Pinhome

Uncategorized

Tips Efektif Menghemat Air Di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Air adalah kebutuhan yang sangat penting bagi setiap mahluk hidup. Apalagi bagi manusia yang setiap harinya tidak dapat terpisahkan dari air. Air bagi manusia tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh, namun juga dapat digunakan untuk mandi, mencuci baju, mencuci piring, memasak dan sebagainya. Hal tersebut membuat air menjadi sangat penting dan berharga bagi manusia. Maka ketersediaan air juga harus diperhatikan dengan baik demi kelangsungan hidup sekarang dan yang akan datang.

Kebiasaan dalam menggunakan air di rumah juga akan mempengaruhi ketersediaan air di masa depan. Jadi sebaiknya mulailah untuk menghemat air, karena dengan menghemat air juga akan menghemat energi. Agar penggunaan air di rumah Anda menjadi lebih hemat, perhatikanlah tips-tips di bawah ini yang akan membahas cara menghemat air di rumah, diantaranya :

Saat Mencuci Piring

Pada saat mencuci piring, sebaiknya Anda menghindari membuka keran secara terus menerus karena akan membuang banyak air. Lebih baik Anda mencuci semua piring, sendok, gelas dan peralatan lain yang kotor dengan menggunakan sabun cair dan spons. Jika semua peralatan makan sudah dicuci bersih, baru buka keran dan bilas menggunakan air mengalir.

Saat Menggunakan Keran Air di Wastafel

Apabila ingin menyikat gigi dan mencuci tangan, Anda dapat melakukannya terlebih dahulu. Jika sudah selesai baru membuka kerannya. Nyalakan keran hanya saat berkumur dan membasuh tangan saja agar lebih berhemat. Namun jika ada keran di rumah Anda yang bocor, sebaiknya segera diperbaiki. Karena keran yang bocor akan mengeluarkan 60 tetes air setiap menitnya dan akan membuang 720 liter air tiap bulannya.

Saat Menggunakan Shower

Mandi menggunakan shower merupakan hal yang menyenangkan dan biasaya memerluhkan waktu yang lama. Namun kurangilah waktu mandi Anda saat menggunakan shower. Karena apabila Anda mengurangi waktu mandi yang semula 10 menit menjadi 5 menit akan menghemat sekitar 47 liter air per bulannya.

Saat Menggunakan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang boros air. Agar air tidak terbuang dengan sia-sia, lebih baik jika Anda mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Saat Menyiram Tanaman

Jika Anda sedang mencuci berbagai sayur-sayuran dan buah-buahan dalam baskom, jangan buang dahulu air bekas cucian tersebut. Air bekas mencuci sayur dan buah tersebut dapat juga digunakan untuk menyiram tanaman Anda. Apabila sedang musim hujan, tampunglah air hujan ke dalam ember. Air tersebut juga dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

Demikian pembahan mengenai tips menghemat air yang ada di rumah Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel