Pinhome

Uncategorized

Tips Memunculkan Cahaya Terang di Kamar Anak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Mengatur dan menata pencahayaan untuk kamar anak jelas berbeda dengan kamar dewasa. Pasalnya secara psikologis, kamar untuk anak-anak harus mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya pasti adalah intensitas cahaya.

Bagi kamar anak, intensitas cahaya yang harus disetting musti pas, tak boleh terlalu terang tetapi juga jauh dari kata gelap gulita.

Secara mental, orang dewasa cenderung untuk menyukai kamar yang gelap atau redup utamanya ketika akan tidur. Ini dikarenakan orang dewasa perlu untuk beristirahat dengan total terutama pada malam hari. Tetapi bagi anak-anak apalagi bila masih berusia balita, memerlukan sistem pencahayaan kamar yang lebih pas. Tips berikut berikan inspirasi, untuk mengatur pencahayaan di kamar tidur anak.

Gelap Jelas Membuat Anak Takut, Atur Dengan Dua Lampu

Pencahayaan di kamar anak-anak perlu dipersiapkan dengan matang, berikut rangkuman tipsnya.

1. Siapkan Lampu Tidur, Hindari Penggunaan Neon

Bagi anak-anak kegelapan jelas adalah hal yang membuat takut, untuk itu siapkan lampu tidur yang tetap nyaman untuk mata dan membuat syaraf beristirahat. Sementara di waktu bermain saat sore hari saat petang, penggunaan lampu yang terang jelas direkomendasi.

Oleh karenanya lampu kamar anak harus diatur dengan dua konsep, lampu tidur dan lampu untuk berkegiatan. Lampu LED dengan intensitas cahaya yang mungkin diatur bisa dipergunakan untuk itu. Pemasangan dimmer atau pengatur intensitas cahaya bisa jadi solusi yang tepat.

2. Untuk Balita, Tempatkan Ranjang Jauh Dari Jendela

Penempatan ranjang juga tak kalah penting, terutama bila kamar yang digunakan ditujukan untuk balita. Posisi ranjang yang terlalu dekat dengan jendela bisa jadi adalah ide yang tidak pas. Ini karena di waktu siang yang terlalu terik dan sinar matahari masuk ke dalam kamar lewat jendela, maka dikhawatirkan bisa menganggu kenyamanan tidur anak.

3. Siapkan Lampu Di Meja Belajar

Di masa kini, banyak anak-anak yang sudah mengenal dan paham dengan penggunaan komputer. Oleh karena itu pencahayaan kamar juga perlu  menyesuaikan dengan hal tersebut.

Pasalnya menatap layar monitor apalagi selama berjam-jam, jelas bukan hal yang direkomendasi untuk itu. Ada baiknya pula bila menyiapkan pencahyaan ekstra di bagian di mana anak biasa beraktifitas dengan komputernya. Jika anak menggunakan meja belajar sebagai tempat beraktifitas dengan komputer, ada baiknya untuk memberikan pencahayaan yang cukup disekitar meja belajar.

Mengatur pencahayaan kamar anak, sebenarnya bukanlah perkara yang terlalu sulit, selain mengikuti tips diatas. Konsep pencahayaan kamar anak setidaknya bisa mengikuti tiga konsep dasar, yaitu pencahayaan saat beraktifitas, pencahayaan siang hari yang tentu bersumber dari cahaya matahari, dan yang terakhir adalah pencahayaan untuk tidur. Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat berkreasi!

Tags :

Bagikan Artikel