Pinhome

Tips Properti

Tips Mengatur Ruang Kamar Jika Tidur Bersama Anak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagi pasangan suami istri, anak adalah anugerah dari Tuhan yang sangat bermakna. Tiap-tiap anak jelas memiliki kedudukan yang sangat istimewa dimata orang tuanya. Apalagi bila anak yang terlahir masih berumur sangat dini atau baru saja dilahirkan. Tentu orang tua ingin memperlakukan dengan sangat spesial

Termasuk dalam urusan mempersiapkan kamar tidur. Kebanyakan orangtua yang ingin anaknya mandiri, biasa menyiapkan satu ruang tersendiri sebagai kamar tempat untuk tempat tidur anak. Pasalnya, menumbuhkan kemandirian dalam diri anak sejak dini jelas adalah hal yang positif bagi perkembangan si anak itu sendiri.

Namun jelas tak semua keluarga punya potensi untuk menyiapkan kamar tidur anak sendiri, beberapa diantaranya tetap punya ruangan tidur yang sama dengan si anak. Disadari atau tidak tentu cara mengatur ruang kamar bila orang tua harus berbagi dengan anak perlu perhatian khusus. Pasalnya selain faktor kenyamanan faktor lain juga perlu diperhatikan dengan seksama. Artikel kali ini akan menyajikan rangkuman tips mengatur kamar tidur bagi orang tua dan anak yang ada dalam satu ruangan yang sama, simak artikelnya.

Pahami Usia Anak, Semakin Dini Perhatian Musti Diberikan Lebih

Berbagi ruangan kamar tidur bersama dengan anak sangat biasa dilakukan terutama bila anak masih berusia dini, bayi atau balita umumnya. Usia anak yang sangat rentan dengan banyak hal tentu menjadikan orangtua mesti menaruh perhatian yang lebih pada banyak faktor seperti misalnya keselamatan dan kenyamanan. Pasalnya tentu kondisi ruangan bila orangtua tidur dengan anak akan berbeda dengan sebelumnya. Selain kedua faktor tersebut hal berikut juga bisa diterapkan.

Perhatikan Pencahayaan

Mata bayi yang baru lahir sangat rentan dengan cahaya, oleh karena itu merubah posisi tempat tidur agar tidak tepat berada di bawah sinar lampu utama bisa dilakukan. Selain itu, meski telah memiliki lampu tidur, usahakn setidaknya untuk menambahkan lampu khusus terutama bila boks bayi juga dipergunakan. Ini tentu perlu agar mata bayi tetap nyaman dan pencahayaan cukup.

Ubah Kebiasaan Termasuk Peletakan Elektronik dan Kebutuhan Pribadi

Jika kamar tidur yang digunakan bersama hingga anak berusia diatas satu tahun ada baiknya untuk merubah kebiasaan pribadi. Hal seperti meletakkan TV di dalam kamar, ataupun penataan peralatan make up ada baiknya diberi tempat tersendiri. Selain karena memperhatikan faktor keaamanan si anak, menonton TV dikamar akan menggangu waktu tidur anak, sementara peralatan make up yang berserakan akan berbahaya bila terjangkau si kecil karena mungkin tertelan apalagi bila berukuran kecil

Gunakan Karpet Sebagai Tambahan Faktor Kenyamanan dan Keamanan

Dari banyak aspek, karpet bisa menjadi tambahan perabot yang berguna. Pilih yang tebal dan menyamankan, selain sebagai bagian dari peningkatan kenyamanan kamar, karpet juga bisa jadi salah satu hal yang meningkatkan faktor keamanan bagi orangtua yang tidur bersama anak, terlebih bila si anak masih bayi atau balita.

Hal diatas jelas adalah merupakan rangkuman. Tetapi menata kamar tidur bagi orang tua yang tidur dengan anak jelas tergantung dari kebutuhan masing-masing. Selain itu desain dari ruangan kamar juga patut menjadi pertimbangan perubahan termasuk juga jenis perabot apa saja di dalamnya.

Tags :

Bagikan Artikel