BlogPemilik PropertiDesain HunianAnalisa Harga Satuan Menggali 1m3 Tanah Biasa
0
0

Analisa Harga Satuan Menggali 1m3 Tanah Biasa

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penggalian tanah bisa diperlukan dalam skala kecil untuk kebutuhan rumah tangga maupun skala besar untuk bisnis seperti proyek. Analisa harga satuan menggali 1m3 tanah biasa menjadi informasi penting yang perlu Pins ketahui sebelum meminta orang lain melakukan pekerjaan tersebut. Informasi ini akan membantu kamu mengelola dan menyiapkan bujet dengan lebih mudah.

Melalui ulasan ini, kami akan membantu kamu memahami perhitungan harga atau ongkos yang diperlukan untuk melakukan penggalian. Namun, sebelumnya, kamu juga perlu memahami manfaat untuk memiliki aplikasi Pinhome.

Aplikasi ini punya berbagai fitur menarik seperti Take Over KPR untuk membantu mengambil alih hunian dengan harga bunga terjangkau. Kemudian, ada juga fitur pencariannya membantu kamu menemukan rumah second di Kota Mojokerto, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence bahkan yang dekat dengan Stasiun Kotabaru sekalipun.

Baca juga: Analisa Harga Satuan Pekerjaan Galian, Urugan dan Pembuangan Tanah

Pekerjaan Galian Tanah

analisa harga satuan menggali 1m3 tanah biasa
Source : Sumber: LKPP

Di dunia konstruksi, ada bermacam pekerjaan yang pelaksanaannya berhubungan dengan penggalian tanah, misalnya pembuatan lantai basement gedung, pondasi bangunan, pembuatan liang lahat, hingga kebutuhan untuk urug tanah. Pekerjaan galian tanah ini tentunya sangat dibutuhkan dalam proyek pembangunan.

Tidak heran jika, banyak juga masyarakat yang berminat terhadap pekerjaan ini. Untuk proses pengerjaannya sendiri, ada dua status pekerja yang bersentuhan langsung dengan proses galian yakni mandor dan pekerja. Keduanya punya perhitungan yang berbeda dan perlu Pins hitung secara terpisah untuk mendapat rincian bujet yang tepat.

Harga satuan penggalian tanah pada dasarnya dibedakan menurut kedalamannya karena hal itu akan berpengaruh pada tingkat kesulitan serta kecepatan dalam pengerjaan. Pelaksanaan penggalian tanah sendiri sebenarnya bisa dikerjakan secara manual dengan alat cangkul oleh tenaga tukang gali. Tetapi, untuk pekerjaan dengan skala besar dan medan yang sulit biasanya alat berat seperti bego atau excavator adalah solusinya.

Sebagai orang yang membutuhkan jasa para pekerja, tentunya Pins tidak boleh bertindak egois. Pastikan menggunakan metode manual untuk menggali tanah dalam skala kecil atau sesuai dengan kapasitas manusia sebagai pekerjanya. Pemilihan metode manual atau bantuan alat berat ini akan berpengaruh terhadap waktu dan biaya yang kamu keluarkan nantinya.

Baca juga:

Analisa Harga Satuan Menggali 1 m3 Tanah Biasa

Source : Sumber: LKPP

Pekerjaan penggalian tanah setidaknya akan membutuhkan tenaga kerja berupa pekerja yang menggali tanah dan mandor sebagai pengawas. Peran keduanya sama-sama penting dan saling berkaitan. Performa pekerja bisa saja rendah jika mandornya bekerja dengan tidak baik atau seenaknya. Sementara itu, mandor juga dapat terkena masalah jika pekerjanya tidak mampu bekerja sesuai arahan.

Berdasarkan “PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA”, nomor 28/PRT/M/2016, tentang pedoman analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum halaman 93- 94, menginformasikan bahwa koefisien analisa harga satuan menggali 1m³ tanah biasa secara manual adalah sebagai berikut:

Jenis PekerjaanPekerjaMandorSatuan
1m³ galian tanah biasa sedalam kurang lebih 1m0,56300,0563OH
1m³ galian tanah biasa sedalam lebih dari 1m hingga 2m0,67500,0675OH
1m³ galian tanah biasa sedalam lebih dari 2m hingga 3m0,76000,0760OH
1m³ galian tanah biasa sedalam lebih dari 3m0,07500,0075OH

Note: Kata OH pada koefisien tersebut merupakan kependekan dari kata ongkos harian.

Rincian harga atau tarif di atas adalah acuan yang bisa Pins gunakan untuk menghitung kebutuhan penggalian. Tentukan dulu kebutuhan galian lalu pilih tarif mandor dan pekerja sesuai dengan kedalamannya. Lakukan perhitungan untuk mendapat estimasi bujet penggalian tanah.

Baca juga: Arti Skala 1:100 pada Gambar Desain Bangunan

Simulasi Harga Satuan Menggali 1m3 Tanah Biasa

analisa harga satuan menggali 1m3 tanah biasa
Source : Sumber: Multi Kontraktor

Misalnya kita akan membuat pondasi rumah sedalam 1m dengan volume galian tanah 100 m³, harga upah pekerja tukang gali di daerah lokasi pembangunan adalah Rp.100.000,- perhari, sedangkan upah mandor Rp.150.000,- perhari.

Berapakah total biaya yang dibutuhkan untuk menggali tanah pada pekerjaan pondasi rumah tersebut.

  • Volume galian tanah= 100m³.
  • Pada analisa galian tanah biasa sedalam 1m, kita dapatkan koefisien 0,5630 OH pekerja dan 0,0563 OH mandor.
  • Pekerjan = 100m³ x 0,5630 x Rp.100.000,- = Rp.5.630.000.
  • Mandor = 100m³ x 0,0563 x Rp.150.000,- = Rp.844.500.
  • Jadi total biaya pekerjaan galian tanah = Rp.5.630.000,- + Rp.844.500,- = Rp.6.474.500,- (enam juta empat ratus tujuh puluh empat ribu lima ratus rupiah).

Begitulah penjelasan sekaligus contoh perhitungan dalam analisa harga satuan menggali 1m3 tanah biasa, semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Sumber Feature Image: LKPP


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download