BlogPemilik PropertiDesain Hunian3 Feng Shui Utama Rumah Hadap Timur yang Harus Kamu Ketahui
0
0

3 Feng Shui Utama Rumah Hadap Timur yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah dan Feng Shuinya.top-right-banner

Dalam upaya menciptakan harmoni dan keseimbangan dalam lingkungan rumah, Feng Shui telah menjadi panduan yang berharga selama berabad-abad karena dapat memiliki dampak signifikan pada energi yang mengalir ke dalamnya. Salah satu orientasi yang seringkali dibahas adalah rumah hadap timur.

Feng Shui merupakan ilmu kuno yang telah membantu banyak orang mencapai kebahagiaan, kesejahteraan, dan keharmonisan dalam kehidupan. Selain itu, diperlukannya pemahaman dalam membaca Feng Shui untuk mengambil berbagai langkah konkret termasuk dalam membangun rumah beserta arahnya.

Sementara itu, Rumah Ekslusif seperti Intan Residence pun ada yang hadap timur seperti yang disarankan dalam Feng Shui. Dan untuk mencari informasi lebih lanjut, PinValue hadir sebagai solusi.

Dengan fitur Pinhome tersebut, Kamu dapat mengetahui harga estimasi sebuah rumah tanpa harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung. Contohnya saja rumah second di Tangerang Selatan dan perumahan di Jakarta Timur.

Baca juga: 8 Tips Mendesain Dapur di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Kelebihan dan Kekurangan Feng Shui Rumah Hadap Timur

Feng Shui rumah hadap timur.
Source : Freepik

Feng Shui adalah ilmu yang berasal dari Tiongkok kuno yang berkaitan dengan tata letak dan arah bangunan serta cara mengatur energi dalam lingkungan. Salah satu aspek penting dalam Feng Shui adalah arah hadap rumah, di mana arah hadap rumah dapat mempengaruhi aliran energi atau chi yang memasuki rumah.

1. Kelebihan Feng Shui Rumah Hadap Timur

Berbagai kelebihan dari rumah hadap timur adalah sebagai berikut:

  • Rumah yang menghadap ke timur akan menerima sinar matahari pagi yang lembut. Ini bisa menciptakan atmosfer yang menyegarkan dan membangkitkan semangat di pagi hari yang juga dikenal sebagai sumber energi yang positif dalam Feng Shui.
  • Timur adalah arah yang berhubungan dengan elemen kayu dan mewakili pertumbuhan, kehidupan, dan pemulihan. Maka, memiliki rumah yang menghadap timur dapat menghadirkan energi positif yang terkait dengan elemen ini ke dalam rumah.
  • Menurut Feng Shui, energi chi yang positif dapat mengalir lebih baik melalui pintu masuk utama yang menghadap timur. Ini dapat membantu dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan seimbang dalam rumah yang dapat membangkitkan energi positif dengan Feng Shui.

2. Kekurangan Feng Shui Rumah Hadap Timur

Sementara, berbagai kekurangan dari rumah hadap timur diantaranya adalah:

  • Meskipun sinar matahari pagi dapat memberikan energi positif, jika terlalu terik, hal ini dapat menjadi masalah. Pajangan yang berlebihan terhadap matahari pagi dapat meningkatkan suhu dalam rumah dan menyebabkan kenyamanan yang kurang pada beberapa saat dalam hari.
  • Kelebihan atau kekurangan menghadap timur dalam Feng Shui juga tergantung pada lokasi geografis rumah. Di beberapa daerah, menghadap timur mungkin tidak sesuai dengan iklim atau kondisi alam setempat sehingga ini alasan kenapa Feng Shui baik untuk tempat tinggal dan cara menerapkannya di rumah perlu diketahui.

Baca juga: 10 Aturan Feng Shui Kamar Tidur Untuk Tingkatkan Hoki

Feng Shui Rumah Hadap Timur yang Perlu Diperhatikan

Pentingnya Feng Shui rumah hadap timur.
Source : Freepik

Membahas rumah hadap timur menurut Feng Shui, ada 3 hal yang perlu diperhatikan. Antara lain yaitu:

1. Perhatikan Pintu Utama

Pintu utama adalah pintu masuk utama ke rumah dan memiliki peran penting dalam Feng Shui. Ketika rumah menghadap timur, pintu utama harus diperhatikan dengan baik dengan pertimbangan seperti:

  • Pastikan pintu utama mudah dilihat dan diakses. Hindari menyembunyikan pintu atau membuatnya sulit ditemukan, karena hal ini dapat menghalangi aliran energi positif ke dalam rumah.
  • Jaga agar pintu utama selalu bersih dan terawat dengan baik. Pintu yang rusak atau terlihat usang dapat memengaruhi energi di sekitarnya secara negatif.
  • Saat membuka pintu utama, pastikan bahwa pemandangan yang Kamu lihat adalah sesuatu yang menyenangkan dan positif. Jangan biarkan pintu utama langsung menghadap dinding atau halangan yang tidak menyenangkan.

2. Letakkan Atribut Berwarna Merah

Dalam Feng Shui, warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan dan kebahagiaan. Ketika rumah menghadap timur, Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambahkan atribut berwarna merah dalam dekorasi atau furnitur rumah seperti:

  • Menambahkan kursi atau sofa berwarna merah di ruang tamu atau area rekreasi bisa membawa energi positif ke ruangan tersebut.
  • Aksesori seperti bantal, karpet, atau lampu meja dengan warna merah juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menciptakan perasaan hangat dan bahagia.
  • Pilih tanaman berbunga dengan bunga berwarna merah atau pot berwarna merah untuk menghadirkan unsur warna ini ke dalam rumah. Kamu juga bisa menambahkan lukisan ikan koi karena ada arti yang positif dalam Feng Shui.

3. Mendapat Sinar Matahari Lebih

Sinar matahari menurut Feng Shui rumah hadap timur.
Source : Freepik

Salah satu keuntungan menghadap timur adalah paparan sinar matahari pagi yang menyegarkan. Kamu dapat memaksimalkan manfaat ini dengan beberapa cara seperti:

  • Pastikan rumah memiliki jendela yang cukup besar di sisi timur untuk membiarkan sinar matahari masuk dengan baik. Jendela yang besar juga dapat menciptakan perasaan terang dan lapang di dalam rumah.
  • Tempatkan ruangan-ruangan seperti ruang tidur atau ruang keluarga di sisi timur rumah untuk merasakan manfaat sinar matahari pagi secara maksimal.
  • Pertimbangkan menambahkan tanaman hias di dekat jendela di sisi timur karena ini termasuk 10 Feng Shui rumah paling terkenal. Tanaman ini dapat memberikan perasaan segar dan sejuk, sambil memberikan nuansa hijau yang menyenangkan.

Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan jika rumahmu menghadap timur menurut Feng Shui. Namun selain poin-poin tersebut, perlu diingat bahwa setiap rumah adalah unik, dan rekomendasi Feng Shui dapat bervariasi berdasarkan kondisi spesifik rumah.

Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan seorang ahli Feng Shui yang berpengalaman untuk mendapatkan nasihat yang lebih terpersonalisasi tentang bagaimana meningkatkan energi positif dalam rumah hadap timur milikmu.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download