Pinhome

Uncategorized

Tips Melindungi Rumah Dari Bencana Banjir

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cuaca yang ekstream akhir-akhir ini menyebabkan hujan turun sangat deras dan disertai dengan petir. Hujan yang deras biasanya turun dalam durasi yang cukup lama. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya banjir pada beberapa daerah di Indonesia. Terutama lokasi-lokasi daerah yang sangat rawan terhadap banjir, yaitu Jakarta. Untuk itu kita harus selalu mewaspadai jika terjadi hujan yang sangat deras karena dapat memicu terjadinya banjir.

Jika terjadi banjir, akan merugikan semua orang. Mulai dari kehilangan rumah, harta benda juga nyawa. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengendalikan banjir, sehingga Anda tetap aman meskipun memasuki musim penghujan.

Pengendalian

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Anda dapat menjaga selokan di lingkungan rumah tetap bersih dari sampah serta menjaga saluran air agar tidak tersbumbat. Langkah tersebut akan membuat air mengalir dengan lancar sehingga tidak akan menyebabkan banjir yang akan merusak rumah. Jika curah hujan sangat tinggi, Anda dapat menambah karung pasir pada bendungan aliran air agar air tidak masuk ke halaman rumah.

Menekan Kerugian

Agar bencana banjir tidak merugikan dan merusak rumah Anda, sebaiknya lakukan beberapa hal untuk menanggulanginya. Anda dapat menempatkan soket dan komponen listrik di rumah setidaknya 12 inci di atas titik semula. Untuk barang-barang elektronik di rumah Anda seperti mesin cuci, lemar es, TV dan lainnya dapat diletakkan di atas beton setidaknya 12 inci lebih tinggi dari titik ketinggian saat banjir datang.

Selamatkan juga dokumen-dokumen penting Anda di tempat yang tinggi agar tidak terkena banjir. Lebih baik Anda menyimpannya di lemari dan bila perlu letakkan di lantai 2. Siapkan juga persediaan obat-obatan, senter, baterai perlengkapan pertolongan pertama, botol air dan persediaan bekal makanan saat banjir sudah masuk ke rumah Anda. Jangan lupa selamatkan hewan peliharaan jika Anda memilikinya. Anda dapat  menyiapkan beberapa nomer darurat, seperti nomer polis asuransi, kontak agen atau teman dan kerabat yang dapat dihubungi saat Anda berada dalam keadaan darurat.

Saat bencana banjir sudah menggenangi daerah rumah Anda, sebaiknya hindari kontak dengan jaringan listrik meskipun listrik sedang padam. Jangan berjalan pada aliran arus banjir yang tenang, karena hal tersebut dapat menyeret Anda. Jika terjadi banjir, biasanya hewan-hewan liar seperti ular  akan keluar dari sarangnya. Waspadai hal tersebut dan berlindunglah di rumah Anda agar tetap aman. Gunakanlah sepatu bot dan sarung tangan agar tangan dan kaki Anda tidak terkena air banjir yang kotor dan menyebabkan iritasi atau penyakit kulit lainnya.

Bencana banjir merupakan hal yang harus diwaspadai oleh semua orang. Adanya informasi di atas semoga dapat memberikan manfaat dan dapat meminimalkan dampak banjir bagi Anda dan keluarga.

Tags :

Bagikan Artikel