5 Tahap yang Harus Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 24 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Renovasi rumah menjadi salah satu hal yang umum dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Faktor yang menyebabkan renovasi rumah bisa bermacam-macam Pins. Ada yang melakukan renovasi karena kebutuhan untuk memperbarui kualitas bangunan. Ada juga yang ingin mengubah gaya interior rumah itu sendiri.

Pinhome – Namun, apakah kamu tahu bahwa melakukan renovasi rumah itu memerlukan tahapan penting yang perlu dilalui? Well, memang tidak semua renovasi memerlukan tahapan ini namun untuk beberapa renovasi yang lebih major atau besar, maka ada syarat yang harus dilakukan. Sebelum kita memahami apa saja tahapan melakukan renovasi rumah, mari kita pahami adab merenovasi hunian yuk Pins.

Baca Juga: 

Adab melakukan renovasi rumah

(Bisnika)

Pins, apabila kamu tinggal di dalam sebuah lingkungan perumahan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum merenovasi hunian. Hal ini berkaitan dengan menghargai kenyamanan tetangga dan juga area tempat kamu tinggal. Berikut ini ada beberapa adab merenovasi hunian.

Izin kepada Ketua RT

Untuk langkah pertama, pastikan kamu mengajukan dan meminta izin kepada ketua RT. Hal ini agar kamu mengantongi permission dari pemimpin di area tempat tinggal kamu. Tujuannya agar ada pihak yang bisa memberikan konfirmasi terkait menyatakan sesuatu jika ada tetangga yang komplen. 

Izin kepada tetangga di kiri, kanan, depan dan belakang rumah

(IDN Times)

Selain itu, kamu pun harus meminta izin kepada tetangga terdekat dari rumah kamu. Tetangga tersebut adalah orang-orang yang tinggal di sebelah kiri, kanan, depan dan belakang rumah kamu Pins. Tujuannya agar mereka bisa memberikan toleransi atas renovasi yang kamu lakukan. Seperti yang kita ketahui proses merenovasi rumah akan menimbulkan banyak suara gaduh. Agar tetangga kamu tidak melaporkanmu karena alasan kenyamanan, maka izinlah sebelum merenovasi.

Renovasi di siang hari dan di hari kerja

Pins, umumnya di hari kerja para tetangga sedang berada di luar rumah karena bekerja atau beraktivitas. Nah, melakukan renovasi bisa kamu lakukan di hari kerja dan di siang hari. Di hari Sabtu dan Minggu kamu bisa meliburkan tenaga kerja dan pemborong yang membantu merenovasi rumahmu.

Himbau tenaga kerja untuk tidak membuat gaduh

Mungkin hal ini jarang terjadi, namun kamu bisa menghimbau para tenaga kerja bangunan untuk tidak membuat gaduh saat istirahat. Himbau mereka untuk santai di pelataran atau teras. Sediakan minuman seperti kopi lalu rokok atau makanan ringan pula.

Bersihkan sampah atau bekas renovasi setiap hari

(Correcto)

Selain itu pastikan semua puing-puing dan sampah dari proses renovasi tidak berserakan ya Pins. Lakukan proses pembersihan setiap hari dan pastikan semua limbah tadi tidak mengganggu tetangga atau menutupi jalan umum. Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan tetangga kamu.

Tutup area yang berpotensi menyebarkan debu renovasi

Jika ada bagian rumah yang direnovasi dan menghasilkan debu, seperti proses menggergaji kayu atau membersihkan area atap pastikan tidak menggangu tetangga. Kamu bisa menutup area yang memproduksi serbuk gergaji dengan barrier atau penutup seperti plastik atau terpal. 

Tahapan renovasi rumah

Setelah kamu memahami adab dalam melakukan renovasi rumah, selanjutnya kamu perlu untuk melakukan tahap merenovasi hunian. Berikut ini ada 5 tahapan dalam merenovasi rumah yang harus kamu pahami Pins.

(Pinhome)

Tentukan budget renovasi

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam merenovasi adalah menentukan budget. Kamu harus melakukan penghitungan terhadap semua material dan tenaga kerja yang akan kamu rekrut. Tujuannya agar kamu bisa melakukan proyeksi terhadap pengeluaran yang kamu perlukan Pins. Langkah ini akan melindungi kamu dari pengeluaran tidak terkontrol yang membuat boros.

Pertama-tama tulislah semua jenis pengeluaran. Selanjutnya tuliskan harga setiap item di sebelah material. Jika harga item masih dalam satuan, kalikan harga material dengan jumlah item yang akan kamu pesan.

Baca Juga: Cara Menghitung RAB Renovasi Rumah

Tentukan spesifikasi dan desain ruangan

Selanjutnya kamu harus mencari referensi dan inspirasi ruangan. Kamu bisa mengakses referensi melalui Google, YouTuber yang fokus pada renovasi dan home decor. Atau kamu bisa melihat gambar di Instagram atau Pinterest. Simpan semua gambar desain ruangan yang sudah kamu pilih. Tujuannya agar kamu lebih mempunyai rekomendasi ruangan yang terkonsep dengan baik. Jika kamu ingin membuat sketsa ruangan sendiri pun tidak apa-apa apabila kamu bisa menggambar desain ruangan Pins.

Pilih kontraktor yang tepat

(Property145)

Salah satu proses yang akan menentukan proses renovasi rumah kamu adalah kontraktor atau jasa pemborong yang tepat Pins. Kamu bisa meminta rekomendasi dari tetangga, teman atau keluarga kamu agar lebih terpercaya. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan saran dari orang yang kamu percaya saat mengerjakan renovasi rumah bersama penyedia jasa pemborong atau kontraktor.

Urus IMB Renovasi

Selanjutnya kamu harus mengurus IMB Renovasi. Pada dasarnya tidak semua jenis renovasi memerlukan ini. Namun, apabila renovasi sampai mengubah konstruksi awal bangunan seperti penambahan bangunan ke samping, ke atas, ke belakang atau ke depan maka kamu perlu mengurus IMB.

Belanja material kebutuhan renovasi

Selanjutnya setelah semua hal di atas sudah kamu lakukan, barulah kamu membeli material bangunan yang dibutuhkan ya Pins. Tahap ini dilakukan di bagian akhir supaya kamu bisa lebih siap belanjar alat dan bahan bangunan.

Nah itu saja informasi mengenai 5 tahap yang harus dilakukan sebelum renovasi rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia