Sebelum Bertransaksi, Cek Dulu Estimasi Nilai Properti Kamu!

Diperbarui oleh Jay ∙ November 19, 2021 ∙ 4 menit membaca

Pernah gak kamu penasaran dengan nilai properti yang kamu miliki? Ternyata, mengetahui estimasi nilai properti kamu punya banyak kegunaan. Bagaimana cara mengecek nilai properti kamu? Cek artikel berikut ini!

Pinhome — Menurut Standar Penilaian Indonesia (SPI) 2015, konsep nilai properti dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu nilai pasar dan nilai selain pasar. Dalam sehari-hari, estimasi nilai properti kebanyakan berasal dari nilai pasar yang dapat didefinisikan sebagai estimasi uang yang akan diterima dari hasil jual beli aset; dalam hal ini adalah properti kamu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui estimasi nilai properti, antara lain:

1. Estimasi Nilai Properti Melalui Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP)

Kantor Jasa Penilai Publik atau KJPP adalah sebuah badan usaha yang sudah memiliki izin dari Kementerian Keuangan untuk memberikan jasa layanan penilaian terhadap aset, seperti properti, mesin pabrik, lahan kosong, dan sebagainya. Dalam melakukan penilaian aset, KJPP akan melakukan beberapa proses, seperti kunjungan langsung, pengumpulan dokumen, analisa, hingga pembuatan laporan.

Laporan penilaian properti oleh KJPP ini dapat dijadikan acuan untuk mengajukan pinjaman di bank atau bahkan untuk menentukan harga jual yang Pins inginkan. Namun memang prosesnya memakan waktu lebih lama serta membutuhkan biaya untuk pengerjaannya.

Baca juga: Nilai Appraisal Rendah? Teliti Dulu Penyebabnya!

2. Menggunakan pendekatan harga pasar

Jika kamu perlu mengestimasi nilai properti dengan lebih cepat, cobalah melakukan estimasi harga rumah dengan membandingkan harga jual properti lain. Kamu bisa meminta bantuan dari agen properti untuk mencari tahu harga jual minimal 3 properti yang identik dengan yang kamu miliki, misalnya berada di daerah yang sama, jumlah ruangan sama, atau luas bangunan identik. Faktor waktu juga wajib diperhatikan! Misalnya kamu ingin mengetahui kisaran harga rumah di Jakarta pada bulan Februari 2021, maka sebaiknya kamu mencari informasi harga properti-properti di Jakarta yang mirip dengan propertimu, yang terjual selama 6 bulan belakangan.

Setelah terkumpul data harga jual dari 3 properti yang sejenis, kamu bisa menghitung pasaran harga rumah. Misalnya kamu menemukan harga jual properti A adalah Rp96.000.000,-, properti B Rp110.000.000,- dan properti C Rp100.000.000,-. Lalu perkirakan seberapa identik serta bandingkan kekurangan dan kelebihan propertimu dengan yang lain. Dalam contoh ini, misalnya properti A dan C adalah yang paling mirip, jadi kedua properti ini akan mendapat porsi paling besar, yaitu 40%, sedangkan rumah B akan mendapat sisanya, yaitu 20%. Cara menghitung harga jual rumah adalah:

(40% Rp96.000.000,-) + (20% Rp110.000.000,-) + (40% Rp100.000.000) = Rp100.400.000,-

Dari penghitungan cepat di atas, kamu bisa mengetahui kisaran rumah yang kamu miliki adalah Rp100.400.000,-. Tentu hasil ini tidak akan 100% akurat karena ada beberapa faktor yang dapat mengurangi atau menambah nilai properti. Namun dengan metode ini, kamu sudah memiliki bayangan awal tentang harga jual rumah milikmu.

Baca Juga: Harga Jual Beli Rumah Di Jakarta Melambung Tinggi

3. Menggunakan estimator properti online

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan estimator properti online. Metode ini mungkin adalah yang paling cepat karena kamu tinggal masuk ke mesin pencari. Banyak perusahaan yang sudah memiliki alat estimator properti online dengan membandingkan harga pasaran dari database masing-masing.

estimasi nilai properti

Pinhome sendiri juga memiliki estimator properti online instan yang diberi nama Pinvalue. Pinvalue mampu memperkirakan harga jual properti dengan akurat menggunakan beberapa parameter, seperti lokasi dan spesifikasi bangunan serta harga jual properti-properti lain yang berada di area tersebut. Penggunaannya pun mudah, kamu tinggal memasukkan area yang ingin kamu ketahui kisaran harganya, misalnya “kisaran harga rumah di Surabaya”. Pinvalue akan mulai mencari properti dengan spesifikasi identik yang berada di lokasi tersebut dan menentukan kisaran nilai properti sesuai informasi yang Anda berikan.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Ayo, download aplikasi Rekan Pinhome sekarang juga di App Store atau Google Play Store dan nikmati kemudahannya!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia