Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Pertimbangan Menanam Pohon Besar di Rumah

Hobi

Pertimbangan Menanam Pohon Besar di Rumah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Isu kerusakan linggkungan dalam bentuk global warming adalah salah satu isu lingkungan terkini setidaknya 5 tahun belakangan. Salah satu yang paling bisa dirasakan adalah, meningkatnya suhu bumi. Beragam kampanye digalakkan agar kesadaran masyarakat untuk terus menjaga lingkungan semakin meningkat.

Salah satunya adalah gerakan penghijauan yang terlihat dilakukan dalam berbagai skala. Mulai dari skala kecil hingga yang berjumlah jutaan pohon. Ini semua tentu demi memperlambat atau mengurangi kerusakan ekologis yang terjadi.

Usaha untuk ini, sebenarnya bisa dilakukan dirumah. Salah satunya dengan menanam pohon besar di lingkungan sekitar rumah. Meski jelas bermanfaat, menanam pohon perindang yang mampu tumbuh hingga ukuran besar di lingkungan rumah, jelas perlu pertimbangan tertentu. Apa saja? Simak dalam ulasan di artikel kali ini.

menanam pohon di rumah
menanam pohon di rumah

Tanam Pohon Bebas Perawatan, Pohon Buah Bisa Jadi Pilihan Dengan Manfaat Ganda

Ada banyak hal sebenarnya yang bisa jadi pertimbangan memilih tipe pohon perindang untuk ditanam di lingkungan rumah. Beberapa hal berikut merupkan tips yang bisa diaplikasikan langsung. Kenali satu persatu, perindang halaman rumah dengan pohon peneduh.

1. Pilih Jenis Yang Minim Perawatan, Tapi Indah Dipandang

Belakangan di Indonesia pohon asal Brasil yang terkenal dengan nama tabebuia menjadi salah satu tanaman peneduh berbatang keras yang sangat digemari untuk ditanam. Alasannya jelas, keindahan bunga yang sangat lebat kala musim berbunga tiba, ditambah dengan akar yang tak merusak konstruksi jadikan banyak orang memilih jenis pohon ini sebagai pohon peneduh. Jenis ini juga bisa dijadikan pilihan karena mudah dari segi perawatan dan ketersedian bibit yang mudah untuk ditemukan.

2. Sesuaikan Antara Kondisi Iklim Dengan Jenis Pohon Yang Akan Ditanam

Banyak kasus dimana orang berusaha menanam pohon peneduh namun tak dapat tumbuh dengan optimal bahkan layu lalu mati. Untuk menghindari hal ini, salah satu yang harus diperhatikan adalah iklim dimana rumah tersebut berada. Pastikan jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon yang mampu beradaptasi dengan iklim agar dapat tumbuh dengan optimal.

3. Dapatkan Manfaat Ganda Dengan Menanam Pohon Buah

Sudah menjadi sesuatu yang populer bahwa negara Indonesia yang beriklim tropis adalah surga bagi beragam jenis pohon buah. Salah satu yang populer sejak lama adalah pohon mangga. Pohon yang mudah dari segi perawatan, sesuai dengan iklim serta memberikan manfaat dimana saat cukup umur dan berbuah, maka buah yang dihasilkan bisa dikonsumi untuk keperluan pribadi ataupun dijual untuk mendapatkan income tambahan dari pekarangan sendiri.

Menanam pohon peneduh adalah salah satu hal yang bijak ditengah isu lingkungan yang terus meninggi. Cobalah dan rasakan manfaatnya. Semoga artikel kali in bermanfaat sebagai inspirasi untuk mulai menghijaukan lingkungan sekitar rumah dengan melakukan penanaman pohon peneduh sejak hari ini. Salam!

Tags :

Bagikan Artikel