BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah
0
0

5 Cara Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 20, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins sedang berencana untuk merenovasi rumah? Salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan adalah berapa estimasi biaya renovasi rumah hingga selesai. Anggaran biaya untuk merenovasi rumah tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan Pins! Membuat estimasi biaya yang tepat tentu dapat membantu untuk menekan anggaran renovasi.

Kamu bisa pula menggunakan fitur Simulasi KPR guna memahami estimasi biaya KPR rumah. Kamu juga dapat memperoleh rekomendasi rumah bekas di Kab Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama. Jika hunian dekat dengan sekolah seperti Universitas Pasundan maka nilai properti bisa jauh lebih tinggi daripada lokasi lainnya.

Cara Membuat Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Menghitung estimasi biaya renovasi rumah bisa dilakukan dengan beberapa langkah, seperti membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), hingga pembuatan denah sementara. Yuk, simak cara untuk membuat kisaran biaya renovasi rumah dan tipsnya berikut ini!

1. Membuat Data Existing Rumah

Source : Pexels

Membuat data existing rumah atau kondisi rumah sebelum direnovasi merupakan salah satu hal yang penting Pins! Secara keseluruhan existing data adalah membuat sketsa gambar rumah lama, kondisi bangunan serta bagian-bagian bangunan yang mengalami kerusakan dan akan diperbaiki.

Dari data tersebut maka kita bisa memperkirakan bagian mana yang akan dibongkar, diganti atau dibiarkan begitu saja. Semakin bagus dan lengkap data existing rumah maka perhitungan bisa semakin mendekati kebenaran.

Baca juga :

2. Membuat Desain Gambar Rumah Sementara

Source : Freepik

Setelah membuat data existing, Pins perlu membuat desain rumah baru baik untuk sementara ataupun permanen. Dari sini akan dapat terlihat bagian rumah mana yang akan dibongkar atau tidak dibongkar namun hanya perlu dilakukan perbaikan saja.

Desain yang telah dibuat sebelumnya dapat digunakan sebagai acuan menghitung biaya RAB dan mengurus IMB. Bahan tersebut juga bisa digunakan untuk pedoman pelaksanaan pembangunan berdasarkan anggaran yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Membuat Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB)

Source : Pxhere

Langkah selanjutnya adalah menghitung rencana anggaran biaya bangunan untuk renovasi rumah. Atas data tersebut akan terlihat daftar item pekerjaan yang akan dilaksanakan, biaya setiap item pekerjaan serta bahan atau tenaga kerja yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembangunan renovasi rumah.

Pins juga bisa menambahkan hasil perhitungan dengan perkiraan biaya tak terduga. Beberapa diantaranya seperti biaya izin tambahan di daerah setempat, perubahan harga material dan lain sebagainya.

Cara untuk menghitung RAB renovasi rumah bisa dilakukan dengan cara berikut: Harga renovasi rumah = (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + (harga satuan pekerjaan x volume pekerjaan) + dan seterusnya meliputi seluruh item pekerjaan yang dilakukan.

4. Membuat Sistem Analisa Harga Satuan Sementara

Source : Pexels

Untuk melakukan perhitungan estimasi biaya renovasi rumah, Pins bisa menggunakan sistem analisa harga satuan secara sementara. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuannya.

Seperti menjumlahkan semua harga material dari masing-masing pekerjaan yang dilakukan, kemudian akan mendapatkan angka total yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah dapat dihitung setelah membuat data existing rumah kemudian membuat desain rumah baru yang akan dibangun.

5. Perhitungkan Biaya Tukang

Source : Pexels

Biaya tukang juga perlu diperhitungkan karena memakan biaya renovasi yang cukup besar. Ada dua metode pembayaran jasa tukang yakni sistem harian atau borongan. Pembayaran harian lebih efisien jika renovasi tergolong minor namun apabila renovasi tergolong besar maka pilih sistem borongan jasa.

Kelebihan sistem borongan jasa lebih efisien dalam hal waktu. Tukang mempunyai deadline sendiri tergantung durasi dan tingkat kesulitan renovasi bangunan tersebut.

Baca juga:

Tips Hemat untuk Melakukan Renovasi Rumah

Source : Pexels

Setelah mengetahui cara untuk membuat estimasi biaya renovasi rumah, langkah selanjutnya adalah mempelajari tips untuk merenovasi rumah dengan hemat. Berikut langkah selengkapnya!

1. Menentukan Konsep dan Desain Rumah Idaman

Tips pertama yang harus Pins lakukan ketika akan merenovasi rumah adalah menentukan konsep rumah seperti apa yang akan diaplikasikan nantinya. Membuat desain dan konsep rumah dapat membantu Pins untuk membuat estimasi biaya yang dibutuhkan, termasuk menekan biaya renovasi yang dibutuhkan.

2. Menentukan Kualitas Bahan Bangunan yang Akan Digunakan

Memilih bahan bangunan seperti apa yang akan digunakan termasuk kualitasnya adalah cara terbaik untuk membuat estimasi biaya renovasi rumah yang murah. Langkah ini penting untuk diperhatikan agar hasil akhir dari renovasi rumah sesuai dengan harapan. Selain itu, kualitas bahan bangunan juga akan menetukan kekokohan rumah yang sedang direnovasi.

3. Membuat Kerangka Kerja Untuk Pekerja Bangunan

Pins tentunya tidak ingin menghabiskan biaya yang terlalu besar untuk para pekerja bangunan kan? Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah membuat kerangka kerja untuk para pekerja bangunan. Apalagi jika Pins berencana untuk menggunakan jasa borongan atau jasa konstruksi bangunan.

4. Melakukan Survey Harga Bahan Bangunan

Langkah terakhir untuk menekan budget renovasi rumah adalah dengan melakukan survey bahan bangunan yang akan digunakan. Pins bisa melakukan riset data secara online atau bisa langsung mendatangi beberapa lokasi toko bahan bangunan terdekat.

Itulah beberapa informasi sekitar estimasi biaya renovasi rumah yang bisa Pins aplikasikan untuk melakukan renovasi rumah yang murah dan berkualitas. Selain perlu melakukan riset estimasi biaya, pemilihan bahan bangunan juga akan menentukan biaya yang dibutuhkan nantinya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download