BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tahap yang Harus Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah
0
0

5 Tahap yang Harus Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi rumahtop-right-banner

Renovasi rumah menjadi salah satu hal yang umum dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Faktor yang menyebabkan renovasi rumah bisa bermacam-macam Pins. Ada yang melakukan renovasi karena kebutuhan untuk memperbarui kualitas bangunan. Ada juga yang ingin mengubah gaya interior rumah itu sendiri.

Pinhome – Namun, apakah kamu tahu bahwa melakukan renovasi rumah itu memerlukan tahapan penting yang perlu dilalui? Well, memang tidak semua renovasi memerlukan tahapan ini namun untuk beberapa renovasi yang lebih major atau besar, maka ada syarat yang harus dilakukan. Sebelum kita memahami apa saja tahapan melakukan renovasi rumah, mari kita pahami adab merenovasi hunian yuk Pins.

Baca Juga: 

Adab melakukan renovasi rumah

Source : Bisnika

Pins, apabila kamu tinggal di dalam sebuah lingkungan perumahan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum merenovasi hunian. Hal ini berkaitan dengan menghargai kenyamanan tetangga dan juga area tempat kamu tinggal. Berikut ini ada beberapa adab merenovasi hunian.

Izin kepada Ketua RT

Untuk langkah pertama, pastikan kamu mengajukan dan meminta izin kepada ketua RT. Hal ini agar kamu mengantongi permission dari pemimpin di area tempat tinggal kamu. Tujuannya agar ada pihak yang bisa memberikan konfirmasi terkait menyatakan sesuatu jika ada tetangga yang komplen. 

Izin kepada tetangga di kiri, kanan, depan dan belakang rumah

Source : IDN Times

Selain itu, kamu pun harus meminta izin kepada tetangga terdekat dari rumah kamu. Tetangga tersebut adalah orang-orang yang tinggal di sebelah kiri, kanan, depan dan belakang rumah kamu Pins. Tujuannya agar mereka bisa memberikan toleransi atas renovasi yang kamu lakukan. Seperti yang kita ketahui proses merenovasi rumah akan menimbulkan banyak suara gaduh. Agar tetangga kamu tidak melaporkanmu karena alasan kenyamanan, maka izinlah sebelum merenovasi.

Renovasi di siang hari dan di hari kerja

Pins, umumnya di hari kerja para tetangga sedang berada di luar rumah karena bekerja atau beraktivitas. Nah, melakukan renovasi bisa kamu lakukan di hari kerja dan di siang hari. Di hari Sabtu dan Minggu kamu bisa meliburkan tenaga kerja dan pemborong yang membantu merenovasi rumahmu.

Himbau tenaga kerja untuk tidak membuat gaduh

Mungkin hal ini jarang terjadi, namun kamu bisa menghimbau para tenaga kerja bangunan untuk tidak membuat gaduh saat istirahat. Himbau mereka untuk santai di pelataran atau teras. Sediakan minuman seperti kopi lalu rokok atau makanan ringan pula.

Bersihkan sampah atau bekas renovasi setiap hari

Source : Correcto

Selain itu pastikan semua puing-puing dan sampah dari proses renovasi tidak berserakan ya Pins. Lakukan proses pembersihan setiap hari dan pastikan semua limbah tadi tidak mengganggu tetangga atau menutupi jalan umum. Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan tetangga kamu.

Tutup area yang berpotensi menyebarkan debu renovasi

Jika ada bagian rumah yang direnovasi dan menghasilkan debu, seperti proses menggergaji kayu atau membersihkan area atap pastikan tidak menggangu tetangga. Kamu bisa menutup area yang memproduksi serbuk gergaji dengan barrier atau penutup seperti plastik atau terpal. 

Tahapan renovasi rumah

Setelah kamu memahami adab dalam melakukan renovasi rumah, selanjutnya kamu perlu untuk melakukan tahap merenovasi hunian. Berikut ini ada 5 tahapan dalam merenovasi rumah yang harus kamu pahami Pins.

Source : Pinhome

Tentukan budget renovasi

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam merenovasi adalah menentukan budget. Kamu harus melakukan penghitungan terhadap semua material dan tenaga kerja yang akan kamu rekrut. Tujuannya agar kamu bisa melakukan proyeksi terhadap pengeluaran yang kamu perlukan Pins. Langkah ini akan melindungi kamu dari pengeluaran tidak terkontrol yang membuat boros.

Pertama-tama tulislah semua jenis pengeluaran. Selanjutnya tuliskan harga setiap item di sebelah material. Jika harga item masih dalam satuan, kalikan harga material dengan jumlah item yang akan kamu pesan.

Baca Juga: Cara Menghitung RAB Renovasi Rumah

Tentukan spesifikasi dan desain ruangan

Selanjutnya kamu harus mencari referensi dan inspirasi ruangan. Kamu bisa mengakses referensi melalui Google, YouTuber yang fokus pada renovasi dan home decor. Atau kamu bisa melihat gambar di Instagram atau Pinterest. Simpan semua gambar desain ruangan yang sudah kamu pilih. Tujuannya agar kamu lebih mempunyai rekomendasi ruangan yang terkonsep dengan baik. Jika kamu ingin membuat sketsa ruangan sendiri pun tidak apa-apa apabila kamu bisa menggambar desain ruangan Pins.

Pilih kontraktor yang tepat

Source : Property145

Salah satu proses yang akan menentukan proses renovasi rumah kamu adalah kontraktor atau jasa pemborong yang tepat Pins. Kamu bisa meminta rekomendasi dari tetangga, teman atau keluarga kamu agar lebih terpercaya. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan saran dari orang yang kamu percaya saat mengerjakan renovasi rumah bersama penyedia jasa pemborong atau kontraktor.

Urus IMB Renovasi

Selanjutnya kamu harus mengurus IMB Renovasi. Pada dasarnya tidak semua jenis renovasi memerlukan ini. Namun, apabila renovasi sampai mengubah konstruksi awal bangunan seperti penambahan bangunan ke samping, ke atas, ke belakang atau ke depan maka kamu perlu mengurus IMB.

Belanja material kebutuhan renovasi

Selanjutnya setelah semua hal di atas sudah kamu lakukan, barulah kamu membeli material bangunan yang dibutuhkan ya Pins. Tahap ini dilakukan di bagian akhir supaya kamu bisa lebih siap belanjar alat dan bahan bangunan.

Nah itu saja informasi mengenai 5 tahap yang harus dilakukan sebelum renovasi rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download