BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Desain Kamar Apartemen
0
0

5 Tips Desain Kamar Apartemen

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 22, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain kamar apartementop-right-banner

Bagaimana saja tips desain kamar apartemen yang nyaman untuk dipilih? Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan aktifitas padat di luar rumah, tentunya membutuhkan tempat tinggal yang praktis. Kamu bisa memilih apartemen sebagai solusinya. Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi para bussinessman dan wanita karir. Selain mampu menunjang kesibukan, kamu pun tidak perlu direpotkan dengan masalah rumah. Karena ukurannya yang terbatas, maka tidak memerlukan banyak waktu untuk merawat dan membersihkannya.

Dengan tips desain kamar apartemen dengan ukuran terbatas agar menjadi tempat tinggal yang nyaman adalah pekerjaan yang penuh tantangan. Karena dengan ukuran yang terbatas, apartemen harus mampu mengakomodasi kebutuhan sekaligus memberikan kenyamanan. Tak kalah penting, desain apartemen juga memberikan tampilan yang menarik sehingga membuatmu bisa berelaksasi setelah seharian penuh beraktifitas di luar ruangan. Untuk mewujudkan semua itu, tips desain kamar apartemen berikut ini bisa kamu lakukan.

Tentunya, setelah tahu apa saja tips desain kamar apartemen akan membuat kamu semakin ingin punya tempat tinggal yang nyaman. Seperti tempat tinggal yang ada di perumahan Avoria Estate atau di sekitar Kebun Raya Bogor. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Tips Desain Kamar Apartemen

Dalam menciptakan desain kamar apartemen yang nyaman dan fungsional, pertimbangkan penggunaan warna cerah untuk menciptakan kesan luas. Pilih furnitur yang multifungsi agar ruang teroptimalkan, dan tambahkan elemen dekoratif seperti tanaman atau lukisan untuk memberikan sentuhan personal. Dengan menerapkan ketiga tips ini, Pins dapat menciptakan kamar apartemen yang memadukan kenyamanan dan estetika secara sempurna.

1. Penentuan Konsep

Tips desain kamar apartemen
Source : pixabay

Langkah pertama dalam merancang interior kamar adalah menentukan konsep yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu, mengingat keterbatasan ukuran yang ada. Pastikan konsep tersebut tidak hanya mencerminkan karakter pribadi kamu tetapi juga memperhatikan aspek kesehatan, ergonomis, kenyamanan, hemat energi, ramah lingkungan, dan estetika. Beberapa pilihan konsep yang dapat dipertimbangkan termasuk desain modern minimalis, sentuhan modern etnik, atau bahkan penggabungan gaya eklektik yang unik. Dengan memilih konsep dengan bijak, Pins dapat menciptakan ruang yang tidak hanya fungsional tetapi juga mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai kamu secara menyeluruh.

Baca juga: Tips Desain Rumah Hemat Energi

2. Pemilihan Furnitur

kamar apartemen
Source : Pixabay

Dalam konteks dekorasi apartemen, hal yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan furnitur. Sebaiknya, pilihlah furnitur yang tidak hanya berukuran kecil namun juga memiliki fungsi yang multifungsi. Sebagai contoh, Pins dapat mempertimbangkan penggunaan sofa bed, meja kaca, maupun lemari built-in untuk mengoptimalkan ruang. 

Dengan mengadaptasi furnitur-furnitur tersebut, kamar apartemen tidak hanya akan terlihat estetis, tetapi juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan fungsional. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini. Penghuni apartemen dapat menciptakan ruang yang menyenangkan secara visual sekaligus memaksimalkan pemanfaatan fungsional dalam sebuah lingkungan yang terbatas.

Baca juga: Bagaimana Desain Kamar Tidur yang Baik? Berikut Penjelasannya!

3. Pembagian Ruangan

Kamar apartemen
Source : Unsplash

Perlu dipertimbangkan aspek ketiga, yaitu pembagian ruangan, untuk mencapai kesan lapang pada kamar apartemen. Upayakan menggunakan partisi yang ringan dan multifungsi agar dapat membedakan fungsi ruangan tanpa memberikan kesan sempit. Partisi seperti lemari, rak TV, display frame, atau rak pajangan dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Penting untuk dihindari penggunaan partisi berupa dinding solid, karena hal ini dapat membuat ruangan terasa semakin terbatas. Dengan demikian, strategi ini dapat meningkatkan fungsionalitas dan estetika ruangan apartemen tanpa mengorbankan ruang yang berharga.

4. Pencahayaan

Source : Unsplash

Keempat, pencahayaan. Agar cahaya alami bisa masuk, sediakan waktu tertentu khususnya di pagi hari untuk membuka gorden jendela. Jika masih dirasa kurang terang, kamu bisa menyalakan lampu di dalam ruangan. Pastikan setiap pusat aktivitas terdapat sumber cahaya yang optimal.

Pemanfaatan desain pencahayaan menjadi faktor penting dalam mendesain ruang apartemen. Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan jendela kaca berukuran besar. Tidak hanya memungkinkan sirkulasi cahaya alami yang optimal, tetapi juga memperbaiki sirkulasi udara. 

Dengan demikian, kamar apartemen akan terlihat lebih luas dan terasa lebih segar. Untuk lebih mengontrol intensitas cahaya, disarankan untuk memasang roller blind atau tirai. 

Baca juga:

5. Pemilihan Cat

Source : Unsplash

Saat merancang interior apartemen, pemilihan warna cat menjadi salah satu aspek yang tak boleh diabaikan. Penting untuk memilih warna cat yang sesuai dengan konsep desain mewah minimalis, dan pilihan terbaik sering kali terletak pada palet warna cerah dan lembut. 

Warna-warna seperti putih, beige, skyblue, pink pastel, abu muda, dan beragam nuansa lembut lainnya dapat menjadi opsi yang tepat. Sebaiknya, pilihlah warna yang dapat menghadirkan keselarasan dengan desain keseluruhan serta konsep yang Pins inginkan untuk apartemen Pins.

Baca juga:



Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download