BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Ruang Tamu Kecil Tanpa Kursi yang Ideal
0
0

10 Ide Desain Ruang Tamu Kecil Tanpa Kursi yang Ideal

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selama ini interior dari ruang tamu selalu identik dengan penggunaan sofa ataupun kursi, kali Kamu bisa melakukan pembaruan terhadap hal tersebut. Jika Kamu mempunyai ruang tamu yang berukuran kecil sehingga tidak memungkinkan untuk meletakkan sofa ataupun kursi pada area tersebut, maka Kamu bisa menyingkirkannya saja. Pada artikel kali ini, Pinhome telah merangkum beberapa desain ruang tamu kecil tanpa kursi yang ideal.

Tidak terdapat aturan khusus ketika Kamu mendesain ruang tamu harus selalu memakai kursi ataupun sofa. Kamu bisa mendesain ruang tamu tanpa harus menggunakan kedua perabotan tersebut. Ide satu ini dikenal dengan konsep lesehan. Selain akan sangat efektif pada ruangan yang berukuran kecil, ruang tamu tanpa kursi ataupun sofa juga akan terlihat cocok-cocok saja pada ruang tamu berukuran besar. Konsep lesehan ala Jepang memang selalu terlihat menarik serta unik.

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari desain ruang tamu kecil tanpa kursi, salah satunya bisa memberikan nuansa yang nyaman dan hangat. Ruangan juga akan terkesan lebih lebar, lapang, luas, dan indah pada saat dipandang.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Ide Desain Ruang Tamu Kecil Tanpa Kursi yang Ideal

Ruang tamu kecil dengan kesan yang hangat berkonsep lesehan adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengakali area yang kecil. Bagi pemilik rumah yang tidak terlampau luas, menggunakan desain ruang tamu kecil tanpa kursi dapat menjadi opsi yang paling realistis. Sesuai dengan namanya, ruang tamu merupakan ruangan yang difungsikan untuk menyambut tamu dan akan bersifat umum jika dibandingkan dengan area rumah lain yang lebih privat.

Kamu tidak perlu khawatir jika ruang tamu yang Kamu punyai terbilang kecil. Salah satu upaya yang dapat Kamu lakukan yaitu meniadakan kursi. Berikut ini beberapa ide desain ruang tamu kecil tanpa kursi yang ideal.

1. Konsep Minimalis

Source : Room Clip

Jika hunian Kamu menggunakan konsep minimalis, sangat disarankan agar konsep yang serupa juga menonjol pada area ruang tamu Kamu. Karena, ruang tamu dapat menjadi representasi dari gaya hunian secara keseluruhan. Contoh diatas dapat Kamu jadikan sebagai referensi, dengan memadukan bantal lucu dan karpet bermotif yang elegan. Selain bagus secara tampilan, ruang tamu tersebut juga akan terasa lebih lega.

2. Desain ala Baithak Style

Source : Houzz

Baithak Style adalah salah satu desain interior ala India yang biasanya diaplikasikan pada ruang keluarga dan ruang tamu. Dekorasi interior yang satu ini sekilas mirip dengan gaya bohemian yang kaya akan warna-warna terang dan mencolok. Salah satu ciri khas dari gaya yang satu ini yaitu dengan menggunakan aksesori interior dengan warna-warna yang mencolok.

Sebenarnya baithak memakai tempat duduk menyerupai sofa yang difungsikan sebagai tempat duduk. Hanya saja, ukurannya lebih rendah jika dibandingkan dengan sofa yang sering Kamu temuai. Selain rendah, baithak sebenarnya lebih mirip dengan sebuah kasur mini dengan penggunaan kain yang akan dilengkapi dengan bantal-bantal dengan sarung dengan warna-warna yang mencolok.

3. Desain Ala Jepang

Source : Room Clip

Kesederhanaan adalah salah satu karakteristik utama dari gaya desain interior ala Jepang. Gaya desain Jepang hadir dengan penggunaan furnitur yang berbentuk sederhana, warna netral dan unsur-unsur alam. Kamu bisa mencoba menggunakan gaya desain Jepang untuk ruang tamu tanpa kursi dengan penggunaan futon. Futon merupakan semacam perangkat tidur tradisional Jepang yang juga dikenal di Korea.

Kamu dapat menggunakan futon sebagai pengganti matras, kemudian selaraskan warnanya dengan lantai ataupun pilihan warna yang diaplikasikan pada dinding di ruang tamu.

4. Desain Ruang Tamu Sederhana

Source : Room Clip

Salah satu kunci yang pentin jika Kamu ingin menggunakan ruang tamu yang sederhana ada pada pemilihan warna, dekorasi, dan memerhatikan lantainya. Kamu harus mengusahakan agar warna utama ruangan, lantai, dan dekorasi agar tidak saling bertabrakan. Nantinya, walaupun terkesan seperti biasa saja, terdapat aura kenyamanan dan ketenangan yang akan dirasakan oleh para tamu yang datang.

5. Desain Ala Instagrammer

Source : Monhnny

Memiliki ruang tamu kecil bukan berarti dapat menghilangkan kreativitas Kamu. Kamu dapat memberikan sentuhan modern ala instagrammer lewat dekorasi pada beberapa spot di ruang tamu Kamu. Contohnya seperti penempatan televisi, meja, AC, dan bean bag yang tidak memakan tempat. Sebagai informasi saja, walaupun mempunyai fungsi yang sama dengan kursi, tampilan bean bag terkesan lebih dinamis dan santai sehingga ruang tamu akan terlihat lebih estetik.

6. Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi dengan Karpet

Source : Folk Media

Desain ruang tamu tanpa kursi berikutnya yaitu Kamu dapat menggunakan karpet. Tidak berguna sebagai pelindung saja, akan tetapi karpet juga bisa diletakkan di ruang tamu dengan konsep lesehan yang nyaman. Kamu dapat menggunakan karpet yang mempunyai permukaan yang lembut dan mempunyai bahan yang adem.

Kamu juga dapat mengkreasikan warna karpet dengan warna-warna netral ataupun yang menarik perhatian agar memberikan suasana yang ceria dan hangat. Jangan lupa untuk menambahkan bantal-bantal berukuran kecil dan besar yang akan semakin membuat ruang tamu kamu terasa super nyaman dan homey.

7. Ruang Tamu Warna Kuning

Source : Good House Keeping

Warna kuning biasanya identik dengan lambang keceriaan dan kebahagiaan. Oleh sebab itu, penggunaan warna kuning untuk ruang tamu bukanlah suatu hal yang norak. Akan tetapi, agar terlihat lebih menarik, Kamu dapat memberikan beberapa dekorasi pendukung.

8. Ruang Tamu Ala Kontrakan

Source : Gamp Ambelo

Ruang tamu kecil tanpa kursi biasanya diaplikasikan oleh mereka yang mengontrak rumah. Selain tidak memerlukan area yang besar, ruang tamu tetap pada fungsinya sebagai tempat menyambut para tamu. Jika Kamu termasuk orang yang mengontrak dan ingin ruang tamu tetap enak dilihat, desain di atas bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk hunian Kamu.

9. Ruang Tamu Lesehan Gaya Feminim

Source : Folk Media

Desain berikutnya sangat pas diaplikasikan pada ruangan Kamu yang suka nuansa pink. Nuansa feminim begitu kental dan terlihat dari desain ruang tamu lesehan yang satu ini. Kamu dapat menambahkan beberapa peralatan pelengkap untuk menambahkan suasana feminim yang ada.

10. Ruang Tamu Dengan Bean Bag

Source : Folk Media

Desain ruang tamu tanpa kursi yang terakhir yaitu yang menggunakan bean bag. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bean bag adalah tempat duduk yang bentuknya mirip dengan karung besar yang empuk karena diisi butiran syrofoam/polistiren. Bean bag tidak mempunyai rangka, sehingga sangat nyaman pada saat diduduki. Kamu bisa memilih bentuk dan warna bean bag sesuai dengan selera dan terutama kondisi ruang tamu Kamu.

Itu dia beberapa ide desain ruang tamu tanpa kursi yang ideal. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download