BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIngin Punya Rumah dengan Cicilan 1 Jutaan Saja? Ini 4 Caranya!
0
0

Ingin Punya Rumah dengan Cicilan 1 Jutaan Saja? Ini 4 Caranya!

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Agu 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah cicilan 1 jutaantop-right-banner

Apa impian kamu di masa yang akan datang? Kebanyakan masyarakat seringkali menginginkan untuk memiliki rumah sendiri, dan tentunya dengan harga terjangkau. Untuk itu, artikel ini akan membahas cara mendapatkan rumah cicilan dengan harga 1 jutaan saja.

Namun, perlu Pins ketahui terlebih dahulu bahwa membeli rumah butuh tanggung jawab yang besar. Komitmen untuk melunasi cicilan setiap bulannya selama belasan tahun harus cukup kuat. Sehingga, rumah murah akan dapat jadi pilihan yang terbaik.

Baca juga: Apakah Bisa Melakukan Pembatalan KPR Setelah Akad dan Sudah Berjalan?

Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR

rumah cicilan 1 jutaan
Source : Pixabay

Sebelum membahas cara membeli rumah dengan cicilan 1 jutaan saja, mungkin akan lebih baik apabila Pins mengenal serba-serbi mengenai KPR. Apa saja keuntungan dari mengajukan kredit pemilikan rumah itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Kepastian Memiliki Rumah dengan Modal Kecil

rumah cicilan 1 jutaan
Source : Pixabay

Dengan Kredit Pemilikan Rumah, Pins dapat memiliki hunian tanpa modal besar. Bagaimana tidak, sebab dengan mengambil produk KPR, pihak bank dapat memberikan kamu pendanaan sebesar 70 hingga 80 persen dari harga rumah! 

Dengan begitu, kamu hanya perlu menyiapkan down payment (DP) beserta uang pelunasan yang harus kamu bayarkan kepada penjual/developer.

Banyak Promosi Bunga Rendah

Source : Pixabay

Bank biasanya akan memberikan banyak promosi berbentuk bunga rendah dengan skema fixed. Seperti yang kamu ketahui, bunga fixed merupakan sistem bunga yang tidak akan berubah dalam jangka waktu tertentu.

Kamu bisa saja memilih bank yang menawarkan bunga fixed hingga 5 tahun kedepan, sehingga cicilan per bulan akan lebih ringan. Apalagi, kamu juga dapat mengambil tenor atau waktu cicilan yang lebih singkat, seperti 10 tahun.

Terdapat Asuransi dari Bank

rumah cicilan 1 jutaan
Source : Freepik

Keuntungan membeli rumah dengan sistem KPR adalah kamu bisa mendapatkan asuransi dari bank. Pihak bank biasanya akan memberikan asuransi jiwa dan juga asuransi jaminan. Asuransi jaminan tersebut akan melindungi properti dari kemungkinan kerusakan.

Cukup banyak bukan, keuntungan membeli rumah dengan KPR?

Cara Membeli Rumah dengan Cicilan 1 Jutaan

rumah cicilan 1 jutaan
Source : Freepik

Nah, pada subbab ini Pins akan mengetahui sejumlah cara untuk mendapatkan rumah dengan cicilan 1 jutaan. Penasaran? Yuk, segera ketahui rinciannya berikut ini!

Membeli Rumah Subsidi

Source : Freepik

Ya, rumah subsidi bisa jadi opsi yang bagus. Sebab rumah subsidi tersedia dengan harga sekitar 150 hingga 180 jutaan saja. Itu berarti, cicilan tiap bulannya hanya berkisar 1 jutaan saja, yang pastinya cukup terjangkau bagi Pins.

Untuk memahaminya lebih dalam, mari memperkirakan down payment dan juga tenornya. Misalnya, apabila kamu membeli rumah subsidi dengan uang muka Rp10 juta dan mengambil tenor selama 15 tahun, maka cicilannya hanya berkisar Rp 850 ribu – Rp 1 juta.

Namun, ternyata banyak dari masyarakat yang meragukan rumah subsidi. Begitu banyak pertanyaan yang menyebut bahwa rumah subsidi memiliki kualitas bangunan yang rendah. Kemudian ada pula yang kurang menyukai lokasinya, sebab berada jauh dari pusat kota.

Sebenarnya apa yang masyarakat ragukan ini tidak sepenuhnya salah. Namun desain rumah subsidi tidak terlalu jomplang dengan rumah konvensional, sehingga Pins tidak perlu terlalu khawatir berlebihan.

Sedangkan dalam hal lokasi, perumahan subsidi memang agak jauh dari pusat kota. Namun kelebihannya adalah rumah subsidi akan jauh lebih tenang. Tapi apabila kamu lebih memilih rumah yang tidak terlalu jauh, kamu mungkin akan tertarik untuk memilih rumah di Jawa.

Baca juga: Tata Cara Proses Jual Beli Rumah Cash Tanpa Notaris

Menyiapkan DP yang Besar

Source : Freepik

Meskipun kamu mungkin menginginkan rumah dengan cicilan rendah, namun dengan membayar DP tinggi akan sangat membantu. Memang terkesan berat di awal, namun kamu akan merasakan kenyamanannya dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, Pins dapat mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan harga Rp300 juta, dan membayar uang muka sebesar Rp100 juta. Dengan begitu, pihak bank hanya akan harus membayar Rp200 juta sisanya saja, dan cicilanmu akan jauh lebih ringan.

Mari mengasumsikan bahwa apabila bunga KPR yang kamu ambil merupakan flat 7%, dengan tenor kredit selama 15 sampai 20 tahun.

Apabila Pins meminjam ke bank sejumlah Rp200 juta dengan suku bunga 7% dan tenor 20 tahun, kamu hanya akan perlu membayar cicilan Rp1,5 jutaan saja per bulannya.

Atau kamu dapat membayar cicilan sebesar Rp1,8 juta per bulan apabila masa tenor lebih pendek (15 tahun). Yang mana, harga tersebut masih dapat Pins katakan terjangkau.

Jadi, pastikan Pins memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka terlebih dahulu, ya!

Memilih KPR yang Panjang

rumah cicilan 1 jutaan
Source : Freepik

Cara ketiga untuk mendapatkan rumah dengan cicilan 1 jutaan saja adalah dengan memilih kredit dengan masa tenor yang panjang. Sebab masa cicilan dapat berpengaruh signifikan terhadap pada jumlah cicilan per bulannya.

Semakin panjang masa KPR, maka semakin rendahlah uang cicilan yang harus dibayarkan per bulannya.

Kamu dapat memperkirakan dengan contoh kasus berikut. Apabila kamu meminjam uang ke bank sejumlah Rp200 juta dengan suku bunga 7%, maka cicilan per bulannya hanya berkisar Rp1,5 jutaan saja untuk tenor 20 tahun.

Sedangkan apabila kamu memutuskan untuk mengambil tenor 15 tahun, maka yang harus kamu bayarkan sedikit lebih tinggi, yaitu Rp1,8 juta per bulan.

Namun, pilihan tetap ada di tangan Pins. Apabila Pins memang menghendaki untuk membayar ringan namun dengan jangka waktu yang panjang, maka Pins dapat memilih opsi ini.

Apabila Pins ingin cicilan cepat selesai, maka Pins dapat memilih KPR dengan tenor yang lebih pendek. Diskusikan perencanaan ini bersama keluarga sehingga keputusan yang Pins ambil dapat lebih sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Memilih KPR dengan Bunga yang Rendah

Source : Freepik

Opsi terakhir yang dapat Pins lakukan adalah dengan memilih KPR bunga rendah. Suku bunga yang sering bank tawarkan cukup beragam nominalnya, bahkan ada bank yang menawarkan bunga di bawah 10%.

Sejumlah bank yang bersedia menawarkan suku bunga KPR rendah seperti itu adalah BTN, BNI, dan CIMB Niaga.

Seperti yang Pins ketahui, BTN memiliki produk KPR BTN Sejahtera FLPP dengan suku bunga 5% setahun. BNI memiliki produk BNI Griya dengan suku bunga 6,75% di dua tahun pertama dan 7,7% setahun berikutnya.

Jadi, kamu mungkin akan tertarik untuk menggunakan produk-produk bank terkait untuk mendapatkan kredit pemilikan rumah.

Apakah Pins sekarang tertarik untuk mendapatkan rumah dengan cicilan hanya 1 jutaan saja?

Baca juga: Begini Cara Mengurus Tanah Warisan yang Belum Bersertifikat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami M-Trix at Menara Tendean dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download