BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Fakta Rumah Menghadap Timur Menurut Feng Shui
0
0

6 Fakta Rumah Menghadap Timur Menurut Feng Shui

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah yang menghadap ke timur.top-right-banner

Rumah menghadap timur telah menjadi salah satu pertimbangan utama dalam praktik Feng Shui selama berabad-abad. Konsep ini memiliki akar dalam kepercayaan kuno Tiongkok yang mengaitkan arah matahari terbit dengan energi positif dan pertumbuhan yang subur.

Perlu diketahui bahwa ada berbagai fakta menarik tentang bagaimana orientasi rumah hadap timur dapat memengaruhi kehidupan dan kesejahteraan, berdasarkan prinsip-prinsip Feng Shui yang telah teruji dan terbukti. Dengan memahami hubungan antara rumah dan orientasi geografisnya, seseorang dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan aliran energi positif di dalam rumah.

Namun sebelum pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui juga bahwa  PinValue merupakan fitur yang memungkinkan seorang pencari properti dari Pinhome yang bisa mengetahui Harga Estimasi sebuah rumah, tanpa mereka harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung.

Kemudian juga, seperti Ananta Homes Tenjo menjadi rekomendasi jika Kamu menginginkan hunian terbaik yang bisa menanam bambu air. Selain itu, rumah bekas di Jakarta Selatan hingga rumah dijual di Depok bisa menjadi alternatif lainnya.

Baca juga: 7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah

Mitos Rumah Menghadap Timur Menurut Feng Shui

Ilustrasi rumah menghadap timur.
Source : Freepik

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, penting untuk diingat bahwa ini adalah mitos, dan tidak ada dasar ilmiah yang kuat yang mendukungnya. Namun, masih banyak orang yang mempercayainya dan mempertimbangkan aspek ini dalam perencanaan rumah mereka.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang mitos rumah yang menghadap ke timur:

1. Arah Timur dalam Feng Shui

Arah Timur adalah salah satu dari delapan arah utama yang digunakan dalam Feng Shui, yang merupakan sistem tata letak tradisional yang berasal dari Tiongkok. Dalam Feng Shui, setiap arah memiliki karakteristik dan energi tersendiri, dan masing-masing arah dapat memiliki pengaruh yang berbeda terhadap pemilik rumah.

2. Simbolisme Arah Timur

Arah Timur dalam Feng Shui dikaitkan dengan elemen kayu dan juga melambangkan awal atau permulaan. Ini juga diasosiasikan dengan pertumbuhan, perubahan, dan inovasi.

Beberapa keyakinan dalam Feng Shui menyatakan bahwa hunian yang menghadap ke timur akan mendatangkan energi yang positif, khususnya bagi mereka yang sedang memulai sesuatu yang baru atau menginginkan perubahan dalam hidup mereka.

3. Pentingnya Matahari Terbit

Salah satu aspek yang penting dalam mitos ini adalah kehadiran matahari saat terbit. Rumah yang menghadap ke timur akan mendapatkan matahari pagi, yang dianggap sebagai sumber energi positif.

Hal tersebut juga dianggap sebagai simbol kebangkitan dan harapan. Namun perlu dicatat juga bahwa ada 10 Feng Shui rumah paling terkenal.

Baca juga: Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

6 Fakta Rumah Menghadap Timur

Fakta rumah menghadap timur menurut Feng Shui.
Source : Freepik

Berikut ini adalah penjelasan tentang 6 fakta rumah menghadap timur yang perlu diketahui:

1. Mendapat Paparan Sinar Matahari Pagi

Rumah yang menghadap ke timur mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari pagi. Ini berarti, ketika matahari terbit, cahayanya akan langsung memasuki rumah melalui jendela-jendela di sisi timur.

Sinarnya yang lembut ini sangat menyegarkan dan memotivasi pada pagi hari. Paparan sinar matahari pagi juga membantu dalam mengurangi kelembaban dalam rumah, sehingga menjaga interior tetap segar.

2. Terhindar dari Teriknya Matahari di Siang Hari

Salah satu keunggulan utama rumah yang menghadap timur adalah bahwa mereka cenderung terhindar dari teriknya matahari pada siang hari. Ini berarti rumah akan tetap relatif sejuk pada siang hari, membuatnya nyaman untuk tinggal.

Kamu tidak perlu khawatir tentang panas berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan di dalam rumah.

3. Tanaman di Teras Rumah Dapat Tumbuh Subur

Rumah yang menghadap timur memberikan keuntungan besar bagi penghobi tanaman. Tanaman di teras atau taman di depan rumah akan mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup, yang diperlukan untuk pertumbuhan yang subur.

Dengan demikian, berarti Kamu dapat memiliki kebun atau taman yang indah di depan rumah.

4. Cat Rumah Lebih Awet

Paparan sinar matahari pagi yang lembut cenderung kurang merusak cat rumah dibandingkan dengan sinar matahari yang sangat terik. Jadi, rumah yang menghadap timur cenderung mempertahankan penampilan eksterior yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Harga Jual Tinggi

Rumah yang menghadap timur sering kali memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang menghadap arah lain. Hal ini karena banyak orang menghargai manfaat dari paparan sinar matahari pagi, kelembutan iklim, dan potensi taman yang subur.

Jadi, jika Kamu ingin menjual rumah di masa depan, memiliki rumah yang menghadap timur dapat menjadi aset berharga.

6. Kelemahan Rumah yang Menghadap Timur

Rumah menghadap timur dalam Feng Shui.
Source : Freepik

Meskipun rumah yang menghadap timur memiliki banyak keunggulan, tentu saja memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah kurangnya paparan sinar matahari selama sore hari.

Hal tersebut dapat membuat beberapa bagian rumah menjadi lebih gelap dan lebih dingin pada sore dan malam hari. Selain itu, ketika ada cuaca yang buruk atau berkabut, sinar matahari pagi mungkin tidak mencukupi untuk menerangi rumah dengan baik.

Itulah berbagai fakta dari rumah menghadap timur menurut Feng Shui yang bisa jadi pertimbangan Kamu untuk membeli atau membangun rumah. Semua ini akan memainkan peran dalam keputusan untuk mengikuti tips memilih rumah yang baik dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download