Pinhome

Lifestyle

Taman Mungil Hijau dan Asri

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Anda memiliki lahan rumah terbatas, tapi ingin memiliki taman hijau nan asri? Jangan berkecil hati, dengan beberapa trik cantik taman hijau bisa dihadirkan di rumah Anda. Dengan biaya murah dan perawatan sederhana tentunya.

Manfaat Taman

Keberadaan taman selain dapat memperncantik rumah, dapat juga menjadikan sebuah rumah lebih sehat dan berkonsep ramah lingkungan. Tanaman-tanaman hijau yang berada di depan rumah maupun di belakang rumah, atau bahkan mungkin di sekeliling rumah dapat menjadi penyaring polusi udara dan dapat menjadi supplay oksigen yang melimpah untuk Anda dan keluarga. Dengan demikian udara bersih dan sehat dapat Anda miliki.

Selain itu taman dapat berfungsi sebagai penyegar ruang, dan menghadirkan konsep ramah lingkungan. Sebagai sumber inspirasi, keberadaan taman juga tidak dapat diremehkan, karena bukaan yang ada dalam rumah biasanya menghadap ke taman secara penuh.

Taman di Lahan Terbatas

Kebanyakan rumah di perkotaan memiliki lahan terbatas untuk taman. Hal ini karena luas bangunan yang lebih diutamakan dan kebetulan banyak konsep rumah minimalis dengan lahan sisa bagi taman yang terbatas dan sempit.

Misalnya, pada rumah yang hanya memiliki sisa lahan 2m dari tembok rumah ke tembok pagar. Dengan konsep multifungsi maka Anda dapat membagi luas taman itu sesuai dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam. 80cm dari pagar tembok di tanami tumbuhan semak yang cantik, kemudian pada 60cm dari tembok rumah ditanami tumbuhan menjalar yang merambat ke dinding rumah.

Pada tengah taman tadi, dibuat jalan tengah mirip gang dan setapak dengan batu-batuan alam yang eksotis. Maka sekeliling rumah, dan hoek rumah berkesan di kelilingi taman hijau yang menjulur indah ke rumah maupun menjuntai ke luar pagar.

Penempatan berbagai ragam pot bunga di bawah jendela dan dipinggir jalan tengah tadi menambah asri dan rimbunnya taman mungil ini.

Tanaman-tanaman semak dibuat lebih tinggi pada gundukan tanah antara 25cm sampai 40 cm, sehingga tanah tidak berceceran kemana-mana. Apalagi jika musim hujan turun, resiko tanah becek tidak aka nada di taman mungil ini, Anda bahkan bisa menikmati hujan dengan aroma tanah dan tanaman yang khas di saat bersantai dalam rumah sembari menikmati gemericik hujan yang indah. Anda tertarik?

Bagikan Artikel