Pinhome

Uncategorized

Rumah kebanjiran saat hujan deras mengguyur

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Hujan adalah saat terindah yang dinantikan jutaan bahkan milyaran makhluk di planet bumi, namun disisi lain hujan merupakan momok yang sangat ditakuti sebagian manusia karena bermacam alasan yang menyangkut kelancaran aktifitas kehidupan. contohnya adalah warga yang harus rela dengan kondisi rumah kebanjiran saat hujan deras mengguyur. disaat pepohonan berpesta pora karena mendapat berkah guyuran air hujan turun dari langit, petani tersenyum riang karena sawah ladangnya mendapat siraman air secara gratis dengan jumlah berlimpah. Namun beberapa manusia nampak berwajah muram, sebagian manusia sedang repot mengatasi banjir yang melanda tempat tinggalnya. ada yang sibuk menyelamatkan perabot rumah tangga atau mengusahakan keselamatan diri sehingga ada yang terpaksa tinggal diatas atap rumah. memang suatu hal yang merepotkan jika mengalami musibah yang satu ini, meskipun bagi anak-anak justru merasa senang kegirangan karena melihatnya dari sudut pandang berbeda, kapan lagi bisa berenang di depan rumah atau bermain bersama kewan-kawan pada genangan air hujan. suatu cara pandang berbeda yang cukup menarik untuk dipelajari.

Bagi yang rumahnya berpotensi kebanjiran saat hujan deras mengguyur, disini kita akan uraikan beberapa tips barangkali bisa membantu meringankan beban yang sering menimpa warga saat musim hujan datang. langsung saja kita buat daftarnya disini.

  1. Kerjasama dengan seluruh warga untuk mencari jalan terbaik dalam mengatasi banjir dilingkungan setempat, karena beda daerah tentu beda masalah dan solusinya.
  2. Perlu diketahui bahwa banjir juga punya sisi positif yaitu dapat meningkatkan kerukunan antar warga karena adanya tolong menolong ketika bencana terjadi.
  3. Menyiapkan perahu atau pelampung secara mandiri atau sebagai inventaris warga, sebagai persediaan jikalau banjir cukup tinggi sehingga mau tidak mau kita harus mencari benda yang bisa membantu untuk tetap terapung diatas air.
  4. Membangun rumah dengan elevasi lantai diatas muka air banjir, bisa menggunakan sistem rumah panggung atau melakukan pengurugan tanah.
  5. Membangun rumah bertingkat 2 lantai atau lebih tinggi, sehingga jika banjir terjadi maka bisa menggunakan lantai 2 untuk tempat tinggal sementara.
  6. Bagi yang rumahnya terbuat dari konstruksi kayu atau bahan bangunan rawan hanyut, sebaiknya semua pintu dan jendela dibuka selebar mungkin saat banjir terjadi dengan aliran air cukup deras sehingga rumah tidak terhanyut.
  7. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, gotong royong membersihkan got setiap seminggu atau sebulan sekali sehingga setiap kali hujan turun maka air dapat mengalir dengan lancar.

Demikian beberapa tips yang bisa disampaikan bagi warga yang rumahnya sering terendam banjir saat musim hujan, semoga bisa mendapatkan solusi terbaik, dan bagi yang hendak memberikan tambahan tips atau berbagai pengalaman saat kebanjiran silahkan dituliskan disini, barangkali bisa bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang membutuhkan 🙂

Tags :

Bagikan Artikel