Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • NJOP Adalah? Yuk Kenalan Dengan Istilah Properti Ini!

NJOP Adalah? Yuk Kenalan Dengan Istilah Properti Ini!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 2 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Apa itu NJOP? NJOP adalah singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak yang menentukan harga properti. Akan sangat berguna untuk mengetahui NJOP secara pasti saat Pins akan membeli ataupun menjual rumah.

Pinhome – Pada dasarnya, NJOP adalah harga rata-rata yang didapatkan dari transaksi jual beli, nilai perolehan baru atau perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis. Dalam dunia properti, NJOP ditetapkan langsung nilainya oleh negara sebagai dasar atas pengenaan nominal bagi pajak bumi dan bangunan. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah demi meningkatnya taraf kualitas kawasan tersebut sehingga nanti kedepannya, nilai jual properti akan semakin meningkat.

Baca Juga:

NJOP Adalah?

NJOP adalah
(Lamudi)

Demi terciptanya batas nilai yang seimbang, tepat dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat, pemerintah melalui menteri keuangan menetapkan nilai Nilai Jual Objek Pajak setiap 3 tahun sekali. Tapi, bila di suatu daerah terjadi perkembangan yang sangat pesat dan signifikan, penetapan nilai jual objek pajak bisa dilakukan dalam satu tahun sekali.

Besaran NJOP sendiri ditetapkan per meter persegi dan dihitung sebagai harga terendah dari suatu properti. Jika perhitungan besaran nilainya menggunakan NJOP meter maka akan lebih ringkas. Biasanya, Nilai Jual Objek Pajak ini laku dijual dengan perbandingan harga 1.5 hingga 2 kali lipat dari harga NJOP yang sudah ditetapkan sebelumnya. Taksiran harga biasanya didapatkan dari harga rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan total luas dan zona rumah serta bangunannya. Nantinya barulah Pins bisa mengetahui besaran dana dan pajak yang harus ditanggung dari setiap transaksi jual beli rumah atau bangunan.

Baca Juga:

(Akseleran)

Ketika Pins bertemu kesempatan pembelian properti dengan suatu pihak, besaran NJOP digunakan sebagai patokan pasti. Apabila harganya jauh diatas besaran NJOP berarti si pemilik rumah menjual propertinya terlalu mahal, begitu pula sebaliknya, jika properti tersebut dijual jauh dibawah besaran NJOP, pastikan kembali detailnya, jangan sampai ada sesuatu hal yang tak beres sehingga si pemilik rumah terpaksa menjualnya dengan harga yang sangat murah.

Jadi sebelum melakukan transaksi jual beli rumah, sangat penting untuk benar-benar paham akan beberapa hal yang termasuk dalam jual beli rumah termasuk masalah NJOP dan berbagai dokumen yang diperlukan. Tanpa memenuhi dokumentasi legal, Pins bisa menderita rugi dan bukan tak mungkin mendapatkan masalah ke depannya.

Baca Juga:

Cara Menentukan NJOP

NJOP adalah
(Prospeku)

Agar lebih terkontrol penerapannya di masyarakat, Pemerintah sudah mengatur tentang besaran NJOP dalam Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Besaran NJOP ini juga berlaku sebagai dasar perhitungan besaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang wajib Pins bayarkan setiap tahunnya.

Perlu diketahui, meskipun berada dalam satu kota, nilai NJOP tetap bisa berbeda-beda. Semakin mahal harga jual bangunan dan rumah huni di suatu kawasan maka otomatis semakin tinggi pula Nilai Jual Objek Pajak-nya. Semisal saja, besaran nilai NJOP rumah hunian di kawasan Menteng tentu akan jauh berbeda dan lebih tinggi daripada besaran nilai NJOP rumah hunian di kawasan Ciracas.

1. Perbandingan Antara Objek Pajak Lain yang Sejenis

Penentuan nilai dari NJOP bisa didapatkan melalui perbandingan dengan objek pajak lainnya yang jenisnya sama dan berdekatan secara letak geografisnya dan sebelumnya sudah diketahui terlebih dahulu nilai jualnya.

Baca Juga:

2. NJOP Pengganti

Penentuan nilai NJOP juga bisa didasarkan pada hasil pendapatan ataupun pemasukan yang diraih dari hasil objek pajak yang dinilai.

3. Nilai perolehan baru

Pertama-tama, Pins perlu melihat langsung kondisi fisik dari bangunan yang dijadikan objek pajak. Jika kemudian terjadi penyusutan, maka total biaya yang sudah dikeluarkan untuk membuat objek pajak tersebut harus dikurangi sesuai dengan nilai penyusutan fisik bangunan. Barulah kemudian dihitung total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan objek pajak terkait.

Baca Juga:

Contoh Perhitungan NJOP

(Dekoruma)

Andaikan Pins ingin menjual rumah di kawasan Kebayoran Lama di daerah Jakarta Selatan. Jika merunut kepada Peraturan Gubernur (Pergub) di Provinsi DKI Jakarta Nomor 24 Tahun 2018, maka NJOP terendah di kawasan ini adalah Rp 3. 745.000. Maka cara hitung harga jual berdasarkan NJOP adalah :

Luas tanah : 8 meter X 12 meter = 96 meter persegi
Luas bangunan : 6 meter X 6 meter = 36 meter persegi
NJOP tanah : Rp 3.745.000 per meter persegi
NJOP bangunan : Rp 3.745.000 per meter persegi

Total Harga Tanah : 96 X Rp 3.745.000 = Rp 359.520.000
Total Harga Bangunan : 36 X Rp 3.745.000 = Rp 134.820.000
Sehingga total nilai jual rumah hunian tersebut adalah Rp 359.520.000 ditambah Rp 134.820.000 menjadi Rp 494.340.000.

Baca Juga:

Kelebihan dan kekurangan NJOP

NJOP adalah
(Klikpajak)

Meskipun sudah menjadi sistem yang sudah diterapkan sejak lama, Nilai Jual Objek Pajak ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk poin kelebihannya, NJOP adalah salah satu yang dapat menjadi harga acuan sehingga meminimalisir atau bahkan meniadakan praktek illegal yang merugikan masyarakat luas. Harga acuan ini pun sudah ditetapkan oleh Undang Undang sehingga di depan hukum, perhitungan NJOP yang sudah sesuai dengan peraturan telah memiliki kekuatan hukum yang kuat.

Baca Juga:

Harga acuan NJOP pun sudah ditentukan berdasarkan wilayah. Ketentuan ini menguntungkan masyarakat yang ingin memiliki pilihan lebih saat menentukan dimana mereka akan membeli properti selanjutnya, baik itu berupa bangunan ataupun rumah huni. Nilai persentasenya pun ditentukan langsung oleh kepala daerah yang lebih mengerti keadaan daerah yang dipimpinnya. Dengan begitu, besaran NJOP juga mampu mempengaruhi infrastruktur dan fasilitas sekitarnya menjadi semakin membaik.

Sementara untuk poin kekurangannya, NJOP tidak membedakan lokasi bangunan. Nilainya tetap sama berdasarkan wilayah, padahal rumah atau bangunan yang berlokasi di dalam gang tentu mendapatkan keuntungan yang berbeda daripada bangunan atau rumah huni yang terletak di pinggir jalan. Besaran harga yang ditetapkan pun sama saja dengan bangunan di sekitar yang memiliki tipe yang berbeda-beda. Karena hal inilah nilai persentase dari suatu objek pajak menjadi meningkat setiap tahunnya yang pada akhirnya mengakibatkan harga tanah semakin melonjak drastis dalam kurun waktu yang bisa dibilang singkat.

Baca Juga:

Informasi NJOP Juga Dapat Diakses Secara Online

(Lifepal)

Kalau Pins masih ingin mengetahui info lebih tentang NJOP, kita tidak perlu repot-repot datang ke kecamatan loh. Kini pemerintah sudah menyediakan NJOP online sehingga Pins bisa langsung mengakses informasi solid dan terpercaya tentang Nilai Jual Objek Pajak di situs website resmi, baik itu dari pemerintah provinsi ataupun melalui website resmi BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah). Tapi ingat, pastikan lokasinya sudah sesuai dengan kawasan properti yang akan Pins jual atau beli, ya!

Jika Pins perlu mengurus formulir pembuatan NJOP pun bisa dilakukan secara online melalui website resmi tersebut. Pins hanya perlu menyiapkan dokumen legalitas pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Objek Pajak hingga bukti tahun awal dan tahun terakhir pajak.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel