BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Pasang Keramik Lantai dengan Mudah dan Cepat
0
0

Cara Pasang Keramik Lantai dengan Mudah dan Cepat

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara pasang keramiktop-right-banner

Keramik lantai pada hunian dapat dikatakan sebagai material yang diperlukan ada pada suatu hunian. Alas penutup dari lantai tersebut bertujuan menambah kekuatan dari pijakan itu sendiri dan menjaga kebersihan dari lantai. Namun apa Pins tahu, seperti apa cara pasang keramik lantai tersebut? Apa bisa dilakukan sendiri?

Permukaan tempat orang berlalu-lalang dan berjalan ini perlu dibuat menarik dan tentunya tahan lama. Maka dari itu salah satu material bahan bangunan berupa keramik selalu menjadi pilihan alas lantai hunian. Untuk Pins yang baru saja pindah rumah atau memiliki rumah baru, ada baiknya Pins mengetahui cara pasang keramik lantai dengan mudah dan cepat. Selain dapat meminimalisir biaya, dengan pemasangan secara mandiri kamu pun akan merasakan kepuasan tersendiri.

Baca Juga: Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Perhatikan Kualitas Keramik

cara pasang keramik lantai
Source : homestratosphere

Sebelum melakukan persiapan, cek terlebih dahulu kualitas dari keramik. Hal tersebut dikarenakan akan berdampak pada pengaplikasian pada lantai. Pilihlah kualitas keramik terbaik untuk meminimalisir adanya presisi yang tidak sesuai. Bila Pins memilih keramik dengan kualitas buruk, berakibat pada ukuran yang berantakan dan juga tingkat kesulitan saat memasangnya. 

Persiapan Bahan yang Dibutuhkan

Pasang keramik lantai tentu ada bahan-bahan yang harus dipersiapkan selain keramik itu sendiri. Setelah Pins memilih dengan benar berdasarkan kualitas, bahan dan motif. Kini saatnya untuk mempersiapkan bahan pendukung lainnya. Namun, jangan lupa untuk selalu melebihkan pembelian keramik sebesar 10 persen sebagai tindakan preventif jika ada keramik yang tidak sesuai maupun berkendala saat memasang. 

Setelah urusan keramik selesai, kini Pins perlu mempersiapkan nat keramik, sarung tangan, semen khusus keramik, spons, papan applicator, alat pembuat jarak pada keramik (tile spacer), meteran, benang tebal dan pensil/pulpen/spidol. 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis Nan Sejuk

Ukur Luas Lantai Terlebih Dahulu

cara pasang keramik
Source : iqpowertools

Selanjutnya adalah tahap pengukuran luas dari ruang yang akan diaplikasikan keramik. Sebelum buru-buru mengetahui cara memasang keramik, ada baiknya Pins gunakan meteran untuk mengukur. Setelahnya ditandai dengan pulpen dan benang tebal yang telah disiapkan. Benang tersebut berguna sebagai acuan saat menempelkan keramik pada garis yang telah disesuaikan.

Selain itu, benang tebal juga digunakan untuk menentukan jalur pemasangan. Hal tersebut untuk menghindari adanya keramik yang dipasang tidak simetris. Pins pasti tidak mau bukan bila ada kemiringan dalam pemasangannya? Maka dari itu gunakan benang tebal sebagai tanda.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Keramik Lantai Dari Awal Hingga Akhir

Simulasikan Tata Letak Keramik

Benang tebal sudah dipasang sebagai acuan, kini masuk dalam tahap cara memasang keramik dengan simulasi. Mengapa disebut simulasi? Ini menjadi salah satu trik terbaik dalam memperagakan pengaplikasian keramik sebelum dipasang dengan sempurna. Caranya adalah dengan memasang seluruh keramik pada lantai tanpa semen terlebih dahulu. Jangan lupa sesuaikan dengan garis yang telah Pins buat sebelumnya ya!

Dalam tahap ini, Pins akan melihat dengan jelas berapa jumlah keramik yang dipasang pada permukaan lantai dan apakah memerlukan pemotongan keramik pada beberapa bagian atau tidak. Inilah saatnya penggunaan tile spacer untuk memberikan jarak antara satu keramik dengan keramik lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Model Keramik Minimalis

Rendam Keramik Dengan Air

Nah, bila Pins sudah mengetahui jumlah keramik yang dibutuhkan, kini saatnya membuat keramik lebih kuat lagi. Caranya dengan merendam kebutuhan keramik dalam air. Walaupun sering dianggap remeh oleh sebagian orang, merendam keramik bisa membuat keramik lebih lentur dan tidak mudah lepas saat pengaplikasian. Perendaman keramik dilakukan agar pori-pori pada keramik lantai dapat menyerap keseluruhan air.

Pasang Keramik dengan Rapi

cara pasang keramik lantai
Source : iphservice

Masuk dalam tahap cara memasang keramik yang benar. Pertama-tama cobalah aplikasikan semen basah pada bagian bawah lantai keramik sebelum dipasang. Semen berguna untuk merekatkan keramik pada lantai. Gunakan semen khusus keramik, sarung tangan dengan papan applicator yang telah disiapkan sebelumnya. Cobalah pada garis di area pertama yang sudah Pins tandai dengan pengaplikasian semen secara tipis.

Tempel keramik kemudian tekan dengan bantuan papan atau barang apapun yang datar. Hal ini dilakukan untuk menyamakan ketinggian antara satu keramik dengan keramik lainnya. Bila sudah dirasa berhasil, Pins bisa melanjutkan pada keramik di baris lainnya. Satu lagi Pins, jangan lupa untuk menghilangkan kerikil pada campuran semen. Hal tersebut dapat membuat lantai tidak rata.

Baca Juga: Model dan Harga Keramik Carport Terbaik

Lakukan Finishing

Source : centroceramic

Keramik lantai hunian sudah terpasang dengan baik, kini saatnya menunggu hingga semua permukaan kering. Hindari adanya orang yang lalu lalang saat proses pengeringan terjadi. Bila sudah dirasa kering, Pins bisa masuk dalam tahap selanjutnya yaitu penggunaan nat keramik yang tentunya sudah dicampur dengan air. 

Apa guna nat keramik? Nat keramik berguna untuk mengisi celah-celah pada keramik yang sebelumnya telah Pins buat dengan menggunakan tile spacer. Pastikan semua sudah teraplikasikan dengan baik dan sela-sela keramik sudah terisi penuh oleh nat. Ingat, benar-benar tidak ada rongga udara yang masuk ya! Pins bisa mengoles nat menggunakan papan applicator dan menunggu kurang lebih 15 menit hingga mengering. 

Kini keramik sudah siap untuk dipakai. Namun, ada baiknya untuk melakukan pengecekan satu kali lagi pada keseluruhan permukaan. Seperti penggunaan spons untuk menghilangkan area yang seharusnya tidak terkena nat keramik maupun memastikan tidak adanya keramik yang terlepas ataupun tidak melekat satu dengan lainnya.

Cara memasang keramik dengan mudah dan cepat memang tetap memerlukan proses yang cukup panjang. Namun, bila Pins sudah melakukan tahap demi tahapan dengan baik, pasti hasilnya akan maksimal. Jangan lupa untuk membersihkan keramik yang baru dipasang , ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Perawatan Lantai Kayu di Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen seperti perumahan Vasa Jagakarsa di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download