Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tiga Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Membangun Rumah

Properti

Tiga Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat bangun rumah, Siapapun tak akan mengelak jika ditanya tentang kebahagiaan saat memiliki rumah untuk pertama kali. Tentu saja mereka semua bahagia karena itu merupakan symbol percapaian atas pernikahan mereka. Respon tersebut akan berbeda apabila setiap orang ditanyai mengenai proses pembangunan sebuah rumah, pasti dengan kompak mereka menjawab, sulit! Ya, memang sulit jika anda belum mengenal rahasia ampuh dalam desain rumah. Tak terbayangkan bukan apabila kita membangun rumah dan karena kehabisan dana? Proyek tersebut berhenti di tengah jalan.  Ini sangat disayangkan ketika melihat bangunan-bangunan tak jadi mangkrak di tengah jalan dan akhirnya berlumut dan tak terawat. Ini akan menambah sekian banyak cerita horror mengenai rumah-rumah tak berpenghuni yang tak selesai akibat keterbatasan biaya

Sebenarnya, rumah yang tak selesai tersebut bisa dicegah apabila anda mengenal tips dan trik dalam membuat desain rumah. Langkah-langkah tersebut akan dijabarkan lebih jelas dalam artikel ini.

Kenali apa yang anda inginkan

Kesulitan untuk mendefinisikan keinginan hati akan berakibat pada ketidakpuasan terhadap rumah yang telah selesai dibangun. Untuk mengatasinya, ambil waktu secukupnya untuk merenungi dan berdiskusi dengan istri untuk berbagi ide dan pikiran. Rumah yang tepat adalah rumah yang bisa memenuhi kebutuhan anda dan sesuai dengan karakter anda. Gali terus apa yang ada dalam pikiran anda dan anggota keluarga lain dan lakukan brainstorming. Dengan ini anda akan berhasil merangkum apa yang sebenarnya anda inginkan terhadap rumah baru.

Jangan berjalan sendiri

Jika anda belum berpengalaman, jangan terlalu mengambil resiko dengan melakukan perencanaan dan desain rumah sendiri. Pertimbangan yang dilakukan secara individu masih bersifat subjektif dan cenderung memiliki berbagai macam kesalahan yang mesti diperbaiki. Berdiskusi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman akan banyak membantu, seperti halnya seorang arsitek.  Mereka akan membantu anda mulai dari A sampai Z mengenai dunia konstruksi dan arsitek.

Perencanaan alokasi dana untuk proyek konstruksi bangunan pun harus detail dan lengkap. Dalam penyusunan anggaran dana, berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman akan memberi wacana baru mengenai biaya dan anggaran yang mesti dipersiapkan. Jangan lupa untuk menambahkan anggaran pada biaya tak terduga untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu hal yang terjadi diluar dugaan.

Berjalan sesuai arah

Dalam perencanaan baik untuk alokasi dana maupun desain rumah, anda secara tidak langsung telah menentukan arah mana yang dituju untuk proyek konstruksi rumah. Tentu saja serta merta anda tidak langsung kaku dalam berpatokan pada perencanaan tersebut, akan tetapi anda pun juga harus lebih fleksible ketika ada sesuatu di luar perencanaan yang terjadi.

Akan tetapi memang sudah menjadi rahasia umum jika ingin membatasi pembengkakan dana yang sering terjadi dalam proyek desain rumah, maka yang harus dilakukan adalah tetap konsisten dan memegang teguh perencanaan yang ada.

Tags :

Bagikan Artikel