Pinhome

Cara Pemasangan Keramik yang Baik

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Penggunaan material keramik sebagai bahan finishing bangunan baik pada lantai maupun dinding dapat menjadi alternatif untuk memperindah arsitektur rumah. Berbagai ukuran dan pola keramik dapat dipilih sesuai selera karena terdapat banyak variasi keramik yang ditawarkan di pasaran.

Dalam proses pemasangan keramik diperlukan metode pemasangan keramik yang baik sehingga dihasilkan sebuah pasangan keramik yang indah dan enak dipandang. Berbagai syarat pemasangan keramik yang baik dibawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan kriteria pemasangan keramik yang baik.

Syarat Pemasangan Keramik yang Baik

Minimal Potongan Keramik Setengah Lebar Keramik

Pengaturan posisi pemasangan keramik sebaiknya dibuat terlebih dahulu dalam bentuk gambar pola lantai agar dapat dilihat beberapa bagian yang membutuhkan keramik terpotong. Gambar pemasangan keramik diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada potongan keramik yang melebihi setengah lebar keramik.

Nat Keramik Lurus dan Rapi

Kelurusan nat keramik harus benar-benar rapi. Pembuatannya dapat menggunakan alat bantu benang ukur untuk menentukan kelurusan.

Pemasangan Keramik
(Pixabay)

Perempatan Nat Keramik Bertemu Dengan Rapi

Perempatan yang rapi dan bagus dapat membuat pemasangan keramik terlihat baik dan enak dipandang. Beberapa keramik dengan kualitas tertentu memerlukan ketelitian dalam pemasanganya karena bisa jadi mempunyai ukuran yang tidak seragam dan kesikuan yang kurang baik. Keramik yang baik adalah dengan kualitas 1 atau K1.

Jarak Nat Keramik Seragam

Untuk membuat jarak nat keramik yang seragam dapat menggunakan cetakan nat keramik yang dijual dipasaran atau bisa juga menggunakan paku serta material sejenisnya.

Baca Juga : Ukuran Material Keramik Bangunan dan Kegunaannya

Kedataran dan Ketegakan Keramik Bagus dan Rapi

Pemasangan Keramik
(Pixabay)

Kedataran pasangan selalu diperhatikan dengan menggunakan alat bantu benang ukur maupun waterpass, namun untuk pemasangan keramik lantai kamar mandi harus diberikan kemiringan agar air dapat mengalir dengan cepat melalui floor drain. Kemiringan juga harus benar-benar rapi dan baik.

Spesi Adukan Keramik Bagus dan Menggunakan Semen yang Cukup

Penggunaan adukan yang baik dapat menghasilkan pasangan keramik yang kuat dan tidak keropos. Hal ini dapat memperlama masa pakai bangunan.

Demikian uraian tentang beberapa syarat pemasangan keramik yang baik. Selamat merencanakan rumah idaman.

Baca Juga : Jenis Material Pintu untuk Rumah Tinggal

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

eKamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel