengan NJOP dari rumah tersebut. Sebagai contoh, jika NJOP rumah adalah 1 miliar rupiah, dan faktor perbandingan yang berlaku adalah 70%, perkiraan harga rumah bekasnya adalah sekitar 700 juta rupiah.

Akan tetapi, NJOP sering sekali mempunyai harga jauh dibawah harga pasar. Itu sebabnya, Pins bisa meminta bantuan jasa appraisal profesional, seperti dari pihak bank atau teman Pins. Memanggil appraiser lebih akurat untuk menentukan harga karena mereka sudah terbiasa untuk membeli rumah.

3. Melihat Lokasi Rumah

Source : Pexels

Biasanya harga rumah di kawasan perumahan lebih tinggi dari harga rumah di kampung. Letak rumah juga dapat mengetahui harga yang pantas untuk membelinya. Biasanya, Pins pasti akan tahu dengan sendirinya berapa harga pasaran yang pantas untuk membeli rumah tersebut. Kamu harus lebih teliti dalam menentukan harga.

Selain itu, kondisi perkembangan wilayah juga memengaruhi harga rumah bekas. Jika ada proyek-proyek infrastruktur besar yang akan datang, seperti pembangunan jalan tol baru atau pusat bisnis, harga rumah di daerah tersebut cenderung meningkat.

Demikian pula, faktor-faktor lingkungan, seperti taman, danau, atau pantai, juga dapat meningkatkan nilai properti. Oleh karena itu, ketika menaksir harga rumah bekas berdasarkan lokasi, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini serta melihat tren harga properti di daerah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Tahap KPR Rumah Bekas dan Persyaratannya

4. Mempertimbangkan Kondisi Interior dan Eksterior

Selain kondisi struktural, perhatikan juga kondisi interior dan eksterior rumah. Untuk kondisi eksterior, perhatikan kondisi atap, fasad, jendela, dan pintu. Apakah ada kerusakan atau tanda-tanda perawatan yang buruk?

Semua ini dapat memengaruhi harga rumah. Contohnya, jika atap bocor atau cat dinding mengelupas, properti tersebut mungkin memerlukan perbaikan, dan ini harus direfleksikan dalam penaksiran harga.

Ketika mengevaluasi kondisi interior rumah bekas, perhatikan aspek-aspek seperti kualitas dapur, kamar mandi, lantai, dan dinding. Apakah ada peralatan dapur yang rusak, kamar mandi yang perlu direnovasi, atau lantai yang aus? Semua ini bisa mempengaruhi nilai rumah.

Contoh lainnya adalah ketika interior rumah telah diperbarui dengan perabotan berkualitas tinggi dan peralatan dapur yang mewah, hal ini dapat meningkatkan nilai properti. Dengan mempertimbangkan kondisi eksterior dan interior secara cermat, kamu dapat membuat penaksiran harga yang lebih akurat untuk rumah bekas.

5. Memperhatikan Umur Bangunan

Strategi Menjual Rumah Tua

Umur rumah adalah faktor kunci dalam penentuan harga. Pasalnya, semakin tua rumah, semakin besar kemungkinan perlu adanya perbaikan atau renovasi rumah tua jadi bagus. Properti yang lebih tua cenderung memerlukan lebih banyak pemeliharaan, yang dapat memengaruhi harga jualnya.

Sebagai contoh, sebuah rumah tua yang telah berusia 50 tahun mungkin memerlukan pembaruan struktural dan instalasi, sehingga harganya bisa lebih rendah dibandingkan dengan rumah yang lebih baru.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan pembaruan dan perbaikan yang telah dilakukan pada rumah bekas. Jika rumah tua telah mengalami pembaruan yang signifikan, seperti pembaruan dapur, kamar mandi, atau perbaikan atap, hal ini dapat meningkatkan nilai rumah tersebut.

Sebaliknya, jika rumah relatif baru tetapi memerlukan banyak perbaikan, nilai rumah tersebut mungkin lebih rendah. Oleh karena itu, saat menerapkan cara menaksir harga rumah bekas berdasarkan umur rumah, perhatikan kondisi fisik dan sejauh mana pembaruan telah dilakukan. Ini akan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang nilai properti tersebut.

6. Gunakan Simulasi Take Over KPR Pinhome

Salah satu cara paling gampang untuk menaksir rumah bekas dengan jalur kredit adalah menggunakan simulasi take over KPR Pinhome. Langkah penggunaannya sederhana yakni sebagai berikut:

  • Buka laman simulasi take over KPR Pinhome pada www.pinhome.id/layanan/simulasi/takeover
  • Isi form mulai dari plafon kredit, angsuran per bulan, tenor dan sebagainya lalu klik tombol hitung
  • Pilih bank yang dikehendaki sebagai lembaga pembiayaan dengan klik tombol simulasikan. Nantinya akan muncul detail simulasi dan kirim pengajuan ke Pinhome juga ingin memproses permohonan ini

Cara menaksir harga rumah bekas memerlukan perhatian terhadap berbagai faktor. Dalam mengambil keputusan, penting untuk menggabungkan informasi tentang lokasi, luas tanah dan bangunan, umur bangunan, perbandingan harga pasar, kondisi interior dan eksterior, serta dokumen legal. Dengan penilaian yang cermat, Pins dapat memastikan bahwa kamu tidak mudah tertipu saat membeli rumah bekas.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 9 Perbedaan KPR Rumah Bekas dan Baru


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download