BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak Ternyaman
0
0

11 Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak Ternyaman

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 31, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips menata kamar untuk tidur dengan anaktop-right-banner

Tips menata kamar untuk tidur dengan anak sangat dibutuhkan bagi orang tua yang masih memiliki anak dengan usia dini. Bagi pasangan suami istri, anak adalah anugerah dari Tuhan yang sangat bermakna. Apalagi jika anak yang terlahir masih berumur sangat dini atau baru saja dilahirkan.

Tentu orang tua ingin memperlakukannya dengan sangat spesial. Termasuk dalam urusan mempersiapkan kamar tidur, kebanyakan orangtua ingin anaknya lebih mandiri. Terbiasa menyiapkan satu ruang tersendiri sebagai kamar tempat untuk tempat tidur anak.

Baca Juga:

Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak

Menata kamar untuk tidur dengan anak yang nyaman dan aman sangat dibutuhkan oleh orang tua, demi menjamin kualitas istirahat yang lebih baik seperti berikut:

Baca Juga:

Pahami Usia Anak

Berbagi ruangan kamar tidur bersama dengan anak sangat biasa dilakukan terutama bila anak masih berusia dini, bayi atau balita umumnya. Usia anak yang sangat rentan dengan hal tertentu yang menjadikan orangtua menaruh perhatian lebih pada banyak faktor seperti keselamatan dan kenyamanan.

Pasalnya tentu kondisi ruangan jika orang tua tidur dengan anak akan berbeda dengan sebelumnya. Selain kedua faktor tersebut hal berikut juga bisa diterapkan.

Baca juga: 

Menata Pencahayaan Kamar Tidur Anak

tips menata kamar untuk tidur dengan anak

Mata bayi yang baru lahir sangat rentan dengan cahaya, oleh karena itu merubah posisi tempat tidur agar tidak tepat berada di bawah sinar lampu utama bisa dilakukan. Selain itu, meski telah memiliki lampu tidur, usahakan setidaknya untuk menambahkan lampu khusus terutama bila boks bayi juga dipergunakan. Ini tentu perlu agar mata bayi tetap nyaman dan pencahayaan cukup.

Tambah Sofa yang Nyaman

Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak

Tidak ada salahnya bila PIns ingin menambahkan sofa di dalam kamar. Ini tentunya bisa menjadi media yang nyaman saat Pins berinteraksi dengan anak di kamar. Tetapi, sofa Pins tambahkan bila memang ruang kamar mencukupi.

Pindahkan Furniture yang Tidak Digunakan

Apabila Pins memiliki ukuran kamar tidur untuk anak yang terbatas, sebaiknya singkirkan furnitur yang jarang atau bahkan tidak terpakai dari kamar. Ini akan membuat kamar anak lebih lapang. Kamar yang luas dan leluasa umumnya disukai oleh anak.

Gunakan Warna Putih pada Cat Dinding

Putih merupakan warna yang cocok bila Pins menginginkan kesan luas atau lapang pada kamar tidur. Bila memilih warna putih, sebaiknya Pins juga menambahkan furniture dengan warna senada agar kamar terlihat lebih cantik.

Atur Posisi Lemari

Lemari dan rak di kamar merupakan salah satu bagian yang paling banyak memakan ruang. Jadi, sebaiknya Pins bisa mengatur kedua benda ini dengan baik. Ini akan membantu kamar anak Pins terlihat lebih rapi dan nyaman dihuni.

Atur agar Cahaya Matahari Masuk

Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak

Cahaya matahari bisa membuat kamar anak terhindar dari kelembaban dan sumpek. Sumber cahaya matahari yang cukup juga tentunya membuat kamar anak tidak selalu harus menyalakan lampu. Jadi, pastikan kamar anak dimasuki oleh cahaya matahari yang cukup karena banyak manfaatnya.

Maksimalkan Sisi Kamar Anak

Tiap sisi kamar anak bisa Pins manfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya, di satu sisi Pins bisa menggunakannya untuk letak lemari. Sisi yang lain, untuk meja belajar dan sisi lainnya untuk ranjang. Aturlah posisi sedemikian rupa agar kamar anak tidak tampak sesak.

Tambah Tanaman Hijau

Tanaman hijau di sudut-sudut kamar anak bisa membuat kamar tampak lebih segar. Pins bisa memilih ukuran tanaman yang kecil atau besar tergantung dengan konsep kamar tidur yang dipilih.

Baca juga:

Ubah Posisi Alat Elektronik dan Peralatan Pribadi

Tips Menata Kamar Untuk Tidur Dengan Anak

Jika kamar tidur yang digunakan bersama hingga anak berusia diatas satu tahun ada baiknya untuk merubah kebiasaan pribadi. Seperti meletakkan TV di dalam kamar, ataupun penataan peralatan make up ada baiknya diberi tempat tersendiri.

Selain karena memperhatikan faktor keamanan si anak, menonton TV dikamar akan menggangu waktu tidur anak, sementara peralatan make up yang berserakan akan berbahaya jika terjangkau si kecil.

Baca juga: 

Gunakan Karpet Sebagai Penunjang Kenyamanan dan Keamanan

Dari banyak aspek, karpet bisa menjadi tambahan perabot yang berguna. Pilih karpet yang tebal dan nyaman, selain sebagai bagian dari peningkatan kenyamanan kamar. Penggunaan karpet juga bisa jadi salah satu hal yang meningkatkan faktor keamanan bagi orangtua yang tidur bersama anak, terlebih jika si anak masih bayi atau balita.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai langkah menata kamar untuk tidur dengan anak. Tetapi menata kamar tidur bagi orang tua yang tidur dengan anak jelas tergantung dari kebutuhan masing-masing. Selain itu, desain dari ruangan kamar juga patut menjadi pertimbangan perubahan termasuk juga jenis perabot apa saja di dalamnya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ranting Pesona Cimahi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download