BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Mengatasi Rumah yang Banjir Saat Hujan Deras Mengguyur
0
0

10 Tips Mengatasi Rumah yang Banjir Saat Hujan Deras Mengguyur

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 1, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
mengatasi rumah kebanjirantop-right-banner

Bagaimana tips mengatasi rumah yang banjir? Hujan adalah saat terindah yang dinantikan jutaan bagi milyaran makhluk di planet bumi. Namun disisi lain hujan merupakan momok yang sangat ditakuti sebagian manusia karena bermacam alasan yang menyangkut kelancaran aktivitas kehidupan.

Bagi yang punya rumahnya berpotensi kebanjiran saat hujan deras mengguyur, disini kita akan uraikan beberapa tips barangkali bisa membantu mengatasi rumah kebanjiran dan meringankan beban yang sering menimpa warga saat musim hujan datang. langsung saja kita buat daftarnya disini.

Sebelum itu Pins bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Seperti di perumahan Greenland yang menyediakan banyak rumah-rumah yang mungkin kamu impikan selama ini.

Baca juga: 

10 Tips Mengatasi Rumah Banjir

Untuk mengatasi rumah yang banjir, berikut adalah sepuluh tips yang bisa Pins terapkan. Dengan perencanaan yang baik dan tindakan cepat, Anda dapat meminimalkan kerusakan dan dampak banjir pada rumah kamu.

1. Kerja Sama

tips mengatasi banjir
Source : CNN Indonesia

Kerjasama dengan seluruh warga untuk mencari jalan terbaik dalam mengatasi banjir di lingkungan setempat. Karena beda daerah tentu beda masalah dan solusinya.

Perlu diketahui bahwa banjir juga punya sisi positif. Yaitu dapat meningkatkan kerukunan antar warga karena adanya tolong menolong ketika bencana terjadi.

2. Menyiapkan Perahu

tips mengatasi banjir
Source : Kemnaker

Menyiapkan perahu atau pelampung secara mandiri atau sebagai inventaris warga. Sebagai persediaan jikalau banjir cukup tinggi. Sehingga mau tidak mau kamu harus mencari benda yang bisa membantu untuk tetap terapung diatas air.

3. Membangun Rumah Panggung

tips mengatasi banjir
Source : Dream

Membangun rumah dengan elevasi lantai diatas muka air banjir, bisa menggunakan sistem rumah panggung atau melakukan pengurugan tanah. Rumah panggung bahkan sangat berguna bagi Pins yang tinggal di daerah rawan banjir seperti di pinggir sungai atau daerah dataran rendah yang minim saluran drainase. Air banjir yang tidak terlalu tinggi tidak akan masuk ke rumah kamu, sehingga memberi waktu untuk mengamankan barang-barang yang rentan terhadap air.

4. Membangun Rumah 2 Lantai

tips mengatasi banjir
Source : Ruparupa

Membangun rumah bertingkat 2 lantai atau lebih tinggi. Sehingga jika banjir terjadi maka bisa menggunakan lantai 2 untuk tempat tinggal sementara.

5. Buka Semua Pintu dan Jendela

Source : In Sulut

Bagi yang rumahnya terbuat dari konstruksi kayu atau bahan bangunan rawan hanyut. Sebaiknya semua pintu dan jendela dibuka selebar mungkin saat banjir terjadi dengan aliran air cukup deras sehingga rumah tidak terhanyut.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan

Source : Dinkominfo Demak

Selalu menjaga kebersihan lingkungan, gotong royong membersihkan got setiap seminggu atau sebulan sekali sehingga setiap kali hujan turun maka air dapat mengalir dengan lancar.

Baca juga:

7. Memiliki Taman

Source : Berita 99

Dengan membangun taman di sekitar rumah, kamu akan membantu penyerapan air ke tanah. Jadi air huja tidak akan terlalu menggenang. 

8. Menggunakan Paving Block

Source : Conbloc Internusa

Penggunaan paving block telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi risiko banjir. Ini disebabkan oleh kemampuan paving block untuk menyerap air dan mengalirkannya ke dalam tanah secara optimal. Carilah model paving block sesuai keinginan Pins.

Baca juga:

9. Menyediakan Biopori

Source : Klik Hijau

Untuk mengurangi risiko banjir, penting untuk memasang lubang biopori yang mencapai kedalaman 100 cm. Pins bisa menempatkan lubang-lubang ini di sekitar pohon, di dasar selokan, atau bahkan di pekarangan rumah Pins. Hal ini akan membantu mengurangi potensi banjir yang dapat terjadi.

10. Melestarikan Pohon

Source : Human Initiative

Tanpa disadari, menjaga hutan dan mendukung kelestariannya merupakan tindakan penting. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan produk kayu seperti kertas dan tisu, tindakan ini dapat membantu mengurangi potensi banjir.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rumah kebanjiran. Bagi warga yang rumahnya sering terendam banjir saat musim hujan, semoga bisa mendapatkan solusi terbaik. 

Pins juga bisa berbagi tambahan tips atau berbagai pengalaman saat kebanjiran silahkan dituliskan disini. Barangkali bisa bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang membutuhkan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download